3 Jenis Lampu Mobil yang Harus Diketahui

By Aulia Riski Chandra - Maret 26, 2019

Berkendara seolah menjadi kebutuhan yang tidak terpisahkan bagi sebagian orang untuk melakukan aktivitas sehari-sehari, dan karena mobilitas yang tinggi, kendaraan pun dioperasikan tanpa mengenal waktu. Dengan intensitas pemakaian yang tergolong tinggi, pengguna mobil dituntut untuk bertanggung jawab untuk memperhatikan berbagai aspek yang memengaruhi keselamatan dan kenyamanan selama berkendara, termasuk di dalamnya perkara kondisi mobil dan juga pengemudi.

 

Salah satu komponen mobil yang sangat vital dalam berkendara adalah lampu mobil. Lampu merupakan salah satu komponen paling penting dari sebuah mobil. Lampu berfungsi sebagai mata bagi pengemudinya di malam hari. Peran vital lampu tentu juga berpengaruh dari intensitas cahaya yang dihasilkan.

 

Terdapat beberapa jenis lampu mobil yang ada, oleh karena itu ada baiknya anda mengetahui jenis lampu mobil yang sesuai dengan mobil dan kebutuhan anda. Berikut beberapa jenis lampu mobil yang bisa anda pilih:

 

Halogen

Salah satu jenis lampu mobil yang bisa anda pilih adalah lampu halogen. Jenis lampu ini yang paling umum ditemukan dan digunakan pada mobil. Lampu halogen bekerja menggunakan filamen layaknya lampu pijar.

 

Halogen mengoperasikan filamen dalam suhu yang tinggi sehingga dapat memancarkan cahaya yang lebih terang dan suhu warna lebih tinggi dari lampu pijar rumahan. Biasanya lampu halogen digunakan pada lampu utama (headlamp) dan memiliki daya mulai dari 35-watt hingga 55 watt.

 

 HID (High Intensity Discharge)

Jenis lampu mobil berikutnya adalah lampu HID atau (High Intensity Discharge). Lampu ini tidak memiliki filamen seperti pada lampu halogen. HID bekerja dengan memanfaatkan pengapian gas Xenon yang ada di dalam tabung.

 

Lampu jenis ini memiliki intensitas cahaya yang lebih terang dan ketahanan lebih lama tanpa membutuhkan watt yang tinggi dibanding lampu halogen. Normalnya sebuah lampu HID memiliki daya 35 watt. Sayangnya untuk melakukan pergantian pada lampu HID lebih rumit, sebab ia menggunakan arus listrik yang berbeda dan memerlukan ballast untuk menyeimbangkannya.

 

LED (Light Emitting Diodes)

Jenis lampu mobil yang umum digunakan adalah lampu LED (Light Emitting Diodes). Lampu LED awalnya lebih banyak digunakan sebagai lampu penerang ruangan, lampu rem, maupun lampu plat nomor. Namun, saat ini sudah banyak digunakan sebagai lampu utama berkat teknologi yang semakin berkembang.

 

Kelebihan lampu LED adalah ketahanannya yang lebih baik serta intensitas cahaya yang didapat lebih terang dengan daya yang lebih kecil jika dibandingkan dengan lampu HID. Dalam pengaplikasiannya LED tidak membutuhkan ballast seperti HID, tetapi lampu LED tetap perlu penambahan relay maupun conversion kit yang normalnya sudah tersedia dalam satu paket saat pembelian.

 

Nah, itulah beberapa jenis lampu mobil yang bisa anda jadikan referensi pada mobil anda. Jika Anda tertarik mengenai informasi mengenai spare part, aksesoris dan info seputar dunia otomotif Anda bisa membacanya di Seva.id.

 

Seva.id sebagai layanan online terpercaya otomotif hingga properti hadir untuk mempermudah dunia otomotif dan properti. Selain memberikan beragam informasi terbaru di bidang otomotif, perjalanan, dan gaya hidup, Seva.id menawarkan pengalaman baru berupa kemudahan serta kenyamanan kepada pengunanya. Layanan tersebut meliputi penyediaan informasi mengenai jual mobil baru dan bekas, trade in atau tukar tambah mobil, kredit mobil dengan cicilan rendah, online booking service, request test drive secara online hingga lokasi dealer.

Berita Terkait

Author