5 Tips Menyimpan Perkakas dan Barang di Garasi Mobil

By Reka Harnis - May 13, 2020

Garasi mobil yang rapi tentu menjadi idaman banyak orang. Kalau kamu salah satunya, yuk simak tipsnya berikut ini.

garasi mobilMemiliki garasi mobil tentunya bukan hal aneh lagi bagi sebuah rumah, tak jarang keberadaannya dinilai penting karena fungsinya.

Garasi mobil akan melindungi mobil dari panas terik matahari, udara dingin, air hujan, serta embun malam hari yang mengandung asam dan menyebabkan karat. Hal ini tentu dapat berakibat buruk pada keawetan cat mobil.

Selain alasan cuaca, keberadaan garasi mobil juga dinilai penting dari segi keamanan. Adanya garasi mobil bisa meminimalisir kemungkinan kehilangan atau tindakan pencurian

Tak hanya berfungsi sebagai tempat untuk mobil, garasi juga memiliki fungsi sebagai tempat penyimpanan perkakas untuk membetulkan mobil, cadangan oli, ban, dan sebagainya.

Agar garasi tetap rapi, terawat, dan enak dipandang meski sering difungsikan sebagai tempat penyimpanan berbagai barang, yuk simak tips berikut ini.

Simpan barang menggunakan rak agar barang mudah dicari

Agar garasi mobil tetap rapi, cara penyimpanan perkakas tentu sangat penting. Untuk itu, gunakanlah rak besar atau laci-laci kabinet untuk menyimpan barang dan perkakas yang masih terpakai.

Selain terlihat rapi, dengan menyimpanya di rak atau laci-laci kabinet, kamu akan lebih mudah mencari barang yang mau dipakai. Penggunaan rak untuk menata perkakas juga dapat membuat garasimu terlihat lebih lebih luas.

Solusi lain untuk penyimpanan barang-barang yang ada di garasi mobil adalah dengan membuat built-in cabinet di dinding garasi mobil. Buatlah built-in cabinet dari ujung ke ujung tembok, dari lantai hingga hampir menyentuh plafon garasi mobil.

Kemudian tambahkan sekat-sekat pembatas di dalamnya untuk memudahkanmu menata dan mengelompokkan perkakas yang tersimpan di garasi mobil. Dengan demikian, penyimpanan barang menjadi lebih terorganisir.

Baca juga: Mencuci Mobil, Baiknya Dimulai dari Kaki-kaki atau Bodi?

Gantungkan peralatan

Cara lainnya adalah dengan menggantungkan peralatan di garasi mobilmu. Ini merupakan salah satu trik untuk membuat ruang garasi mobilmu menjadi lebih lega.

Pasanglah gantungan di dalam garasi untuk menggantungkan peralatan seperti kunci-kunci, kabel, obeng, dan lain-lain. Dengan menggantungkannya, maka garasi tidak akan terlihat berantakan dan juga akan mencegah kerusakan pada alat-alat tersebut.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Cuci Mobil Sendiri Lebih Baik

Lakukan pengkategorian barang yang tersimpan di garasi mobil 

Ketika kamu mulai menata atau menyimpan perkakasmu ke dalam rak, pastikan kamu memisahkan atau mengelompokkannya sesuai kategori dan fungsinya, karena ini akan memudahkanmu menemukan barang yang akan digunakan nantinya.

Agar tidak menumpuk, kamu juga bisa melakukan pengelompokkan barang mana yang masih terpakai, dan mana yang sudah tidak terpakai. Setelah itu kamu bisa menyingkirkan atau menyumbangkannya jika barang tersebut dirasa masih layak pakai.

Baca Juga: Berapa Lama Virus Corona Dapat Bertahan di Eksterior Mobil?

Gunakan wadah untuk menyimpan benda-benda kecil

Kemudian, kamu bisa meniru gaya penyimpanan di dapur dengan menggunakan wadah-wadah kecil yang tak terpakai, atau kamu juga bisa memanfaatkan wadah yang biasa digunakan untuk menyimpan bumbu. Gunakan cara ini untuk menyimpan benda-benda kecil seperti paku dan baut.

Baca juga: Apakah Asuransi Dapat Menerima Klaim Virus Corona?

Manfaatkan atap garasi dengan overhead storage 

Tidak mungkin menyimpan banyak barang di lantai. Selain sempit, kita juga akan kesulitan berjalan dan memarkir kendaraan ke dalam garasi mobil. Solusinya adalah dengan membuat overhead storage.

Jika kamu memiliki tipe garasi dengan atap yang cukup tinggi, kamu bisa memanfaatkannya sebagai ruang penyimpanan tambahan agar garasi tak sempit, yaitu dengan membuat overhead storage pada langit-langit garasi mobil.

Namun, jika garasi tidak memiliki atap yang cukup tinggi, kamu bisa menggunakan rak dinding dengan memasangnya sedikit lebih tinggi.

Itu dia 5 cara untuk menjaga garasi mobil tetap rapi dan enak dipandang. Garasi tentu tak lengkap tanpa kehadiran mobil. Nah, untuk melengkapinya, jangan lupa kunjungi Seva.id untuk mendapatkan mobil impianmu ya.

Berita Terkait

Author