Search Cars

Uncategorized

Rutin Cek Kampas Rem Terios New untuk Keamanan Maksimal

Rutin Cek Kampas Rem Terios New untuk Keamanan Maksimal. Merawat mobil bukan hanya soal menjaga penampilan luar agar tetap kinclong, tetapi juga memastikan semua komponen vital berfungsi dengan baik. Salah satu komponen yang sering kali terlupakan namun sangat penting adalah kampas rem. Jika kamu mengendarai Terios New, rutin memeriksa kampas rem adalah langkah bijak untuk memastikan keamanan dan kenyamanan saat berkendara. Nah, artikel ini akan membahas mengapa cek kampas rem itu penting, bagaimana cara memeriksanya, dan kapan sebaiknya kampas rem diganti.

Rutin Cek Kampas Rem Terios New untuk Keamanan Maksimal

Baca Juga : Ban Terios New mu Gundul? