Apa Akibatnya Bila Mengisi BBM Mobil Bensin dengan Solar?

Kesalahan dalam mengisi BBM bisa terjadi pada siapa saja, terlebih jika kurangnya konsentrasi. Lalu apa dampaknya?

mengisi bbmPabrikan otomotif di Indonesia akan merekomendasikan penggunaan bahan bakar minyak (BBM) untuk setiap model mobil. Setiap model punya batas atau takaran yang disebut Research Octane Number (RON) yang berbeda-beda.

Biasanya tergantung dari spesifikasi mesin dari mobil tersebut, tetapi kebanyakan wajib menggunakan BBM dengan minimal RON 92.

Produk ini dipilih tentunya untuk memaksimalkan performa mesin. Jika mengonsumsi BBM tidak sesuai standar, maka efeknya akan mempengaruhi mesin mobil dalam jangka waktu pemakaian yang panjang.

Baca juga: Alasan Kenapa Mesin Harus Dimatikan Saat Isi Bensin di SPBU

Mengisi bahan bakar yang tidak sesuai dengan RON minimum mungkin masih bisa ditoleransi meski tetap memberikan dampak buruk pada performa mobil.

Lalu, bagaimana jika sampai salah isi jenis bahan bakar, seperti memasukkan BBM solar ke mobil bermesin bensin?

Dampak buruk tentunya akan terjadi pada mobil kesayangan kamu jika hal ini terjadi. Mobil mungkin saja tetap hidup, namun mesin akan tersendat. Ini karena titik nyala bensin dan solar berbeda, sehingga membuat busi tidak melakukan pembakaran dengan sempurna.

Baca juga: 5 Cairan Penting yang Dibutuhkan Mobil Selain Oli dan Bensin

Tak hanya itu, akibat paling fatal dari kesalahan isi BBM adalah mesin mobil akan mati di tempat dan tidak bisa dihidupkan lagi. Jika sudah begitu, pemilik kendaraan harus membawa mobilnya ke bengkel menggunakan towing

Namun jika pemilik mobil menyadari sedari awal bahwa ada kesalahan dalam pengisian bahan bakar, hal pertama yang bisa dilakukan adalah mematikan mesin dan tak memaksa kendaraan berjalan. Jika dipaksa berjalan sampai menemukan bengkel, kerusakannya bisa lebih parah.

Apabila kondisinya belum parah, yang perlu dilakukan adalah cukup menguras tangki bahan bakar hingga benar-benar bersih lalu diisi kembali menggunakan bahan bakar yang seharusnya.

Oleh sebab itu, wajib menggunakan BBM yang sudah dianjurkan oleh pabrikan agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Hal yang harus diperhatikan ketika mengisi BBM

Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan ketika mengisi BBM, di antaranya adalah sebagai berikut.

Kualitas BBM

Jangan tergiur dengan harga, karena tidak menjamin kendaraanmu akan mendapatkan tenaga yang optimal. 

Optimalisasi bukan semata-mata mengenai tenaga mobil yang dikeluarkan, namun juga berbagai faktor lainnya seperti emisi gas dan konsumsi partikel-partikel kendaraan, misalnya piston.

Kualitas dan karakteristik bahan bakar dengan struktur mesin yang diaplikasikan di setiap mobil berbeda. Tidak bisa disamakan satu dengan yang lain.

Maka dari itu, jangan mengorbankan kendaraan kamu dengan menggunakan bensin yang tak sesuai dengan struktur mesin hanya karena tergiur dengan bahan bakar yang cenderung lebih murah.

Perlu diperhatikan bahwa konsekuensinya adalah kinerja kendaraan malah bisa menjadi tidak optimal, bukan tak mungkin kamu justru akan mengeluarkan biaya yang lebih besar untuk melakukan perawatan ketika kendaraan rusak.

Baca juga: Benarkah Mobil Dapat Meledak jika Tangki Bensin Ditembak?

Lokasi Mulut Tangki Bensin

Hal lain yang perlu diperhatikan ketika kita masuk ke dalam area SPBU adalah untuk memastikan lokasi tangki bensin di sisi kiri atau kanan.

Baca juga: Apakah Menguras Tangki BBM Mobil Bisa Dilakukan Sendiri?

Perhatikan indikator bensin di dalam mobil kamu, di sebelahnya terlihat arah panah yang menentukan lokasi tangki bensin mobil. Hal ini diperlukan agar kamu tidak salah mengantre.

campur BBM beda oktan

Umumnya, pengendara akan diminta untuk mematikan mesin mobil dan menaruh alat komunikasi ketika sedang mengisi BBM. Namun, ternyata ada langkah penting yang seringkali terlewatkan, yakni melepas sabuk pengaman dan membuka sedikit pintu.

Hal ini penting untuk dilakukan sebagai langkah preventif jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, kita bisa keluar sesegera mungkin.

Jadi, jangan sampai salah mengisi BBM kalau tidak mau performa mobil kesayanganmu menurun.

Selain BBM, melakukan pengecekan rutin pada mobil juga penting untuk menjaga performanya. Kini tak perlu lagi buang-buang waktu untuk menunggu di bengkel, karena dengan Seva.id kamu bisa melakukan booking service terlebih dahulu. Atau, kamu bisa menggunakan layanan Home Service dari Seva.id.

Untuk itu, jangan lupa kunjungi Seva.id ya!