Sejarah Toyota Vios, Sedan Kompak Bermesin Handal

Sedan kompak ini memberi warna tersendiri pada industri otomotif di Indonesia. Bagaimana sejarah Toyota Vios selengkapnya?

sejarah toyota vios

Sejarah Toyota Vios di Indonesia terukir sejak PT Toyota Astra Motor (TAM) pertama kali menghadirkannya  pada tahun 2003. Sedan kompak ini menggantikan Toyota Soluna pada yang masa baktinya berakhir di tahun 2000.

Nama Vios sendiri berasal dari bahasa Latin ‘vio’ yang berarti ‘melangkah ke depan’. Keandalan Toyota Vios juga sudah terbukti lantaran dipercayakan sebagai armada taksi dengan nama Toyota Limo.

Saat ini, hanya ada dua varian Toyota Vios yang dipasarkan oleh PT TAM, yakni varian E dan G dengan kapasitas mesin 1.500 cc berbekal teknologi Dual VVT-i, masing-masing bertransmisi manual 5-percepatan dan CVT otomatis.

Baca juga: Perbedaan Harga dan Varian Toyota Rush Paling Lengkap

Lalu bagaimana sejarah Toyota Vios mulai dari desain, spesifikasi, dan fitur? Semua ada di bawah ini.

sejarah toyota vios

Generasi pertama (2003-2007)

Seperti tersebut di atas, sejarah Toyota Vios di Indonesia dimulai saat generasi pertamanya resmi mengaspal pada tahun 2003.

Sedan kompak ini menggendong mesin dengan kode 1NZ-FE berkapasitas 1.500 cc, atau tepatnya 1.496 cc, 4 silinder DOHC dengan teknologi VVT-i.

Di atas kertas, mesin tersebut digadang mampu menghempaskan tenaga sebesar 109 daya kuda di 6.000 rpm dan torsi 141 Nm di 4.200 rpm.

Baca juga: Sejarah Toyota Land Cruiser dan Serinya yang Melegenda

Toyota Vios merupakan salah satu mobil Toyota yang paling lama menggendong mesin berkode 1NZ-FE, tercatat sejak 2003 hingga 2016. Bukan tanpa alasan, mesin ini memang terkenal akan ketangguhannya.

Kemudian fitur yang bisa didapatkan pada Toyota Vios generasi pertama antara lain head unit 2DIN, AC analog, power window, electric mirror, serta sistem pengereman dengan sistem rem antiterkunci atau ABS.

Dua tahun masuk ke Indonesia, Toyota memberikan facelift pada Toyota Vios berupa perubahan desain grille menggunakan kontur V, lampu sein yang disematkan pada fender, serta interior baru berwarna beige.

sejarah toyota vios

Generasi kedua (2007-2013)

Sejarah Toyota Vios generasi kedua muncul pada tahun 2007 menggunakan desain yang mirip dengan saudara hatchback-nya, yaitu Toyota Yaris.

Baca juga: Sejarah Toyota Starlet hingga Berevolusi Menjadi Toyota Yaris

Toyota memberikan peningkatan dengan menambah kapasitas kabin pada Toyota Vios generasi kedua ini. Kemudian sistem suspensi juga di-upgrade, dan ada beberapa tambahan fitur lainnya untuk memberikan kenyamanan berkendara dari generasi sebelumnya.

Fitur keselamatannya pun semakin lengkap dengan tambahan fitur EBD (Electronic Brake Force Distribution) dan BA (Brake Assist) serta collapsible steering column juga tersemat pada semua varian.

Di bagian dapur pacu, sedan kompak ini masih mengusung mesin berkode 1NZ-FE. Toyota Vios generasi kedua akhirnya mendapatkan teknologi Intelligent Drive by Wire ETCS-i untuk konsumsi bahan bakar yang lebih irit.

Toyota Vios generasi kedua ini juga mendapatkan facelift pada bulan April tahun 2010 dengan ubahan pada grille chrome, foglamp, desain velg baru, tampilan lampu belakang baru, ditambah lis chrome pada eksterior belakang.

