Berencana Membeli Mobil Bekas? Perhatikan Dulu Hal Berikut Ini

By alexanderardian1 - September 30, 2019

Bila Anda berencana membeli mobil bekas, ada baiknya untuk melakukan hal di bawah ini terlebih dulu agar tidak menyesal ketika sudah memilikinya.

mobil bekasSaat berencana untuk membeli mobil, Anda pasti memperhatikan kondisinya sebelum akhirnya memutuskan untuk membawa mobil tersebut ke garasi Anda. Apalagi mobil incaran Anda masuk ke dalam kategori mobil bekas, pastinya butuh pengecekan yang lebih teliti untuk memastikan bahwa kondisi mobil masih prima untuk digunakan.

 

Pasar mobil bekas memang sudah lama menjadi alternatif bagi konsumen. Ini seakan menjadi angin segar bagi mereka yang ingin memiliki mobil dengan budget sesuai kantong.

 

Tetapi, jangan terburu-buru saat membelinya, ada beberapa hal yang harus dilakukan agar Anda tidak kecewa ketika sudah memiliki mobil bekas incaran.

 

Perhatikan kondisi eksterior dan interior mobil

Pengecekan pertama yang perlu Anda lakukan adalah memeriksa bagian luar mobil. Lakukan pengecekan pada body secara menyeluruh, apakah ada bagian yang penyok atau goresan-goresan. Goresan kecil dan samar-samar adalah hal yang wajar terjadi pada mobil bekas karena bekas pemakaian.

 

Baca juga: 5 Alasan Orang Membeli Mobil Bekas

 

Tetapi, bila mobil mengalami penyok, mungkin Anda harus berpikir ulang untuk memboyongnya. Penyokan itu menandakan bahwa mobil pernah ditabrak atau menabrak yang bisa berdampak pada bagian lainnya. Cek juga bagian kaki-kakinya, mulai dari pelek, shock breaker, ban dan lain sebagainya.

 

Setelah melihat bagian luar, cek juga kondisi dalam mobil seperti kabin, jok, bagasi, dashboard, panel instrumen, dan bagian lainnya. Periksa kebersihan dari mobil tersebut apakah bagian dalamnya juga dirawat oleh pemilik sebelumnya. Pastikan juga audio di dalam mobil masih dalam keadaan prima.

 

Cek bagian mesin

Ini adalah salah satu bagian yang paling penting pada mobil namun sulit untuk diperiksa, karena kerusakan pada bagian mesin tidak bisa dilihat secara mudah. Jika Anda kurang mengerti tentang mesin mobil, lebih baik ajak teman atau membayar penyedia jasa yang memang ahli mengenai mesin untuk melakukan pemeriksaan.

 

Baca juga: 6 Tanda Mobil Harus Turun Mesin

 

Lakukan pengecekan secara menyeluruh, seperti bagian injeksi, radiator, gearbox, dan lain-lain. Pastikan kondisinya masih layak pakai agar tidak menjadi masalah bagi Anda di kemudian hari.

 

Periksa odometer dan riwayat servis mobil

Melalui riwayat servis, Anda dapat melihat kerusakan dan perbaikan yang pernah dilakukan terhadap mobil tersebut. Sedangkan pengecekan odometer, Anda dapat mengetahui sudah seberapa jauh mobil berjalan dan sesering apa mobil digunakan.

 

Baca juga: Jangan Tertipu, Ini Tips Cek Keaslian Odometer Mobil Bekas

 

Namun, Anda perlu berhati-hati saat mengecek odometer, karena terkadang ada penjual nakal yang mengakali angka di odometer mobil bekas. Untuk memeriksanya, Anda dapat memeriksa ban mobil atau goresan-goresan kecil di panel instrumen, yang mungkin terjadi saat pembongkaran.

 

Pastikan surat-surat lengkap

beli mobil off the roadSetelah selesai memeriksa kondisi fisik mobil, lakukan pengecekan terhadap surat-surat mobil bekas tersebut. Periksa mulai dari STNK dan BPKB-nya, lalu cocokan dengan nomor rangka serta mesin pada mobil. Jika sama, berarti surat-surat mobil aman.

 

Aman dalam arti sudah diakui oleh hukum dan berhak untuk dikendarai di jalanan. Surat-surat tersebut juga menjadi jaminan bahwa mobil bukan merupakan hasil pencurian atau barang gelap.

 

Pastikan pajak dan asuransi masih aktif

Pajak mobil juga perlu diperiksa apakah masih aktif atau sudah jatuh tempo. Setelah itu, lebih baik segera lakukan balik nama STNK dan BPKB kendaraan, demi kenyamanan memiliki mobil itu. Kemudian, mobil juga akan mendapatkan nilai lebih bila memilki asuransi, yang berarti ada jaminan kerusakan terhadap mobil bekas yang Anda beli.

 

Pengecekan secara menyeluruh memang harus dilakukan untuk menghindari biaya tambahan yang perlu dikeluarkan setelah membeli mobil, serta menghindari kerjaan tambahan untuk membenahi komponen mobil yang rusak.

 

Bila tidak ingin repot mengecek keseluruhan kondisi mobil bekas, Anda dapat mengunjungi Pilihan Expert yang ada di website Seva.id. Semua mobil yang tersedia di Pilihan Expert sudah melalui berbagai tahap pemeriksaan, mulai dari mesin, eksterior, interior, sampai kaki-kaki, sehingga kualitasnya seperti mobil baru.

 

Baca juga: Pilihan Expert, Mobil Bekas dengan Kualitas Premium

 

Kemudian, Anda tidak perlu repot-repot mengunjungi dealer, cukup buka website Seva.id, pilih mobil bekas Pilihan Expert yang diinginkan, isi data diri, lakukan pembayaran, dan selesai. Mobil pilihan Anda akan langsung diantar ke depan pintu garasi. Mudah kan?

 

Jadi, jangan bingung, ayo upgrade urusan otomotifmu jadi lebih simpel dengan Seva.id.

 

Lihat Semua Mobil Pilihan Expert

Berita Terkait

Author