Search Cars

Tips & Rekomendasi

Begini Cara Mengurus Nomor Rangka Hilang atau Keropos

Ingin restorasi mobil tua tapi tidak lengkap identitasnya? Begini cara mengurus nomor rangka hilang atau keropos.

Setiap mobil memiliki nomor rangka atau Vehicle Identification Number (VIN) yang berbeda-beda. Biasanya, nomor rangka berfungsi untuk mengetahui status kendaraan, seperti sejarah kendaraan, catatan mengenai kepemilikan sebelumya, rekam jejak kendaraan, perbaikan, dan hal lain yang pernah dilakukan pada mobil tersebut.

Apalagi ketika ingin membeli mobil bekas, khususnya mobil tua, VIN bisa diandalkan untuk mengetahui segala informasi dari mobil bekas tersebut.

Memang, belakangan tren membeli dan merestorasi mobil tua kembali marak di kalangan penghobi otomotif.

Baca juga: Arti Penting di Balik Nomor Rangka Mobil

Mobil tua ibarat sebuat investasi otomotif yang nilainya bisa terus naik. Terlebih bila mobil tua tersebut memiliki sejarah pada masanya atau jumlahnya cukup langka di pasaran.

Kadang, ketika ingin merestorasi mobil tua sesuai bentuk aslinya, ada saja bagian yang tidak lengkap karena termakan usia.

Salah satunya adalah nomor rangka hilang atau keropos. Namun, tidak perlu khawatir. Nomor rangka hilang atau keropos masih bisa diurus bila kamu berniat membeli mobil tua untuk direstorasi.

Begini cara mengurus nomor rangka hilang atau keropos yang sah dan sesuai prosedur.

Pastikan legal

Cara mengurus nomor rangka hilang atau keropos yang pertama adalah memastikan mobil tersebut memiliki surat-surat yang sah.

Artinya, mobil memiliki dokumen yang lengkap, misalnya adalah Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB).

Surat pengantar Samsat

Lalu, cara mengurus nomor rangka hilang selanjutnya adalah kamu harus datang ke kantor Samsat sesuai dengan domisili di Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Baca juga: Alasan Beli Mobil VIN Lama Tetap Menguntungkan

Bawa juga STNK dan BPKB mobil asli yang ingin diurus nomor rangkanya. Lalu, sertakan KTP asli. Saat mengurusnya, kamu juga akan diminta untuk mengisi formulir permohonan.

Samsat akan memberikan surat pengantar atau berita acara ke Polda bahwa benar mobil yang kamu miliki telah kehilangan nomor rangka dan bukan kendaraan yang bermasalah.

Cek fisik di Polda

Setelah mendapat surat pengantar dari Samsat, kamu akan diminta datang ke Polda di lokasi permohonan, misalnya kalau di Jakarta adalah gedung biru di Polda Metro Jaya.

Untuk mengurus nomor rangka hilang, selain surat pengantar dari Samsat, kamu juga harus membawa mobil untuk cek fisik, KTP, BPKB, dan STNK.

Baca juga: Suka Restorasi Mobil Tua, Cek Biaya dan Trennya di Sini

Jika cek fisik sudah sesuai dan telah disetujui, Polda akan memberikan surat keterangan.

Kunjungi dealer mobil

Dalam surat keterangan dari Polda tersebut, biasanya berisi lokasi dealer mobil tempat kamu bisa mengurus nomor rangka hilang.

Pada bagian admisitrasi dealer mobil yang bersangkutan, kamu akan dibuatkan plat nomor rangka baru yang akan ditempel pada mobil.

Proses pembuatannya antara satu hingga dua minggu hari kerja. Selain plat nomor rangka baru, kamu juga akan diberi sertifikat sebagai identitas kendaraan yang sah.

Kembali ke Polda dan Samsat

Cara mengurus nomor rangka hilang yang terakhir adalah kembali lagi ke Polda untuk pengesahan VIN tersebut.

Setelah disahkan, kamu bisa ke kantor Samsat untuk mengurus pajak kendaraan, balik nama, atau mutasi.

Jangan melakukan jalan pintas

Memang, ada bengkel yang bisa membuat atau mengetok nomor rangka pada mobil, tapi tindakan ini ilegal. Jangan melakukan jalan pintas yang bisa merugikan diri sendiri.

Kamu bisa saja terjerat hukum pidana saat ada pengecekan fisik mobil atau memperpanjang pajak kendaraan.

Baca juga: Upgrade Cara Urus Surat Kendaraan dengan Layanan E-Dokumen

Harus diakui, proses mengurus nomor rangka hilang terbilang memakan waktu dan tenaga, namun tidak melanggar hukum yang berlaku.

Setelah itu, kamu juga semakin mudah jika ingin menjual mobil tersebut kembali. Bahkan harganya bisa lebih tinggi karena dokumennya sah dan lengkap.

Tertarik Beli Mobil di SEVA??

Yuk isi informasi kamu dan langsung ngobrol dengan agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.