Cara Cek Keaslian BPKB Mobil Bekas, Mudah dan Praktis

By Arris Riehady - Oktober 19, 2020

Ada rencana beli mobil bekas? Yuk lebih periksa teliti lagi seluruh bagiannya, termasuk cara cek keaslian BPKB mobil bekas.

beli mobil off the road

Sebelum deal dan memboyong mobil bekas ke garasi, ada baiknya kamu periksa kembali dengan teliti mulai dari bodi, mesin, hingga dokumen seperti Buku Pemilik Kendaraan Bermotor atau BPKB.

Selain STNK, BPKB menjadi salah satu dokumen penting karena memuat data-data pada kendaraan. BPKB berisi nomor polisi, merek dan tipe kendaraan, tahun pembuatan, nomor mesin, serta nomor rangka.

Sedangkan untuk kendaraan CBU, BPKB juga berisi asal-usul kendaraan, seperti negara pembuat, cara impor, nama perusaahaan penjual atau dealer, dan nama pembeli atau pemilik.

Baca juga: KTP Hilang Apa Bisa Diganti SIM untuk Bayar Pajak Kendaraan?

BPKB juga dapat dikatakan sebagai salah satu surat berharga yang memiliki jaminan hukum. Maka dari itu, jangan sampai BPKB dari mobil yang kamu beli ternyata diragukan keasliannya atau palsu.

Sebab, jika ternyata pemilik sebelumnya memberikan BPKB palsu, maka kamu telah dirugikan. Dampaknya akan membuat kamu tidak bisa membayar pajak saat waktu jatuh tempo tiba.

Tetapi, bagaimana caranya? Begini cara cek keaslian BPKB mobil bekas.

Berita Terkait

Author

What (apa), Who (siapa), When (kapan), Where (dimana), Why (kenapa), dan How (bagaimana). Suka kecepatan dan ketinggian. I am @arristoocrazy!