Search Cars

Editor's Pick

Berita di Bulan September 2019 yang Banyak Dicari Netizen

Ada banyak berita di bulan September 2019 yang dicari oleh netizen. Jika Anda ketinggalan, yuk, simak rangkuman Seva.id di bawah ini.

Selama bulan September 2019, banyak informasi menarik yang menghiasi laman media massa dan sosial di Indonesia. Dominasi berita ini dibanjiri oleh informasi mengenai politik dan aksi mahasiswa.

 

Hampir sepanjang September 2019, demo massa menjadi headline di media dan ramai diperbincangkan. Gerakan ini tak hanya terjadi di Jakarta, sebagian wilayah di Pulau Jawa, bahkan Papua ikut turun ke jalan menuntut keadilan.

 

Namun, tak hanya berita itu saja yang diperbincangkan, ada sejumlah berita menarik, seperti rencana penyelenggaraan ajang Formula E dan Smart SIM yang mulai diluncurkan menjadi informasi menarik berikutnya yang sayang untuk Anda lewatkan.

 

Apabila Anda ketinggalan informasi tersebut, yuk, simak rangkuman Seva.id mengenai berita di bulan September di bawah ini.

Smart SIM

Berita di bulan September diawali dengan Smart SIM.

 

Surat Izin Mengemudi atau SIM merupakan salah satu dokumen kelengkapan yang wajib dibawa selama berkendara. Penggemudi kendaraan membawa surat izin tersebut sebagai bentuk kelayakan dan bukti bahwa dirinya sudah diperbolehkan untuk mengemudi.

 

Seiring kegunaannya, Polda sebagai penyelenggara SIM merasa dokumen formal ini perlu untuk diperbarui. Oleh karenanya, pada tanggal 22 September 2019, Polda Metro Jaya resmi mengeluarkan Smart SIM sebagai pengganti SIM konvensional.

 

Baca juga: Ternyata Cara Mendapatkan SIM di Luar Negeri Lebih Susah

 

Jika dilihat dari bentuk, Smart SIM cenderung fresh dan sangat fungsional. Smart SIM lebih ringkas dengan memuat informasi yang jauh berbeda dari sebelumnya. Selain itu, Smart SIM juga lebih multifungsional. Dapat digunakan sebagai alat pembayaran digital dan berlaku sebagai rekam jejak tilang.

Kompensasi PLN dapat dicairkan

Janji ganti rugi yang dilayangkan PLN ketika blackout massal pada 4 Agustus lalu mendapatkan titik terang. PLN resmi mengumumkan bahwa masyarakat yang mengalami pemadaman listrik di wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat, dan sebagian Jawa Timur dapat mengajukan klaim melalui laman PLN online untuk mendapatkan kompensasi.

 

Baca juga: Sekilas Terkait Pemadaman Listrik Massal di Pulau Jawa

 

Dana yang dianggarkan untuk memberikan ganti rugi kepada pelanggan tersebut sebesar Rp 865 miliar. Kompensasi yang diberikan berupa keringan tagihan listrik bulan Agustus yang diihitung sesuai pemakaian dan pengurangan energi akibat pemandaman.

Air Terjun Benang Kelambu

Nomor cantik

9 September 2019 (9/9/2019) ditandai sebagai tanggal cantik yang mempertemukan tiga angka kembar sekaligus. Biasanya, tak sedikit masyarakat ibu kota maupun brand yang memanfaatkan momen tanggal cantik itu untuk membuat momentum spesial. Selain langkah, merayakan sesuatu yang besar di tanggal cantik pun cenderung mudah diingat.

 

Makanya, berbagai kegiatan disiapkan, mulai dari merayakan pernikahan, persalinan, maupun membuat campaign promosi kepada pelanggan. Namun, ternyata ada juga kegiatan lain yang bisa Anda lakukan, yakni travelling bersama keluarga.

Mobil Esemka meluncur

Mobil Esemka sempat booming di kalangan pecinta otomotif sekitar pertengahan tahun 2018 lalu. Awalnya, Esemka dikenal sebagai mobil murni buatan anak bangsa yang dibuat oleh PT Solo Manufaktur Kreasi di Boyolali, Jawa Tengah.

