Bayar Pajak Motor Online Tanpa Harus Keluar Rumah

By Fikri Ramadhan - Oktober 19, 2020

Bayar pajak motor online lebih mudah dibanding harus datang dan mengantre di Samsat. Begini caranya.

pajak motor online

Membayar pajak motor kini bisa dilakukan secara virtual atau online. Cara bayar pajak motor online ini juga lebih mudah dibanding kita harus datang dan mengantre di samsat.

Selain prosesnya mudah, cara bayar pajak motor online juga lebih menghemat waktu dan energi.

Baca juga: KTP Hilang, Apa Bisa Diganti SIM untuk Bayar Pajak Kendaraan?

Berbagai inovasi pembayaran seperti pelaporan pajak dan bayar pajak kendaraan kini bisa dilakukan secara online. Terlebih di saat pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, kita dianjurkan untuk mengurangi kegiatan di luar rumah.

Bayar pajak kendaraan bermotor biasanya dibayarkan setahun sekali, baik untuk memperpanjang masa berlaku Surat Kendaraan Bermotor (STNK), maupun pajak yang dilakukan setiap lima tahun sekali untuk mengganti plat kendaraan.

Bayar pajak kendaraan harus dilakukan paling tidak saat tanggal jatuh tempo. Jika melewati tanggal tersebut, maka akan dikenakan denda tambahan saat melakukan administrasi pembayaran pajak kendaraan.

Lalu bagaimana cara bayar pajak motor online? Bayar pajak motor secara online bisa Kamu lakukan dengan mudah melalui aplikasi Samsat Online Nasional atau Samolnas.

Baca juga: Cara Mudah Membayar Pajak Mobil Online

Samolnas merupakan layanan berupa jaringan elektronik yang digagas oleh Tim Pembina Samsat Nasional berdasarkan aturan perundang-undangan Republik Indonesia.

Kemudian, ada yang namanya SWDKLLJ (Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan), dan PNBP Pengesahan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) yang dapat dilakukan secara Nasional melalui aplikasi layanan mobile.

e-Samsat bertujuan untuk mempermudah nasabah dalam mengurus perpanjangan STNK, info pajak, dan pembayaran pajak kendaraan secara online.

Berita Terkait

Author

Struggle never ending