Baca juga: Mengenal Toyota Corolla dari Generasi ke Generasi

Selain memiliki pola jok baru, Toyota Vios varian TRD Sportivo pun diperkenalkan dengan berbagai tambahan aksesoris yang membuatnya tampil lebih sporty.

mobil keluarga

Generasi ketiga (2013-sekarang)

Dalam sejarah Toyota Vios, generasi ketiga diluncurkan pada bulan Mei 2013 di Indonesia. Kemudian sedan kompak ini mulai dirakit di pabrik kedua Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) di Karawang, Jawa Barat pada akhir tahun 2013.

Pada generasi ketiga, Toyota Vios mengalami perubahan yang cukup signifikan dengan bodi lebih panjang berdimensi 4.410 milimeter. Di bagian front headlamp dan grille punya desain lebih tipis yang tampak tajam. Lekukan di bagian sampingnya pun semakin menonjolkan kesan sporty dan elegan.

Baca juga: Sejarah Toyota Alphard, MPV Premium Terlaris di Indonesia

Untuk dapur pacunya masih dibekali dengan mesin berkode 1NZ-FE, namun pada 2016 diberikan penyegaran dengan mesin baru berkode 2NR-FE dengan teknologi Dual VVT-i.

Mesin tersebut diklaim lebih bertenaga, 107 daya kuda dan torsi 141 Nm, serta irit dalam konsumsi bahan bakar minyak.

Fitur baru di Toyota Vios facelift ditambahkan, seperti paddle shift dan mode Eco/Sport di varian CVT. Selain itu, disematkan pula sistem smart engine Start/Stop Button serta AC digital auto climate control.

Ubahan yang signifikan terdapat di fitur keselamatannya, mulai dari 7 SRS Airbag, Vehicle Stability Control (VSC) yang dapat mencegah mobil melintir, dan Hill Start Assist (HAS) yang membantu mobil melewati tanjakan.

Baca juga: Sejarah Toyota Corona dari Generasi ke Generasi

Saat ini, Toyota New dijual dalam dua varian. Untuk harga Toyota New Vios E CVT Rp 324.950.000. Sementara harga Toyota Vios G M/T Rp 330.750.000, dan terakhir harga Toyota Vios G CVT yang dibanderol Rp 346.850.000.

Harga Toyota Vios

mobil keluarga

Harga Toyota Vios bekas

Bagi yang sedang mencari Toyota Vios bekas berkualitas, kamu bisa menemukannya di Pilihan Expert Seva.id, di antaranya seperti Toyota Vios 1.5 G A/T tahun 2010 yang memiliki jarak tempuh 113.000 kilometer dijual dengan harga Rp 100.000.000.

Lihat Mobil

Lalu ada juga Toyota Vios 1.5 G A/T tahun 2013 berjarak tempuh 73.000 kilometer dibanderol Rp 123.000.000 atau Toyota Vios 1.5 G A/T tahun 2015 dengan jarak tempuh 76.000 kilometer yang bisa kamu bawa pulang dengan membayar sebesar Rp 140.0000.

Selain itu masih banyak pilihan Toyota Vios bekas lainnya yang bisa kamu temukan di Pilihan Expert Seva.id. Sebagai informasi tambahan, semua mobil bekas yang ada di Pilihan Expert sudah diinspeksi dan dicek oleh inspektur berpengalaman secara detail dan menyeluruh.

Baca juga: Sejarah Toyota Camry, Mobil Wajib Pejabat Negara

Inspektur juga memeriksa kondisi mobil, mulai dari kondisi fisik, performa mesin, keaslian dokumen kendaraan, riwayat servis, dan kelengkapan mobil lainnya.

Tidak sampai di situ, mobil pun dijamin tidak pernah mengalami tabrakan berat dan kebanjiran, odometer asli, nomor mesin, dan rangka sesuai dengan dokumen kendaraan, dan lain sebagainya.

Jadi tunggu apalagi, saatnya kamu temukan Toyota Vios bekas di Pilihan Expert Seva.id.

Toyota Vios Bekas

 

Ditulis oleh: Fikri Ramadhan dan Amalia Kartika