Search Cars

Tips & Rekomendasi

Ban Botak Sebelah pada Mobil, Apa yang Menjadi Penyebabnya?

Ban botak sebelah bisa terjadi karena alasan teknis maupun non teknis. Lalu, apa saja yang bisa menjadi jadi penyebabnya?

ban botak sebelah

Kondisi ban botak sebelah bisa membahayakan jika dibiarkan begitu saja. Apalagi ban mobil menjadi salah satu komponen penting yang bersentuhan langsung dengan medan jalan sehingga kondisinya harus dalam keadaan prima. 

Salah satu hal yang tidak diinginkan adalah terjadinya kecelakaan dikarenakan kondisi ban mobil yang bermasalah. Itulah mengapa kondisi ban mobil menjadi salah satu hal yang harus selalu diperhatikan sebelum menggunakan kendaraan.

Secara umum, memang penyebab ban botak sebelah karena terlalu sering bersentuhan dengan permukaan jalan. Entah itu permukaan jalan yang kasar, rusak, berlubang, dan berbagai faktor lainnya. 

Penyebab ban botak sebelah

ban botak sebelah

Bagi para pengendara mobil, ternyata faktor jalanan tidak selalu menjadi penyebab ban botak sebelah. Apa saja faktor penyebab lainnya ya?

Pengaturan suspensi 

Salah satu faktor yang bisa menyebabkan ban botak sebelah adalah karena pengaturan suspensi yang tidak tepat. Hal ini berkaitan dengan sudut tapak ban ke tanah yang tidak pas tegak lurus dengan tanah dan bisa menyebabkan ban miring ke dalam atau ke luar. 

Baca juga: Mobil LCGC Kuat Nanjak dan Jalan Jauh, Begini Caranya!

Jika ada sisi permukaan ban yang lebih miring, tentunya akan membuat area tersebut menjadi sering bergesekan dengan jalanan. Pada akhirnya ban mobil akan menjadi lebih cepat aus atau mengalami kebotakan.

Sudut kemiringan ban tidak lurus

Faktor yang menyebabkan ban botak sebelah lainnya adalah sudut kemiringan yang tidak lurus. Kondisi ini akan menyebabkan ban tidak menyentuh jalan secara bersamaan sehingga akan ada bagian yang lebih condong keluar atau bersinggungan dengan jalanan. 

Hal ini pada akhirnya akan menyebabkan ban botak sebelah karena ada salah satu sisi ban mobil yang lebih sering bersinggungan lebih keras dengan jalanan. Hal ini biasanya terjadi pada saat pengaturan toe in dan toe out pada saat proses spooring

Kondisi tekanan angin ban

umur ban mobil

Kondisi tekanan angin ban yang tidak sesuai juga bisa menjadi penyebab ban mobil aus sebagian. Ban yang terlalu sedikit mendapatkan tekanan angin, maka sisi bagian luarnya akan lebih cepat mengalami aus.

Baca juga: Rekomendasi Mobil 1300 cc Buat Keluarga Kecil

Sedangkan tekanan ban yang terlalu tinggi akan menyebabkan sisi tengah menjadi lebih cepat aus. Untuk itu pemilik mobil sebaiknya memerhatikan kondisi tekanan angin agar sudah sesuai dengan pengaturan yang disarankan. 

Usahakan jangan sampai tekanan ban mobil berlebih karena putaran panas yang tinggi di dalam ban bisa meningkatkan tekanan di dalamnya. Kondisi ini bisa berisiko tinggi untuk mengalami pecah ban. 

Efek ban mobil botak sebelah

Ada berbagai efek ban mobil botak sebelah yang mungkin bisa dialami oleh para pemilik mobil. Apa saja itu?

Menyebabkan hydroplaning 

aquaplaning

Ban mobil memiliki pola lekukan yang berguna untuk membelah air ketika kondisi jalanan yang basah. Jika kondisinya tidak dalam keadaan maksimal, tentunya kemampuan untuk memecah air di jalanan yang basah bisa berkurang. 

Baca juga: Arti Indikator ECO yang Sering Ada di Mobil Zaman Now

Kondisi ini disebut dengan hydroplaning dimana kondisi mobil selip sulit dikendalikan. Terutama jika melewati genangan air yang cukup dalam. 

Ban lebih cepat panas

bahaya ban vulkanisir

Efek ban mobil botak sebelah lainnya adalah akan membuat lebih cepat terjadinya gesekan antara ban dan permukaan jalan. Gesekan yang terjadi ini akan menimbulkan panas, apalagi jika berkendara pada cuaca yang panas. 

Suhu panas yang berlebihan ini bisa menyebabkan ban meledak. Kondisi ban meledak ini bisa menyebabkan pengemudi kehilangan kendali atas mobilnya dan tentu bisa sangat berbahaya.

Baca juga: Anti Gagal Saat Melakukan Ujian SIM A, Ini Tips dan Syaratnya!

Namun, ban aus dengan permukaan yang tipis cenderung lebih cepat menimbulkan panas. Ini tentu bisa menjadi masalah. Panas berlebihan pada ban bahkan bisa menyebabkan ledakan dan mengakibatkan hilangnya kendali atas mobil.

Untuk lebih memastikan ban mobil yang mengalami aus sebelah, sebaiknya langsung dibawa ke bengkel resmi. Nantinya teknisi bengkel akan melakukan pengecekan secara menyeluruh dan melakukan penanganan secara tepat. 

Dengan begitu, berkendara pun bisa lebih merasa aman dan nyaman.

Tertarik Beli Mobil di SEVA??

Yuk isi informasi kamu dan langsung ngobrol dengan agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.