Search Cars

Uncategorized

Waspada Aquaplaning Saat Berkendara, Begini Cara Mengatasinya!

Salah satu momok mengerikan bagi pengendara roda empat di musim hujan adalah aquaplaning. Namun, Anda tidak perlu panik, begini cara mengatasinya!

Hujan kini mulai sering datang, saatnya Anda mulai meningkatkan kewaspadaan saat berkendara. Salah satu bahaya yang selama ini kurang diperhatikan adalah bahaya yang disebabkan oleh genangan air yang bisa menimbulkan efek aquaplaning.

 

Aquaplaning merupakan kondisi dimana saat lapisan air menghalangi kontak permukaan ban dengan jalan. Hal itu mengakibatkan traksi roda akan berkurang dan Anda akan sulit melakukan pengereman sehingga kendaraan Anda pun akan sulit dikendalikan.

 

Baca juga: Saat Berkendara, Mending Neduh atau Terobos Hujan?

 

Mengapa efek yang timbul dari aquaplaning sangat berbahaya? Karena pada saat aquaplaning terjadi, ban seakan tidak menyentuh aspal lagi, dalam kondisi ini ban seperti melayang. Hal ini seringkali menimbulkan resiko kendaraan Anda tergelincir.

 

Kondisi ini akan semakin parah bila kendaraan yang digunakan melaju dengan kecepatan tinggi dan memiliki kondisi ban yang kurang baik. Tidak terkontrolnya laju kendaraanlah yang akhirnya memicu kecelakaan lalu lintas. Lalu apa yang harus dilakukan jika kendaraan Anda mengalami aquaplaning?

Kendalikan respon Anda

Ketika kendaraan Anda mengalami aquaplaning, mungkin secara refleks Anda akan melakukan hal-hal responsif yang tanpa Anda sadari dapat memperburuk keadaan bahkan membahayakan Anda. Sebaiknya kendalikan respon alami Anda. Selalu ingat bahwa kecerobohan justru akan membahayakan diri Anda.

 

Baca juga: Jarang Tahu, Fitur Ini Bermanfaat Saat Berkendara di Musim Hujan

Pahami situasi saat Anda tergelincir

Saat terjadi aquaplaning, kendaraan Anda akan berjalan dengan tidak semestinya, hal itu tergantung bagaimana Anda mengemudi dan roda mana yang mengalami aquaplaning.

 

Hal utama yang harus Anda lakukan saat mobil mulai tergelincir adalah mencoba tetap tenang dan tetap fokus. Lepaskan semua pedal secara perlahan. Jangan menginjak pedal gas maupun rem, karena hal ini bisa membuat kendaraan Anda semakin kehilangan kontrol.

 

Baca juga: Tips Memilih Ban yang Cocok untuk Musim Hujan

 

 

Jika terlanjur menginjak rem, maka cobalah untuk melakukan pengereman secara perlahan. Bagi kendaraan yang belum memiliki fitur ABS lakukanlah pengereman dengan gerakan memompa secara perlahan. Namun, jika kendaraan Anda sudah dilengkapi dengan fitur ABS biarkan sistem ABS bekerja untuk mengurangi kecepatan kendaraan Anda.

Arahkan mobil dengan hati-hati

Jika dirasa kecepatan kendaraan Anda sudah dalam posisi yang aman maka arahkan setir dengan hati-hati. Arahkan setir kearah yang benar agar Anda mendapatkan kembali kontrol terhadap kendaraan. Anda mungkin akan membutuhkan koreksi gerakan hingga beberapa kali sampai Anda mendapatkan kembali kontrol secara penuh.

 

Baca juga: 3 Teknik Menurunkan Kecepatan Mobil Tanpa Selip Saat Hujan

 

Setelah kendali sudah didapat secara penuh, barulah kendaraan diarahkan ke posisi yang lebih aman serta lakukan pengereman secara perlahan untuk mengurangi laju kendaraan.

 

Jangan mengandalkan perlambatan dari engine brake karena hal tersebut berpeluang memperparah kondisi selip. Perhatikan dengan seksama cara Anda memutar setir.  Jangan memutar terlalu tajam atau memutar terlalu banyak. Pegang setir dengan erat dan putar dalam putaran kecil.

 

Baca juga: Komponen Mobil yang Wajib Diperiksa Saat Musim Hujan Datang

 

Itulah beberapa cara yang bisa Anda terapkan pada saat terjadinya aquaplaning. Cara ini setidaknya dapat membantu Anda untuk meminimalisir resiko kecelakaan.

 

Seperti yang Anda ketahui efek yang ditimbulkan oleh aquaplaning sangatlah besar. Sudah menjadi kewajiban Anda untuk memeriksa kembali seluruh keadaan kendaraan demi keselamatan Anda sendiri dan juga orang lain.

 

Semoga setelah mengetahui cara mengatasinya, Anda bisa tetap tenang saat kondisi ini benar-benar terjadi. Semoga bermanfaat!

 

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.