4 Cara Mudah Belajar Menggunakan Mobil Matic

18 July 2019

Saat ini, dengan berkembangnya zaman sebagian orang memilih hal-hal yang nyaman dan praktis. Nah, salah satunya adalah dengan memilih mobil matic. Mobil matic dipilih sebagian orang karena praktis dan nyaman digunakan di jalanan perkotaan.

 

Cara mengemudi mobil matic tentu berbeda dengan mobil manual. Karena keduanya hadir dengan sistem berbeda. Dimana pada mobil matic tidak didapati pijakan kopling yang biasanya dibutuhkan untuk pergantian gigi pada mobil manual. Pada mobil matic Anda hanya akan menemukan dua pijakan, yakni pijakan gas dan rem.

 

Meski sebelumnya sudah fasih mengemudi mobil manual, tidak jarang didapati kaget saat harus mengemudi mobil matic. Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir karena mobil matic lebih mudah dipelajari. Jika Anda tertarik untuk menggunakan mobil matic, ada baiknya Anda mempelajari cara menggunakannya dengan baik. Berikut beberapa informasi cara menggunakan mobil matic yang bisa Anda jadikan referensi seperti:

BMW X7

Memahami Posisi dan Urutan Tuas

Cara menggunakan mobil matic yang pertama adalah Anda harus memahami posisi dan urutan tuas. Kenali betul pemindahan transmisi maju, mundur, dan menambah kecepatan. Hal ini penting seperlu menghindari kesalahan fatal saat mengemudi mobil matic.

 

Sebagian orang masih lupa dimana posisi tuas yang menyebabkan mobil terus melaju.

Membiasakan Diri dengan 2 Pijakan

Cara mengemudi mobil matic selanjutnya adalah Anda harus mulai membiasakan diri dengan 2 pijakan. Bila sebelumnya Anda kerap menggunakan mobil manual pertama kali mungkin akan merasa ada yang aneh. Tapi tenang hal ini bisa cepat Anda atasi.

 

Selanjutnya, Anda perlu membiasakan mengendalikan pijakan kaki terutama untuk pijakan gas. Lakukan latihan untuk melaju dengan kecepatan yang sesuai dan mengendalikan rem. Jangan injak gas terlalu dalam, Anda harus menginjak pijakan gas pelan-pelan.

 

Rem Dulu Baru Tuas Transmisi

Cara menggunakan mobil matic berikutnya adalah untuk biasakan rem terlebih dahulu sebelum menarik tuas transmisi. Biasakan diri Anda untuk menginjak rem lebih dulu baru tuas transmisi di posisi D. Hal ini diperlukan untuk mencegah mobil melaju sendiri. Hafalkan letak pijakan rem dan bedakan dengan gas, jangan sampai tertukar.

 

Mengendalikan Tuas Transmisi

Saat berada di jalanan padat, pindahkan tuas transmisi di posisi netral. Sehingga meski harus terjebak macet lama Anda tidak perlu kelelahan menginjak rem. Sementara jika tengah bergerak menanjak pastikan tuas transmisi di posisi L yang fungsinya sama seperti gigi pertama di mobil manual atau 2L gigi kedua.

 

Penggunaan kedua transmisi ini secara bergantian membantu berjalan dengan kecepatan tepat saat naik, menuruni jalanan, atau melaju kencang.

 

Nah, itulah 4 cara menggunakan mobil matic dengan mudah yang Anda bisa jadikan referensi ketika ingin belajar mengendarai mobil matic. Jika Anda tertarik mengenai informasi mengenai spare part, aksesoris dan info seputar dunia otomotif Anda bisa membacanya di Seva.id.

Seva.id sebagai Layanan online terpercaya otomotif hingga properti hadir untuk mempermudah dunia otomotif dan properti. Selain memberikan beragam informasi terbaru di bidang otomotif, perjalan, dan gaya hidup, Seva.id menawarkan pengalaman baru berupa kemudahan serta kenyamanan kepada pengunanya. Layanan tersebut meliputi penyediaan informasi mengenai jual mobil baru dan bekas, trade in atau tukar tambah mobil, kredit mobil dengan cicilan rendah, online booking service, request test drive secara online hingga lokasi dealer.

SHARE