Aki Mobil Sudah Soak Di-charge, Akan Bermasalahkah?

By Ferdi Julias - Februari 22, 2019

Aki mobil soak bisa mengganggu sistem kelistrikan. Namun, apakah aki soak boleh di-charge?

aki mobil

Baterai atau aki merupakan komponen penting yang ada di kendaraan. Aki berfungsi untuk menyimpan tenaga listrik yang disalurkan melalui alternator.

Maka dari itu, jika aki mobil mengalami masalah, kinerja kendaraan juga dapat terkena imbasnya.

Salah satu masalah yang sering terjadi pada aki adalah menurunnya daya listrik yang disalurkan. Apabila ini terjadi, tidak jarang pemilik mobil pergi ke jasa pengisian aki untuk menambah dayanya.

Namun, apakah aki mobil boleh di-charge?

Sebenarnya, charging atau pengisian ulang daya aki bukan hal yang dilarang, tetapi kinerja aki tidak akan sebaik seperti sebelumnya, karena ada beberapa sel baterai yang sudah tidak berfungsi maksimal dan umur aki juga tidak muda lagi.

Baca juga: Cara Jumper Aki Mobil yang Soak dengan Aman dan Benar

Ketika mengisi aki mobil, sesuaikan alat yang digunakan dengan arus aki. Lalu, lebih baik gunakan arus kecil saat proses pengisian untuk meminimalisir resiko kerusakan pada sel baterai.

Selain arus, perhatikan juga cara mencopot aki dari mobil saat ingin mengisi ulang atau melakukan penggantian.

Pasalnya, mobil-mobil saat ini membutuhkan tenaga listrik yang cukup untuk asupan ECU (Electronic Control Unit), jadi mencopot aki tidak boleh dilakukan sembarangan.

Saat aki dilepas, sensor pada ECU akan membaca kondisi mobil sebelumnya karena tidak ada arus listrik. Ini akan berdampak pada kinerja mesin mobil.

Malah, mesin mungkin tidak bisa dinyalakan atau langsamnya tidak sempurna.

Amannya, bawa mobil Anda ke bengkel resmi  saat ingin mengganti aki agar ditangani oleh mekanik berpengalaman serta alat yang lebih lengkap.

Berita Terkait

Author