Spesifikasi Mobil Panther yang Perlu Diketahui Sebelum Membelinya

02 May 2019

Berbicara mengenai kendaran roda empat dengan mesin diesel, maka Anda akan selalu teringat mobil Panther. Kendaraan ini dikategorikan sebagai mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) yang bisa digunakan di segala medan.

 

Secara khusus, Isuzu hanya memasarkan mobil ini di wilayah Asia seperti Vietnam, Filipina, India, dan Indonesia. Pasalnya, mayoritas masyarakat di daerah tersebut membutuhkan mobil dengan fungsi dan spesifikasi lebih.

 

Beberapa di antaranya yakni sasis ladder frame yang digunakan sehingga lebih kuat dan kokoh. Nah, bagi Anda yang membutuhkan kendaraan roda empat seperti ini, ada baiknya jika mengetahui secara jelas spesifikasi mobil Panther terlebih dahulu sebelum membeli. Apa saja? Yuk, simak ulasannya di bawah ini:

 

Ruang Kabin yang Nyaman

Salah satu syarat utama yang penting diperhatikan sebelum memiliki kendaraan roda empat ini adalah ruang kabin nyaman. Tidak hanya itu, desain interior Panther juga terbilang lega. Secara keseluruhan, mobil Panther ini mampu memuat penumpang hingga 8 orang.

 

Hal ini disebabkan oleh proses desainnya yang memang dikhususkan sebagai mobil keluarga. Ukurannya sendiri terdiri dari panjang 4.535 mm, lebar 1.770 mm, dan 1.920 mm dengan berat kosong mencapai 2.170 kg.

 

Kemampuan Mesin yang Handal

Di dapur pacu, spesifikasi mobil Panther tidak boleh dianggap remeh karena kemampuannya yang handal. Pasalnya, sudah bukan rahasia lagi jika mobil Panther yang diproduksi oleh Isuzu terkenal sebagai rajanya mesin diesel. Kapasitas silinder mobil ini menyentuh angka 2.500 cc.

 

Kendaran ini menerapkan mesin diesel tipe 4JA1L 2,5 liter Turbocharger dengan tenaga yang bisa dikeluarkan yakni sebesar 80 tenaga kuda di putaran 3.500 rpm. Adapun torsi yang mampu dihasilkan adalah 19,5 kgm di setiap putaran 1.800 rpm.

 

Konsumsi Bahan Bakar yang Irit

Meski performa mesinnya handal, bukan berarti kendaraan ini boros dalam penggunaan bahan bakar. Isuzu Panther cenderung mengonsumsi bahan bakar dengan irit. Hal ini disebabkan oleh teknologi Overhead Valve Engine Direct Injection yang disematkan padanya. Teknologi inilah yang membuat mobil Panther ini irit dan efisien dalam penggunaan bahan bakar.

 

Perawatan yang Gampang

Satu lagi nilai lebih dari Isuzu Panther yang bisa Anda pertimbangkan sebelum membeli mobil ini adalah perawatannya yang gampang. Padahal selama ini mobil bermesin diesel cenderung ribet dalam perawatannya. Beruntung, keadaan ini tidak berlaku pada mobil Panther.

 

Suku Cadang yang Terjangkau

Terakhir, spesifikasi mobil Panther lainnya yang harus diketahui yakni suku cadangnya. Pasalnya, Anda tentu tidak ingin kesulitan dalam mencari suku cadang jika terjadi sesuatu. Harga suku cadang yang ditawarkan kendaraan roda empat ini pun lebih terjangkau dan mudah ditemui.

 

Untuk sistem kemudi, kendaraan ini menerapkan Rack and Pinion with Electric Power Steering dengan rem depan Ventilated Disc dan rem belakang Drum Brake. Sementara suspensi depannya memakai Independent Double Wishbone dengan suspensi belakang yang memakai Rigid Axle per daun.

 

Nah, itu tadi beberapa hal yang perlu diperhatikan di mobil Panther sebelum membeli. Pastikan Anda mempertimbangkannya dengan matang sebelum memutuskan untuk membeli mobil tersebut. Beberapa pilihan mobil Isuzu incaran Anda dapat ditemukan di Seva.id.

SHARE