5 Kelebihan Mesin Turbo di Mobil-Mobil Masa Kini

Tidak hanya mendongkrak tenaga mesin secara signifikan, ini 5 kelebihan mesin turbo yang kini banyak digunakan pada mobil terbaru.

Kelebihan mesin turbo kini banyak digunakan pada mobil-mobil terbaru. Malahan, harga mobil bermesin turbo semakin terjangkau. Ini menjadi keuntungan bagi konsumen otomotif di tanah air.

Secara teknis, dengan adanya turbo, tenaga mesin dapat meningkat, sejalan dengan risiko meningkatnya asupan bahan bakar minyak (BBM).

Baca juga: Sejarah dan Cara Kerja Mesin Turbo Pada Mobil-mobil Modern

Selain itu, ada beberapa kelebihan mesin turbo yang kini banyak digunakan pada mobil terbaru.

Tenaga mesin bertambah

Seperti yang disebutkan sebelumnya, semakin besar kapasitas dapur pacu, otomatis kebutuhan bahan bakar semakin meningkat.

Nah, fungsi turbo adalah untuk meminimalisir kendala tersebut.

Mesin berkubikasi kecil yang dibekali turbo dapat menyemburkan tenaga lebih besar jika dibandingkan mesin non-turbo, meskipun kapasitas mesinnya sama atau sedikit lebih besar.

Perbandingannya, mesin 1.000 cc yang didorong  turbo mampu menghasilkan tenaga hingga 98 PS pada putaran 6.000 rpm dan torsi 140 Nm pada putaran 2.400-4.000 rpm.

Baca juga: Tips Perawatan Mesin Turbo Toyota Raize dan Daihatsu Rocky

Jika tanpa bantuan turbo, mesin dengan kapasitas 1.000 cc hanya sanggup menghasilkan tenaga sekitar 65 PS pada 6.000 rpm dan torsi 88 Nm pada 3.600 rpm.

Lalu, adanya turbo di mesin 1.000 cc masih membuatnya lebih unggul bila dibandingkan dengan mesin berkapasitas 1.200 cc naturally aspirated (NA) yang bertenaga 88 PS dan torsi 107 Nm.

Jelas sekali bahwa kelebihan mesin turbo dapat membuat lonjakan tenaga dan torsi hingga 50% dari mesin non-turbo atau NA.

Bahkan, torsi dapat diperoleh di putaran mesin rendah. dan konstan hingga putaran tinggi.

Baca juga: Fitur Toyota Safety Sense, Bikin Berkendara Makin Aman

Fakta menarik lainnya, ternyata torsi 140 Nm pada mesin turbo setara dengan torsi mesin NA berkapasitas 1.500 cc.

campur BBM beda oktan

Konsumsi BBM irit

Kelebihan mesin turbo lainnya adalah meningkatkan efisiensi bahan bakar minyak (BBM) karena pembakaran di dalam mesin yang lebih sempurna.

Selain itu, komponen yang bergerak di dalam turbo hanya mengandalkan embusan udara dari gas buang sehingga tidak membebani mesin.

Baca juga: Efek Menggunakan Ban Balap untuk Rutinitas

Kelebihan mesin turbo dapat memberikan efisiensi penggunaan BBM pada dapur pacu diesel hingga 40%, sementara pada mesin bensin mencapai 20%.

Meski demikian, tingkat efisiensi BBM yang dihasilkan setiap mobil utamanya tergantung dari kebiasaan mengemudi dan kondisi jalan yang dilewati, termasuk kualitas bahan bakar yang digunakan.

Suara mesin lebih halus

Saat melaju di jalan, suara kendaraan bermesin turbo terdengar lebih halus dan senyap, karena peranti ini sekaligus berperan sebagai peredam tambahan.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Weight Reduction Mobil dan Keuntungannya

Gas buang justru dialihkan ke turbo dan tidak langsung diarahkan ke knalpot sehingga mampu menurunkan kebisingan suara mesin.

Justru yang terdengar adalah desingan turbo ketika berputar di RPM tinggi yang memberikan nuansa layaknya mobil balap.

Toyota Raize

Bobot mesin ringan

Teknologi turbo membuat mobil dengan kapasitas mesin kecil, misalnya 1.000 cc, mendapatkan performa yang setara dengan mesin 1.500 cc, plus irit BBM.

Turbo yang hanya terdiri dari dua bagian utama, yakni turbin dan kompresor, terbilang ringan serta efisien di ruang mesin, sehingga ukuran total mesin bisa dibuat lebih kompak, ringkas, dan ringan.

Baca juga: Copot Thermostat Mobil, Apa Efeknya untuk Jangka Panjang?

Kelebihan mesin turbo juga membuat mobil lebih nyaman dan mudah bermanuver di tengah kepadatan jalan.

Desain mobil ikut menjadi compact dan stylish tanpa mengorbankan kinerja mesin, walaupun bobotnya lebih ringan.

emisi gas buang

Emisi gas buang rendah

Selain dapat menciptakan efisiensi BBM, kelebihan mesin turbo adalah memberikan efek positif lain, yaitu mengurangi emisi gas buang.

Baca juga: Cara Kerja Rack Steer Mobil dan Mendeteksi Kerusakannya

Pasalnya, proses pembakaran di ruang mesin lebih sempurna sehingga menghasilkan emisi gas buang yang sangat rendah.

Jadi, tidak hanya mesin hybrid, tren mesin turbo kian meningkat dari waktu ke waktu seiring dengan semakin meningkatnya kepedulian terhadap lingkungan.

Mau beli mobil hybrid atau mobil turbo juga semakin mudah, tidak perlu keluar rumah. Gunakan saja Seva.id, yuk!

Beli Mobil Sekarang