Beberapa Tempat Parkir Mobil yang Aman dari Banjir

27 January 2020

Banjir masih bisa datang kapan saja tanpa diduga. Bila darurat, ini cara antisipasi dan tempat parkir mobil aman saat banjir.

mobil bisa mengambang dan terseret banjir

Memiliki tempat tinggal di kawasan rawan banjir tentu saja bukan menjadi pilihan orang. Bisa saja, saat menempati tempat tinggal tersebut, awalnya tidak banjir, namun seiring berjalannya waktu karena berbagai faktor seperti penurunan tanah, penyempitan sungai, penebangan pohon, hingga sampah, kawasan tersebut menjadi rawan banjir.

 

Buat kamu yang bertempat tinggal di kawasan rawan banjir dan memiliki mobil, ada baiknya selalu waspada serta berhati-hati. Kamu harus memperhatikan tempat parkir mobil agar aman saat diguyur hujan lebat dan terjadi banjir tiba-tiba.

 

Namun, bagaimana caranya memilih tempat parkir yang aman dari banjir? Mungkin ulasan di bawah ini bisa membantu kamu menemukan tempat parkir yang aman untuk mobilmu. Daihatsu Peduli Banjir

Jangan parkir di pinggir sungai atau selokan

Umumnya banjir akan datang jika hujan deras terjadi terus-menerus, seperti yang terjadi di awal tahun 2020 ini. Hujan deras turun hampir semalaman.

 

Pemilik mobil yang bertempat tinggal di kawasan rawan banjir pasti sudah hafal gejala akan datangnya bencana tersebut.

 

Baca juga: Cara Mengurus STNK dan BPKB yang Hilang atau Rusak Karena Banjir

 

Saat hujan lebat, biasanya sungai atau selokan akan penuh dan menjadi penyebab banjir. Daerah yang dekat sungai atau selokan itu akan menjadi tempat pertama yang dikunjungi banjir. Maka dari itu, lebih baik jangan memarkirkan mobil kamu di dekat sungai atau selokan agar tidak terendam banjir.

Parkirkan mobil di dataran tinggi

Dataran tinggi merupakan tempat parkir mobil aman saat banjir. Bisa dibilang, dataran tinggi adalah tempat paling aman untuk memarkirkan kendaraan saat hujan lebat yang berpotensi menyebabkan banjir.

 

Jadi, jika sudah mengenali akan datangnya banjir, ada baiknya kamu segera memindahkan mobil ke dataran yang lebih tinggi supaya bebas banjir.

 

Tetapi, perlu diperhatikan juga dataran tinggi yang dipilih untuk memarkirkan mobil. Ada baiknya untuk menghindari parkir di rooftop dengan atap terbuka. Pasalnya, saat hujan deras dan petir, ada kemungkinan petir tersebut dapat menyambar mobil kamu.

 

Walaupun mobil diklaim aman saat tersambar petir, namun ada baiknya untuk menghindari hal itu demi alasan kenyamanan.

 

Baca juga: Benarkah Mobil Bisa Tersambar Petir Saat Berjalan?

mobil tersambar petir

Jangan parkir di bawah pohon

Sangat tidak disarankan untuk memarkirkan mobil Anda di bawah pohon saat hujan dan banjir, walaupun di tempat terbuka dan dataran tinggi.

 

Alasannya, bisa saja pohon tersebut tumbang karena hujan deras, angin kencang, atau tersambar petir dan bagian batangnya bisa menimpa mobil kamu.

 

Apalagi saat banjir, mobil bisa terseret arus bersamaan dengan batang pohon yang otomatis akan semakin merusak mobil kamu.

 

Baca juga: Sebelum Membeli, Kenali Dulu Ciri Mobil Bekas Banjir

 

Selain pohon, hindari juga parkir mobil di bawah papan reklame. Kejadian serupa bisa saja terjadi pada mobil kamu.

tempat parkir mobil aman

Lakukan hal berikut bila mobil terjebak banjir di garasi

Jika air banjir sudah keburu tinggi dan Anda belum sempat memindahkan mobil dari garasi ke tempat parkir yang aman jangan langsung panik.

 

Pastinya Anda akan mengeluarkan biaya untuk perbaikan, tapi ada beberapa hal yang bisa diminimalisir dampaknya.

 

Jika memang mobil terjebak banjir di garasi, paling aman adalah membuka jendela untuk mencegah mobil hanyut, kemudian sambungan aki dicabut untuk mengurangi kemungkinan rusaknya elektronik.

 

Baca juga: Kenapa Mobil Bisa Mengambang Saat Terseret Banjir?

 

Bila Anda berdomisili di daerah yang rawan banjir, ada baiknya untuk memindahkan mobil ke tempat-tempat di atas atau yang bebas banjir bila daerah rumah Anda sudah diguyur hujan lebat cukup lama dan berpotensi menaikkan debit air.

 

Cuaca memang sedang tidak menentu, untuk itu bagi pemilik mobil harap selalu berhati-hati dalam berkendara dan parkirlah di tempat aman. Dengan begitu, kamu bisa meminimalisir resiko kerusakan mobil dan #BikinKamuSiap #HadapiBanjir.

Author

Sing with me, sing for the year. Sing for the laughter and sing for the tear. Sing with me, it's just for today. Maybe tomorrow the good Lord will take you away. - Dream On, Aerosmith -

SHARE