 

Seiring dengan diproduksinya kendaraan tersebut, tepat di awal September lalu, mobil Esemka — yang diberi nama Bima — resmi di produksi dan siap di pasarkan. Namun, hadirnya Esemka dalam dunia perotomotifan nasional banyak menuai kontroversi. Hal ini lantaran adanya kekhawatiran pesaingan dagang hingga munculnya isu seputar rakitan Esemka yang diduga sama dengan buatan mobil Cina.

 

Baca juga: Anak Bangsa yang Pernah Menorehkan Prestasi di Kancah Internasional

 

Terlepas dari kemunculan Esemka, sebetulnya ada banyak kendaraan yang buatan anak Indonesia yang lebih dulu diproduksi, antara lain Maleo, Mahesa, Beta 97, dan Timor, yang usianya tak sampai pada tahap pemasaran.

B.J. Habibe meninggal dunia

Sosok B.J. Habibie dikenal sebagai seorang yang jenius. Ia banyak berkontribusi dalam bidang transportasi, khususnya di penerbangan.

 

Lantaran kecerdasannya, ia dijuluki Bapak Teknologi Indonesia, pernah menjabat sebagai Menteri Riset dan Teknologi (Menristek), hingga menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia ke-3 pada tahun 1998.

 

Baca juga: 4 Bandara Terunik di Indonesia yang Punya Fasilitas Mewah

 

Namun, di usianya ke-83 tahun ini, ia menutup mata. Habibie dipanggil Sang Pencipta saat menjalani perawatan di rumah sakit Gatot Soebroto karena gagal jantung pada 13 September 2019.

 

Sejumlah peninggalan Habibie memberikan kontribusi yang sangat berarti bagi Ibu Pertiwi, seperti pesawat, rumus faktor Habibie, dan puisi-puisinya untuk Ainun.

kabut asap polusi Riau

Tregedi karhutla

Selain duka akibat meninggalnya B.J. Habibie, bulan September 2019 juga menjadi momen yang menyedihkan bagi wilayah. Kebakaran hutan dan lahan menghiasi sejumlah wilayah Indonesia. Daerah terdampak peristiwa ini ialah Riau, Kalimantan, dan Jambi.

 

Kebakaran hutan dan lahan (Kahutla) diakibatkan oleh adanya oknum liar yang sengaja membakar sumber daya alam tersebut. Namun, pihak berwajib juga mengatakan bahwa Karhutla adalah tragedi alam akibat musim kemarau yang tak kunjung berganti.

 

Karena peristiwa ini, masyarakat Riau, Jambi, maupun Kalimantan harus merasakan sulitnya mendapatkan udara bersih. Bahkan, sebagain sudah ada yang terkena gangguan pernapasan.

Demo Mahasiswa

Berita di bulan September selanjutnya, gerakan mahasiswa yang turun ke jalan akibat penolakan terhadap RUU KPK menjadi isu yang paling hangat di sepanjang akhir September lalu. Dalam aksi ini sejumlah Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) bergabung melayangkan tuntutan. Di antara BEM yang turun ialah BEM UI, BEM UGM, TRISAKTI, dan ITB.

 

Namun, aksi mahasiswa tak berhenti sampai di sana. Aksi berlanjut hingga ke depan gedung DPR RI Senayan dengan 7 tuntunan, antara lain penolokan RUUKHUP, RUU Ketenagakerjaan, Revisi UU KPK, dan lain-lain. Bahkan, menurut informasi yang beredar, demo mahasiswa masih berlangsung di awal Oktober ini dengan berbagai elemen masyarakat yang turut ikut bergabung.

 

Baca juga: Waspada, Hal Sepele Ini Bisa Menyebabkan Mobil Terbakar Saat Ricuh

 

Itulah sejumlah berita di bulan September yang ramai dipernbincangkan warganet. Jadi, bagi Anda yang ingin upgrade your life dengan informasi baru seputar otomotif, gaya hidup, dan berita terkini lainnya, kunjungi Seva.id, ya.

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.