Sejarah Toyota Vios, Sedan Kompak Bermesin Handal

By Amalia Kartika - Februari 18, 2021

Sedan kompak ini memberi warna tersendiri pada industri otomotif di Indonesia. Bagaimana sejarah Toyota Vios selengkapnya?

sejarah toyota vios

Sejarah Toyota Vios di Indonesia terukir sejak PT Toyota Astra Motor (TAM) pertama kali menghadirkannya  pada tahun 2003. Sedan kompak ini menggantikan Toyota Soluna pada yang masa baktinya berakhir di tahun 2000.

Nama Vios sendiri berasal dari bahasa Latin ‘vio’ yang berarti ‘melangkah ke depan’. Keandalan Toyota Vios juga sudah terbukti lantaran dipercayakan sebagai armada taksi dengan nama Toyota Limo.

Saat ini, hanya ada dua varian Toyota Vios yang dipasarkan oleh PT TAM, yakni varian E dan G dengan kapasitas mesin 1.500 cc berbekal teknologi Dual VVT-i, masing-masing bertransmisi manual 5-percepatan dan CVT otomatis.

Baca juga: Perbedaan Harga dan Varian Toyota Rush Paling Lengkap

Lalu bagaimana sejarah Toyota Vios mulai dari desain, spesifikasi, dan fitur? Semua ada di bawah ini.

sejarah toyota vios

Generasi pertama (2003-2007)

Seperti tersebut di atas, sejarah Toyota Vios di Indonesia dimulai saat generasi pertamanya resmi mengaspal pada tahun 2003.

Sedan kompak ini menggendong mesin dengan kode 1NZ-FE berkapasitas 1.500 cc, atau tepatnya 1.496 cc, 4 silinder DOHC dengan teknologi VVT-i.

Di atas kertas, mesin tersebut digadang mampu menghempaskan tenaga sebesar 109 daya kuda di 6.000 rpm dan torsi 141 Nm di 4.200 rpm.

Baca juga: Sejarah Toyota Land Cruiser dan Serinya yang Melegenda

Toyota Vios merupakan salah satu mobil Toyota yang paling lama menggendong mesin berkode 1NZ-FE, tercatat sejak 2003 hingga 2016. Bukan tanpa alasan, mesin ini memang terkenal akan ketangguhannya.

Kemudian fitur yang bisa didapatkan pada Toyota Vios generasi pertama antara lain head unit 2DIN, AC analog, power window, electric mirror, serta sistem pengereman dengan sistem rem antiterkunci atau ABS.

Dua tahun masuk ke Indonesia, Toyota memberikan facelift pada Toyota Vios berupa perubahan desain grille menggunakan kontur V, lampu sein yang disematkan pada fender, serta interior baru berwarna beige.

Berita Terkait

Author