5 Makanan Super Enak Khas Simpang Lima Semarang, Apa Saja?

By Rismawati Idris - March 5, 2019

Bagi pecinta kuliner, Simpang Lima Kota Semarang adalah surga.  Setidaknya, ada 5 makanan super enak khas Simpang Lima yang wajib kamu coba!

 

Kawasan Simpang Lima merupakan jantung kota Semarang yang banyak diburu oleh wisatawan. Di kawasan tersebut semua hiburan rakyat tumpah ruah, mulai dari wisata in door dan kuliner khas jajanan Semarang menjadi satu, terutama saat malam hari, Simpang Lima berubah menjadi surga bagi  para pecinta kuliner.

 

Ditambah lagi, keberadaan kawasan Simpang Lima juga terbilang mudah dijangkau. Land mark Kota Semarang ini berada di antara jalan Pahlawan, Jalan Pandanaran, Jalan Ahmad Yani, Jalan Gajah Mada, dan Jalan KH A Dahlan sehingga wisatawan bisa dengan mudah berkunjung ke lokasi tersebut.

 

Dari sekian banyak makanan yang dijual di sana, Sejalan merekomendasikan 5 makanan super enak khas Simpang Lima. Apa saja, ya, kira-kira? Simak dulu ulasan berikut ini.

 

Nasi Ayam Bu Wido

Salah satu wisata kuliner khas kawasan Simpang Lima yang sangat terkenal di kalangan traveller ialah warung Nasi Ayam Bu Wido. Warung makan ini sudah berdiri sejak 1994 di sepanjang kawasan Simpang Lima, kota Semarang.

 

Banyak pengunjung yang datang ke warung ini untuk sekadar menyicipi makanan khas Nasi Ayam Bu Wido. Kamu bisa memesan makanan seperti, tahu opor, sayur labuh manis dengan krecek, atau opor ayam bubu kuning yang khas dengan santan dan rempah-rempahnya yang sangat gurih.

 

Selain itu, sebagai pendamping menu utama, Nasi Ayam Bu Wido juga menyediakan sate ayam dan usus. Kamu dijamin bakal kenyang menyantap satu porsi nasi ayam di sini, lho. 

 

Bagi kamu penyuka makanan pedas, kamu juga bisa memilih menu makanan pedas khas Bu Wido. Kamu bisa menyantap nasi ayam dengan balutan sambal rawit yang direbus dengan aneka bumbu.

 

Cabai yang direbus dan tidak di-ulek, tetapi dibiarkan utuh dan menyatu dengan bumbu kaldu ayam. Tentunya, makanan ini sangat gurih dan begitu pedas.

 

Bagaimana, kamu tertari mencobanya?

 

Buka: 16.00 WIB

Harga: Rp10.000

 

Bandeng Juana Pandanaran

Berada di jalan Pandanaran, bandeng khas kota Semarang ini merupakan makanan Kota Semarang yang banyak diburu wisatawan. Salah satunya ialah bandeng Juana Elrina. Banyak wisatawan yang datang ke toko tersebut untuk sekadar makan atau membeli oleh-oleh.

 

Bagi kamu yang berniat untuk menyicipi secara langsung, kamu bisa menyantap menu ikan bandeng yang fresh from the pan lengkap dengan nasi putih atau semangkuk tumis sayur. Langsung saja naik ke lantai dua toko bandeng dan kamu sudah bisa menyantap bandeng fresh khas kota Semarang restoran atas tersebut.

 

Bila kamu belum puas dan berniat menjadikannya sebagai oleh-oleh, kamu juga bisa membawa pulang varian olahan bandeng yang dijamin nikmat itu. Misalnya, abon bandeng, pepes bandeng asap, atau bandeng vacum. Aneka olahan bandeng tersebut banyak dijadikan sebagai oleh-oleh karena dapat bertahan hingga 3 bulan.

