AC Mobil Akan Lebih Cepat Dingin dengan Cara Berikut

31 August 2018

Air conditioner (AC) atau pendingin udara merupakan salah satu fitur penting yang selalu digunakan oleh pengendara setiap hari. Apalagi bagi mereka yang tinggal di daerah atau kota dengan tingkat udara yang panas, seperti Jakarta, AC sudah menjadi kebutuhan setiap pemilik mobil.

 

Namun, karena pentingnya peran AC bagi pengendara, pemakaiannya kadang dirasa berlebihan dan tidak dibarengi dengan perawatan sehingga membuat kualitas AC menjadi turun. Biasanya, AC yang bermasalah akan terasa lebih lama mendinginkan kabin ketika baru dinyalakan.

 

Untuk menghindari hal tersebut, simak cara berikut ini yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah dan mungkin bisa menjadi solusi untuk mengatasi masalah pada AC mobil Anda.

 

Jaga kebersihan interior

Mungkin hal ini sering tidak disadari oleh sebagian orang. Namun, bersih atau tidaknya interior mobil akan memberikan dampak kepada kualitas AC, khususnya saat proses pendinginan. Kabin yang kotor dapat membuat AC tidak dingin karena kotoran tersebut menumpuk di bagian filter dan membuatnya tersumbat.

 

Jika hal itu terjadi, bisa dipastikan sirkulasi udara yang dihasilkan tidak akan optimal walaupun AC tetap menyala, karena AC tidak dapat berfungsi dengan baik yang disebabkan oleh penyumbatan tadi. Ini juga akan membuat proses pendinginan kabin menjadi lebih lama.

 

Maka dari itu, ada baiknya untuk selalu memperhatikan kebersihan kabin, terutama karpet dan lantai mobil yang menjadi tempat injakan penumpang serta pengendara. kebersihan kabin mobil akan membuat filter AC mobil Anda bekerja lebih ringan untuk menyaring kotoran-kotoran tersebut, kondisinya pun juga tidak akan cepat kotor.

 

Buka kaca sebelum menyalakan AC

Suhu di dalam mobil kemungkinan akan lebih panas daripada suhu di luar karena adanya udara yang terperangkap di kabin. Oleh karena itu, jangan langsung masuk ke mobil lalu diam di dalamnya dan menyalakan AC karena akan membuat udara lebih panas.

 

Hal yang harus dilakukan pertama kali adalah buka semua kaca atau jendela mobil, lalu putar blower ke tingkat tertinggi sehingga AC dapat bekerja secara maksimal. Jika mobil Anda memiliki sunroof, akan lebih baik lagi jika ikut dibuka agar sirkulasi udara dapat lebih cepat mengalir serta mempercepat proses pendinginan kabin.

 

Saat perjalanan jauh, matikan mesin dan AC beberapa saat

Perjalanan jauh kadang memang membuat bosan. Selain terlalu lama berada di dalam mobil, kadang AC juga ikut bermasalah karena menyala dalam waktu lama, 4 jam misalnya. Untuk mengatasinya, matikan mesin dan AC mobil untuk beberapa saat.

 

Jangan lupa juga untuk membuka jendela mobil agar udara di dalam mobil dapat bersirkulasi dengan baik. Ini juga berguna untuk mengistirahatkan AC yang sudah bekerja terlalu keras sepanjang perjalanan. Jadi, AC akan lebih cepat dingin ketika dihidupkan kembali.

 

Bersihkan kondensor AC

Tips di atas akan bekerja lebih baik lagi jika Anda selalu merawat kondensor AC mobil Anda. Kondensor AC yang bersih akan membuat hembusan udara dari AC lebih cepat dingin daripada kondensor yang kotor.

 

Untuk membersihkannya, Anda hanya perlu menyemprotkan air ke bagian kondensor AC ketika sedang mencuci mobil. Biasanya, posisi kondensor tepat di balik grill depan. Atur tekanan air sesuai dengan kebutuhan untuk merontokkan kotoran-kotoran yang menempel di kondensor AC mobil Anda.

 

Jika dengan cara di atas AC mobil Anda masih terasa lambat ketika mendinginkan kabin, segera bawa mobil Anda ke bengkel resmi untuk pengecekan lebih lanjut. Namun, sebelum itu, lebih baik gunakan fitur booking service yang ada di Seva.id untuk menghemat waktu Anda saat mengantri.

 

Segera kunjungi Seva.id untuk mendapatkan informasi selanjutnya dan jangan lupa untuk selalu merawat kendaraan Anda agar tetap dalam keadaan prima.

 

SHARE