Sepak Terjang Daihatsu Xenia, Pelopor Mobil Keluarga Berkualitas

17 December 2018

Nama besar Daihatsu Xenia sebagai pelopor MPV memang telah banyak mencuri hati pengguna mobil di Indonesia, khususnya konsumen yang sudah keluarga. Terlebih, MPV merupakan mobil idaman keluarga Indonesia.

 

Mobil yang diproduksi bersama Astra Daihatsu Motor (ADM) dan Toyota Astra Motor (TAM) digagas dari adanya kemelut krisis moneter (krismon) tahun  1998/1999. Pasalnya, di tahun tersebut harga mobil kijang yang biasa hilir-mudik di jalan mengalami peningkatan harga hingga menjadi Rp180 juta.

 

Dampak dari krismon terhadap harga mobil itulah yang membuat ADM dan TAM bekerja sama menghasilkan mobil yang harganya murah, tetapi mewah.

 

Barulah pada tahun 2003, Daihatsu dan Toyota memasarkan dua merek mobilnya sekaligus, yaitu Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza yang hanya dihargai Rp70 juta. Mobil tersebut diluncurkan dalam acara Gaikindo Auto Expo dan laku terjual hingga 100.000 unit.

 

Segmentasi pasar Daihatsu Xenia

daihatsu new xeniaSeolah tahu akan kebutuhan konsumen, kedua produsen mobil tersebut jeli membuat mobil yang sesuai dengan kebutuhan konsumen. Hingga pada prosesnya, baik Daihatsu maupun Toyota, sama-sama berhasil memroses dan mengambil alih dominasi pasar.

 

Baca: Mobil MPV Keluarga

 

Faktor utama yang membuat Daihatsu Xenia dapat memegang kendali pasar adalah harganya terjangkau dan kualitas terbaik yang disematkan dalam mobil tersebut. Hal itu pun dibenarkan hingga kini, mobil pabrikan Daihatsu pun masih menjadi mobil terlaris di segmen low multi purpose vehicle (LMPV).

 

Akan tetapi, bagi Xenia sendiri menjadi mobil yang laris di pasaran tidak hanya berfokus pada harga jual yang relatif terjangkau saja.

 

Baca juga: Alasan Daihatsu New Xenia Cocok Buat Keluarga

 

Dengan mengusung konsep mobil “Standar Keluarga”, MPV, Xenia memanjakan konsumen dengan menyediakan interior kabin yang luas, yang dapat memuat 6—7 orang penumpang. Tidak hanya itu, untuk masalah keawetan bahan bakar, Xenia tidak perlu Anda ragukan lagi.

 

Hadirnya mesin 1,0 L 13 VVT-i diyakini dapat menghemat bensin sekalipun Anda dan keluarga harus menempuh perjalanan jauh.

 

 

Kemudian, jaringan bengkel Daihatsu juga menyebar luas di seluruh Indonesia. Artinya, jika mobil tersebut bermasalah, misalnya saat sedang liburan atau mudik, Anda tidak perlu khawatir dalam mencari bengkel Daihatsu.

 

Jaringan servis Daihatsu sudah menyebar rata di berbagai tempat di Indonesia.

 

Selain itu, beragam fitur terkini juga disematkan di Daihatsu Xenia seiring dengan semakin tingginya perkembangan teknologi. Sebut saja di dalam kabin, penumpang dan pengendara akan dihibur oleh 2 DIN 7 inchi touchscreen audio.

 

Jadi, penumpang tidak akan merasa bosan walaupun berlama-lama di dalam mobil atau sedang terjebak kemacetan.

 

Selain itu, penumpang dan pengendara juga dimanjakan dengan AC double blower dengan kualitas yang baik. Membuat siapapun yang menunggangi mobil ini semakin betah.

 

Dengan begitu, baik harga maupun kualitas yang diberikan Daihatsu Xenia sudah cukup menyakini para konsumen bahwa Xenia adalah mobil LMPV yang mampu menghadirkan pengalaman terbaik bagi setiap perjalanan Anda dan keluarga.

 

Perkembangan Xenia

Di awal kehadirannya, Daihatsu patut dikatakan berhasil mengubah segmentasi pasar akan karakter mobil yang memenuhi kebutuhan. Tentu hal itu dilihat dari bagaimana Daihatsu berhasil menjawab keresahan Anda akan meningkatnya harga mobil.

 

Jika melihat pada generasi pertama, Daihatsu Xenia mengenalkan tiga tipe mobilnya di Indonesia: Mi, Li, dan Xi. Mi dan Li adalah tipe mobil yang menggunakan mesin sama, yaitu mesin 1.0 L, sedangkan Xi berkasta tinggi karena menggunakan tambahan stabilizer di suspensinya.

 

 

Setelah berhasil mengembangkan generasi pertama, Daihatsu Xenia pun kembali memasarkan generasi kedua di tahun 2011.

 

Di generasi keduanya itu, Daihatsu cukup kredibel dan percaya diri menerbitkan empat jenis mobil turunan dari Mi, Li, dan Xi di atas. Mobil ini pun yang mungkin kerap hilir mudik menemani perjalanan Anda saat ini.

 

Tentu, dari keempat mobil yang diproduksi pada generasi kedua terbilang sangat progresif dibanding generasi pertama. Hal itu dapat Anda lihat dari munculnya berbagai penyegaran inovasi yang disematkan. Salah satunya ialah AC double blower.

 

Baca juga: Alasan Daihatsu New Xenia Cocok untuk Keluarga Indonesia

 

Selain itu, dikembangkan pula aksesoris khusus dan teknologi VVT-i yang membuat Xenia terlihat lebih mewah dan semakin ramah lingkungan.

 

Dengan begitu, peningkatan yang dilakukan oleh Daihatsu Xenia dari masa kemunculan hingga kini, dapat membuat kita yakin bahwa Daihatsu sebagai produsen mobil memang sangat fokus dalam mengedepankan kenyamanan konsumen.

 

Oleh karenanya, sepak terjang Daihatsu sebagai produsen MPV tidak perlu diragukan lagi. Bagaimana, siap berkendara dengan keluarga bersama Daihatsu Xenia?

SHARE