Cara Cek Keaslian BPKB Mobil Bekas, Mudah dan Praktis

Ada rencana beli mobil bekas? Yuk lebih periksa teliti lagi seluruh bagiannya, termasuk cara cek keaslian BPKB mobil bekas.

beli mobil off the road

Sebelum deal dan memboyong mobil bekas ke garasi, ada baiknya kamu periksa kembali dengan teliti mulai dari bodi, mesin, hingga dokumen seperti Buku Pemilik Kendaraan Bermotor atau BPKB.

Selain STNK, BPKB menjadi salah satu dokumen penting karena memuat data-data pada kendaraan. BPKB berisi nomor polisi, merek dan tipe kendaraan, tahun pembuatan, nomor mesin, serta nomor rangka.

Sedangkan untuk kendaraan CBU, BPKB juga berisi asal-usul kendaraan, seperti negara pembuat, cara impor, nama perusaahaan penjual atau dealer, dan nama pembeli atau pemilik.

Baca juga: KTP Hilang Apa Bisa Diganti SIM untuk Bayar Pajak Kendaraan?

BPKB juga dapat dikatakan sebagai salah satu surat berharga yang memiliki jaminan hukum. Maka dari itu, jangan sampai BPKB dari mobil yang kamu beli ternyata diragukan keasliannya atau palsu.

Sebab, jika ternyata pemilik sebelumnya memberikan BPKB palsu, maka kamu telah dirugikan. Dampaknya akan membuat kamu tidak bisa membayar pajak saat waktu jatuh tempo tiba.

Tetapi, bagaimana caranya? Begini cara cek keaslian BPKB mobil bekas.

cara cek keaslian BPKB

Cara cek keaslian BPKB mobil bekas

cara cek keaslian BPKBSelain itu, teliti kembali di bagian identitas pemilik kendaraan. Pada BPKB palsu umumnya yang berubah hanya data kendaraan saja, sedangkan data pemilik kendaraan tidak berubah.

Hal itu karena oknum-oknum nakal yang memalsukan BPKB hanya menghapus bagian identitas kendaraannya saja, lalu kemudian dicetak ulang kembali.

Baca juga: Apakah Fotokopi STNK Bisa Digunakan Saat Bayar Pajak?

Dengan mengetahui cara cek keaslian BPKB, setidaknya kamu bisa menjadi lebih hati-hati ketika membeli sebuah mobil bekas.

Lain halnya bila kamu mau membeli mobil bekas berkualitas. Caranya gampang, kunjungi saja Pilihan Expert Seva.id. Semua mobil yang ditawarkan pastinya dalam kondisi prima, layaknya mobil baru.

Bukan itu saja, mobil yang tersedia dijamin bebas tabrak, bebas banjir, odometer asli, bukan mobil mutasi dari luar daerah, nomor mesin dan rangka sesuai dengan dokumen kendaraan, dan lain sebagainya.

Baca juga: Apa Tujuan Ketok-Ketok Bodi Saat Beli Mobil Bekas?

Sedangkan untuk melakukan pembayaran pajak kendaraan, kamu bisa melakukannya dengan cepat dan mudah melalui gadget kesayanganmu, yakni dengan gunakan layanan eDokumen di Seva.id.

Jadi, kamu tidak perlu keluar rumah. Cukup gunakan Pilihan Expert dan layanan eDokumen dari Seva.id ya.