Apa yang Dimaksud dengan Diesel Runaway? Yuk, Kenalan!

By Reka Harnis - Maret 5, 2021

Diesel runaway bisa jadi masalah, tentunya bagi mobil-mobil bermesin diesel. Apa itu diesel runaway?

Dikenal sebagai mobil dengan mesin yang tangguh, irit bahan bakar, torsi yang besar, serta perawatannya yang mudah, tidak heran jika mobil bermesin diesel masih menjadi favorit sebagian orang.

Namun hati-hati, walaupun perwatannya mudah, pemilik mobil tidak boleh lengah. Pasalnya, salah satu masalah mengerikan yang dapat terjadi pada mobil bermesin diesel adalah diesel runaway.

Baca juga: Cara Pasang APAR di Mobil Sendiri, Gampang Banget!

Diesel runaway adalah kondisi di mana mesin berada di putaran tinggi dan menyala terus menerus walaupun sudah memutar kunci kontak ke posisi off.

Selain itu, kondisi ini biasanya disertai dengan kepulan asap putih yang sangat tebal. Umumnya itu terjadi pada mesin-mesin diesel lawas yang belum menggunakan ECU, tetapi tidak menutup kemungkinan dengan mesin yang sekarang.

Mesin akan terus menyala sampai solar di tangki habis. Jadi, walau kunci sudah dimatikan dan dicabut mesin bisa tetap menyala.

Penyebabnya beragam, misalnya adalah failure dari pompa solar rusak, kebocoran oil seal dan secara tidak terkontrol terus mengirim bahan bakar.

Atau, bisa juga masalah lain yang menyebabkan mesin menyedot solar tanpa terkontrol sehingga putaran mesin akan tinggi dengan sendirinya.

Biasanya karena ada komponen-komponen yang sudah aus akibat perawatan dan pemakaian yang tidak sesuai.

Untuk menghentikan diesel runaway, ada beberapa cara. Salah satu cara paling aman adalah dengan menunggu solar habis hingga mesin mati dengan sendirinya, atau menunggu kerusakan sistem mekanikal lainnya hingga membuat pasokan solar terhenti.

Berita Terkait

Author