 

Buka: 06.30—22.00

Harga: mulai Rp35.000

 

Tahu Petis Prasojo

Menikmati sore hari di kawasan Simpang Lima rasanya tak lengkap bila tidak sambil mengisi perut dengan camilan. Yap, buat menemani sore harimu di kota Semarang, kamu bisa mengganjal perut dengan sekadar makan Tahu Petis Prasojo.

 

Camilan ini banyak diburu oleh masyarakat, apalagi oleh mereka yang menghindari makanan berat.  Salah satunya seperti Tahu Petis Prasojo atau yang dikenal juga dengan Gorengan Prasojo.

 

Jajanan pinggir jalan yang sudah berdiri sejak 1980-an ini tak hanya menjual tahu petis saja, tetapi menjual juga berbagai gorengan, seperti risoles dan pisang goreng. Namun, untuk menu jajanan andalannya sendiri ialah tahu petis tersebut.

 

Tahu petis yang dijual terkenal juara karena rasanya yang enak dan begitu gurih. Ditambah lagi adanya aroma udang yang cukup kuat dengan tekstur kental yang sangat menggugah selera.

 

Karena itu, kalau kamu sedang liburan di Semarang, kamu wajib mencoba tahu petis ini. Yummy!

 

Buka: 17.00

Harga: Rp2.000

 

Nasi Pecal Mbok Sador

Bagi kamu yang rindu makanan seperti pecel-pecelan, kamu bisa mendapatkannya di Simpang Lima. Kawasan aneka kuliner ini juga menghadirkan warung nasi pecel buatan Mbok Sador yang sudah melegenda sejak 1980 di kalangan traveller dan juga warga Kota Semarang.

 

Di warung makan ini, kamu bisa memasan menu pecel yang terkenal enak. Salah satu di antaranya, pecel sayur dengan aneka lauk pauk. Biasanya, lauk pauk dijadikan teman dari menu utama pecel seperti empal, babat, telur, perkedel, dan tahu-tempe yang bisa disantap bersama-sama.

 

Namun, untuk menambah nikmatnya makanan pecel, jangan sampai lupa untuk menambahkan sensasi kriyuk, seperti kerupuk atau peyek. Tentu makanan pecel kamu akan semakin nikmat, dong. 

 

Jadi, yuk, kita coba!

Buka: 17.00–00.00

Harga: Rp20.000

 

Nasi Goreng Babat Pak Karmin Mberok
Makan nasi goreng ayam ataupun sosis rasanya sudah biasa, ya. Nah, bagaimana kalau makan nasi goreng dengan paduan babat gongsong khas Semarang? Wajib dicobain, bukan?

 

Bagi kamu yang ingin menikmati kelezatan babat gongsong khas Semarang, kamu wajib kunjungi warung nasi goreng babat Pak Karmin ‘Mberok’. Warung ini juga menjadi salah satu warung makan yang legendari di Simpang Lima karena sudah berdiri sejak 1971.

 

Selain itu, babat gongso yang dijual juga diyakini para pembeli sangat kaya cita rasa dan gurih. Tak hanya itu, babat gongso juga disajikan dengan telur seporsi telur dadar sehingga akan membuat kamu kenyang.

 

Sepertinya enak, ya.

 

Buka: 17.00

Harga: Rp20.000-50.000

 

Dari 5 makanan super enak khas Semarang mana yang menggugah selera kamu? Untuk itu, kalau kamu berencana liburan ke Kota Semarang, yuk, diagendakan untuk mampir ke Simpang Lima.

 

Buat menjangkau Kota Semarang tersebut, kamu bisa pergi bareng Sejalan.  Sejalan bisa membantumu menjangkau Jabodetabek, Jawa Barat, dan Jawa Tengah dengan menggunakan travel maupun kendaraan pribadi dengan memberi tumpangan kepada teman yang searah denganmu.

 

Jadi, yuk, pesan perjalananmu bersama Sejalan sekarang!

Berita Terkait

Author

Perempuan Canggih. Pemuja keharmonisan, puisi, dan filologi.