Astra Digital Raih Juara I di Dolphins Astra 2019

By Rismawati Idris - Oktober 4, 2019

Dalam ajang Dolphins Astra 2019, Astra Digital kembali meraih gelar juara. Namun, tim mana saja, ya, yang berhasil menjadi juara?

Menyalurkan ide atau pun bakat dalam suatu kompetisi adalah hal yang bermanfaat dan seru. Selain mendapat kompensasi berupa penghargaan, ide yang diberikan juga berpotensi untuk diaplikasikan.

 

Akan sangat disayangkan jika ide yang kita punya hanya mengendap dalam pikiran. Bila diimplementasikan dalam satu karya, tentu akan sangat berdampak positif bagi diri sendiri, orang lain, maupun masyarakat sekitar.

 

Baca juga: Mengenal Kantor Astra Digital yang Mengerti Budaya Milenial

 

Karena pentingnya pengembangan terhadap ide dan karya, PT Astra International Tbk. membuka kesempatan kepada para karyawan untuk mengembangkan ide-ide cemerlang mereka.

 

Karyawan dapat mengirimkan ide atau karyanya yang sudah dikerjakan dan dapat dievaluasi melalui ajang seleksi yang digelar dalam internal PT Astra International Tbk., yaitu Dolphins Astra 2019.

Dolphins Astra 2019 merupakan kompetisi tahunan yang digelar  dalam lingkup internal PT Astra International Tbk. yang bertujuan untuk mewujudkan inovasi di lingkungan kerja Astra.

 

Di acara tersebut, setiap karyawan berkesempatan mengirim karya masing-masing, baik secara mandiri maupun bersama kelompok kerja.

 

Sejumlah kategori yang dapat ikuti, di antaranya ialah SS (Sugesstion System) untuk improvement tingkat individu, QCC Teknik/Nonteknik (lingkup menyelesaikan KPI departmen), dan QCP  (lingkup suggestion penyelesaian masalah divisi).

Perwakilan dari Astra Digital

Pada kompetisi Dolphins Astra 2019, Astra Digital kembali mengirimkan perwakilannya.

 

Kali ini, hampir semua kategori diikuti, misalnya, pada kategori SS, Astra Digital mengirimkan Efriska Ginasti Mayang untuk menyalurkan proyek pribadi.

 

Selanjutnya, ada juga Tim BoMat dan Sepaket Sejalan sebagai perwakilan QCC, serta Tim Digital Barista, Laskar Pelangi, Digital Police untuk QCP. Tim-tim tersebut adalah perwakilan dari Astra Digital yang berhasil lolos ke babak final.

 

Baca juga: Dikunjungi Jardine, Astra Digital Tunjukkan Fitur dan Teknologi

 

Dari kelompok yang dibentuk itu,  kompetisi Dolphins Astra 2019 tidak membatasi banyaknya anggota kelompok yang akan berpartisipasi. Namun, ketika mempresentasikan karya, hanya boleh disampaikan oleh lima orang perwakilan tim saja.

 

“Siapapun di lingkup PT Astra International Tbk. boleh submit ide. Tidak ada batasan maksimal dalam ikut di Dolphins. Hanya, untuk yang presentasi dibatasi untuk 5 orang presenter,” tutur Irwan Rizadi, perwakilan Tim Digital Barista.

Raih gelar juara untuk kedua kalinya

Pada pengumuman Dolphins Astra 2019 di Kantor PT Astra International Tbk., Sunter kemarin (27/9), perwakilan dari Astra Digital keluar sebagai pemenang.

 

Ada dua tim yang berhasil meraih gelar juara, yakni tim Digital Barista yang meraih juara ke-1 dalam kategori QCP dan BoMat mendapatkan juara ke-2 di kategori QCC.

 

“Ketika pengumuman Dolphins Astra 2019, tim Digital Barista dan BoMat terpilih sebagai juara. Kedua tim tersebut sama-sama mengimplementasikan proyek Big Data yang sedang kita kerjakan sekarang,” jelas Irwan.

 

Ditambahkan, timnya mengolaborasikan semua proyek Big Data, seperti A/B Testing, Leads Prediction, Churn Prediction, dan juga berkolaborasi dengan tim CRM untuk operasional.

 

Kelompok tersebut mengimplementasikan ide terkait cara memberikan campaign yang tepat untuk spesifik segmentasi kepada pelanggan. Dengan begitu, aktivitas sales bisa lebih tepat sasaran dalam memasarkan produk Astra.

 

“Digital Barista menawarkan cara kerja digital Astra yang lebih personal dalam mendekati dan mempertahankan konsumen menggunakan teknologi Big Data. Dari sana, kita bisa tahu bagaimana respon konsumen terhadap produk Astra,” tambah Irwan.

 

Gelar juara yang diraih tim Astra Digital di tahun ini adalah gelar juara kedua yang sudah di raih selama dua tahun berturut-turut sejak Astra Digital ikut berpartisipasi dalam Dolphins Astra 2019.

Melaju ke Innovate Jardine

“Nantinya, para pemenang akan melaju ke kompetisi yang lebih tinggi, yaitu InnovAstra. Lalu ke Innovate Jardine,” kata Irwan.

 

InnovAstra adalah kompetisi serupa Dolphins Astra 2019 yang dilombakan di tingkat Astra Grup. Di tahap tersebut tim yang keluar sebagai juara pertama di masing-masing perusahaan akan diikutisertakan dalam seleksi InnovAstra. Para peserta wajib mengirim ulang karyanya melalui PIC Innovasi masing-masing perusahaan.

 

“Jadi, nantinya manajemen dari setiap perusahaan bakal mengirim karya kelompoknya, khususnya bagi tim yang meraih juara pertama di tiap kategori,” tutup Irwan

 

Baca juga: Mengenal Teknologi Face Recognition di Big Data Astra Digital

 

Terakhir, terkait seleksi InnovAstra dan Jardine, ia mengatakan bahwa tim Astra Digital juga pernah masuk dalam lima besar Astra Group di seleksi Innovate Jardine 2018.

 

Nah, itulah tim Astra Digital yang berhasil memenangkan Dolphins Astra 2019. Bagaimana menurut Anda, keren bukan?

 

Namun, apabila Anda tertarik untuk ikut Dolphins Astra di tahun depan, siapkan diri dan risalah proyek. Jadi, selamat berjuang, Insan Astra!

Berita Terkait

Author

Perempuan Canggih. Pemuja keharmonisan, puisi, dan filologi.