Bisakah Pasang Engine Start/Stop Button di Toyota Avanza?

By Arris Riehady - November 17, 2020

Fitur ini terdapat di mobil mewah dan varian tertinggi, tapi bisakah pasang engine start/stop button di Toyota Avanza?

engine start/stop button

Toyota Avanza facelift atau Toyota New Avanza yang resmi mengaspal sejak awal tahun 2019 lalu memang dijejali beragam fitur terbaru.

Namun Multi Purpose Vehicle (MPV) kebanggan masyarakat Indonesia ini belum disematkan fitur engine start/stop button dan keyless entry.

Bila menilik saudara kembar dari Toyota Avanza, yakni Toyota Veloz atau Toyota New Veloz (nama sesudah facelift) kedua fitur tersebut sudah tersedia.

Yap, seluruh varian Toyota Avanza, baik yang bermesin 1.300 cc dan bermesin 1.500 cc sebagai varian tertinggi belum disematkan fitur engine start/stop button dan keyless entry.

Semetara seluruh varian Toyota Veloz dari mesin 1.300 cc hingga 1.500 cc sudah menggunakan fitur-fitur ini.

Baca juga: Bisakah Pasang Defogger Sendiri di Kaca Belakang Mobil?

Tetapi, bisakah Toyota Avanza pasang engine start/stop button atau keyless entry? Mengingat di dashboard-nya sudah ada dudukan untuk soketnya.

Cara kerja engine start/stop button dan keyless entry

Berbeda dengan remote alarm mobil pada umumnya dengan anak kunci yang terpisah, remote untuk mobil yang dilengkapi fitur engine start/stop button dan keyless entry memiliki sinyal yang terkoneksi dengan ECU.

Remote keyless entry memiliki chip pemancar radio yang mengirimkan sinyal ke reciever di dalam mobil. Sinyal tersebut nantinya dicocokan dengan kode yang sudah tertanam di chip remote dan ECU.

Jadi, mobil dengan keyless entry memiliki kodenya masing-masing sehingga sinyal tidak saling bertabrakan dengan mobil lainnya dengan fitur yang sama.

Baca juga: Rekomendasi Ukuran Velg Sedan yang Bikin Tampilannya Kece

Adanya keyless entry membuat pengemudi cukup mengantongi remote, menekan tombol yang ada pada handle pintu atau menariknya, maka sudah bisa masuk ke dalam mobil.

Sedangkan untuk mengunci, dapat dilakukan dengan menekan tombol di handle pintu, menekan tombol kunci di remote, atau cukup menjauh dari mobil dengan jarak sekitar dua meter maka pintu akan terkunci secara otomatis.

Berita Terkait

Author

What (apa), Who (siapa), When (kapan), Where (dimana), Why (kenapa), dan How (bagaimana). Suka kecepatan dan ketinggian. I am @arristoocrazy!