Ada Ritual Sebelum Mengendarai Mobil, Apa Saja?

By Ferdi Julias - May 16, 2018

Mengendarai mobil sudah menjadi kegiatan sehari-hari bagi sebagian besar warga perkotaan. Kegiatannya bermacam-macam, mulai dari pergi ke kantor, kampus, tempat rekreasi, dan lain-lain.

 

Biasanya pengendara akan mengecek kondisi mobil dengan mengecek kondisi mesin, oli, air radiator, dan tekanan angin di ban. Tetapi, tidak cukup dengan itu saja. Ada hal-hal yang sering dilupakan, padahal seharusnya menjadi perhatian sebelum mengendarai mobil. Apa saja itu?

 

Kecanggihan teknologi yang ada di mobil saat ini tak membuat orang berhenti dari ritual untuk meminimalisir potensi bahaya di jalan, atau bahkan pada saat menginjak gas untuk pertama kalinya.

 

Untuk itu, di bawah ini ada beberapa tips yang mungkin dapat diterapkan untuk melengkapi kesiapan Anda sebelum mengendarai mobil.

 

1. Berputar mengelilingi mobil

Kegiatan berputar mengelilingi mobil juga biasa disebut dengan 360 inspection. Kegiatan ini dimulai dengan berjalan dari bagian depan mobil ke bagian belakang, lalu kembali lagi ke bagian depan titik mula Anda berjalan.

 

360 inspection bertujuan untuk mengetahui kondisi keseluruhan mobil, mulai dari atas sampai dengan kolong mobil. Jadi, jika ada sesuatu yang kurang dari mobil tersebut, seperti ban kekurangan angin atau ada binatang yang sedang bersembunyi di kolong mobil dapat terlihat sebelum berkendara.

 

2. Bersihkan area mengemudi

Area mengemudi yang bersih akan membuat Anda lebih nyaman dalam berkendara. Untuk itu, pastikan area mengemudi Anda bersih dan terhindar dari gangguan-gangguan lainnya, seperti sepatu, tas atau botol minum di bawah kaki dan dekat dengan pedal gas, atau barang pribadi lainnya yang dapat menganggu kenyamanan mengemudi Anda.

 

Bersihkan juga setir mobil Anda untuk menghilangkan noda dan kuman-kuman yang menempel. Selanjutnya, jangan lupa untuk menyesuaikan posisi mengemudi Anda dengan mengatur jok dan setir mobil Anda agar lebih memiliki visualisasi yang baik saat berkendara.

 

Area ini cukup strategis, jika tidak bersih, dapat mengganggu ketika Anda berkendara. Pastikan di area ini Anda nyaman dan tidak mengganggu.

 

3. Perhatikan indikator yang tertera di instrumen dashboard

Setelah membersihkan area mengemudi, saatnya Anda menghidupkan mesin. Ketika mesin sudah menyala, perhatikan indikator-indikator yang tertera di instrumen dashboard, seperti indikator bensin, temperatur, check engine, dan sebagainya.

 

Dengan begitu, Anda dapat mengetahui kondisi mobil Anda. Misalnya, indikator temperatur mobil melebihi standar, berarti radiator mobil Anda kekurangan air dan dapat segera ditambah sebelum berjalan.

 

4. Periksa kaca spion

Mungkin ini terlihat sepele tapi merupakan salah satu ritual terpenting sebelum berkendara. Posisi spion yang sesuai dengan sudut pandang pengendara sangat penting agar sisi kiri, kanan, dan belakang mobil terpantau dengan baik.

 

Posisi kaca spion yang sesuai juga membantu pengendara agar tidak mengalami blind spot dan mengurangi resiko kecelakaan. Jadi, pastikan kaca spion Anda pas dengan posisi mengemudi agar pandangan semakin luas.

 

5. Cek sekeliling dan kursi belakang

Persiapan sebelum mengemudi yang terakhir adalah cek sekeliling mobil Anda, termasuk kursi bagian belakang untuk memastikan tidak ada barang yang membahayakan saat berkendara karena salah menempatkannya atau ada barang yang dapat menimbulkan bau tak sedap sehingga mengganggu konsentrasi dalam berkendara.

 

Setelah semuanya selesai, silakan turunkan rem tangan dan Anda siap menjalankan rutinitas. Jangan lupa untuk selalu mengutamakan keamanan dalam berkendara dan selalu memikirkan keselamatan diri sendiri serta orang lain. Semoga tips ini bermanfaat bagi Anda. Selamat beraktivitas!

Berita Terkait

Author