5 Tempat Favorit untuk Belajar Mengemudi Mobil, Mau Coba?

Tetap harus didampingi instruktur berpengalaman, di sini tempat belajar mengemudi mobil supaya makin mahir dan lebih aman.

belajar mengemudi mobil

Saat ini belajar mengemudi mobil di sekolah mengemudi yang terakreditasi menjadi sebuah keharusan. Pasalnya, untuk pembuatan SIM A perlu menyertakan sertifikasi dari sekolah belajar mengemudi.

Selain teori dan pengenalan terhadap mobil, keuntungan lain belajar di sekolah mengemudi mobil adalah bisa memilih transmisi sesuai keinginan.

Lalu, untuk praktek, instruktur berpengalaman di sekolah mengemudi akan mendampingi kamu.

Tempat belajar mengemudi mobil juga tidak langsung ke jalan raya, tapi dipilih yang aman sesuai dengan jam terbang.

Baca juga: Cara Mendapatkan Sertifikat SIM A dari Sekolah Mengemudi

Nah, ini tempat favorit untuk belajar mengemudi mobil supaya kamu makin mahir.

belajar mengemudi

Lapangan terbuka

Lapangan terbuka yang luas menjadi tempat belajar mengemudi pertama yang biasanya menjadi pilihan dalam praktek di sekolah mengemudi.

Di sini, kamu akan diajarkan teknik dasar mengemudi seperti menyesuaikan posisi duduk dan spion agar pengelihatan ke belakang mobil lebih sempurna.

Baca juga: Cara Mengendarai Mobil Matic Bagi Pemula, Tetap Hati-hati!

Lalu, jika sudah nyaman, pelajaran berlanjut ke bagaimana cara mengindak gas dan rem, setelah cara menyelaraskan kopling dan gas bila menggunakan mobil bertransmisi manual.

Setelahnya, kamu juga akan diajarkan bagaimana caranya berbelok dan mundur tanpa rintangan sehingga belajar mengemudi mobil tetap aman.

belajar mengemudi

Lahan kosong

Selain lapangan, lahan kosong juga kerap dijadikan tempat belajar mengemudi. Biasanya lahan kosong tidak seluas lapangan, sehingga ruang gerak mobil lebih terbatas.

Baca juga: Belajar Setir Mobil, Sebaiknya Manual Dulu atau Matic?

Meski begitu, lahan kosong cukup aman untuk belajar dan melancarkan teknik dasar mengemudi.

Kontur lahan kosong yang tidak rata juga menjadi tantangan tersendiri untuk yang baru belajar mengemudi mobil.

belajar mengemudi

Jalan tertutup

Jika sudah mahir dan menguasai teknik dasar mengemudi, instruktur akan membawa kamu ke jalan yang tertutup, misalnya komplek perumahan.

Nah, di jalan tertutup kamu akan diajarkan teknik mengemudi yang lebih advance lagi, mulai dari berjalan lurus secara presisi sesuai marka jalan dan berbelok sesuai lajur menggunakan sein.

Baca juga: Biar Tidak Grogi Saat Belajar Mengemudi, Baca Dulu Tips Ini Yuk

Kemudian, kamu juga akan diajarkan cara berputar arah serta mundur. Feeling mengemudi otomatis mulai terasah ketika belajar mengemudi di jalan tertutup.

belajar mengemudi

Tempat parkir

Instruktur akan memilih tempat parkir yang cenderung sepi dan terbuka, misalnya tempat parkir ruko atau lahan parkir yang dimiliki sekolah mengemudi.

Pada lokasi belajar mengemudi ini, kamu akan dbimbing untuk belajar parkir mobil, baik maju dan mundur sesuai dengan tempat yang tersedia.

Baca juga: Cara Mudah Menghilangkan Panik Saat Belajar Mengendarai Mobil Manual

Jika sudah lurus dan sesuai tempat yang disediakan, selanjutnya kamu juga akan diajarkan bagaimana cara keluar dari tempat parkir tanpa menyenggol kendaraan lain.

Kamu juga akan diajarkan teknik parkir pararel yang bisa dibilang lebih sulit bila ada mobil di depan dan belakang.

belajar mengemudi

Jalan raya

Tempat belajar mengemudi mobil terakhir adalah jalan raya, tapi tetap harus dengan paduan instruktur sekolah mengemudi dan feeling yang sudah oke.

Perlu diketahui, unit mobil yang disediakan sekolah mengemudi biasanya sudah dimodifikasi.

Jadi di jok penumpang depan atau tempat duduk instruktur ada pedal kopling dan rem untuk transmisi manual.

Baca juga: Transmisi Mobil Matik Harus di N Saat Berhenti Sementara?

Kamu akan diberi teknik mengemudi mobil sesuai dengan keadaaan, misalnya saat menghadapi kemacetan, berhenti dan melaju di tanjakan, hingga berjalan sesuai dengan batas kecepatan yang aman.

sertifikat SIM A

Sesuai Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 36 Tahun 1994 tentang Pendidikan Mengemudi Kendaraan Bermotor, pembelajaran praktek di sekolah mengemudi mobil harus memenuhi praktek mengemudi di lapangan, praktek mengemudikan kendaraan di jalan raya, dan praktek perawatan kendaraan bermotor.

Baca juga: Perbedaan Sanksi Tidak Memiliki SIM dan Tidak Membawa SIM

Secara keseluruhan, waktu pembelajaran di sekolah mengemudi minimal 80 jam dan maksimal 100 jam dengan pembagian 40 persen teori dan 60 persen praktek.

Jadi, bila belum mahir, jangan belajar mengemudi langsung di jalan raya ya.

Selain melanggar peraturan karena kamu belum punya SIM A, hal tersebut juga akan membahayakan buat diri sendiri dan pengguna jalan lainnya.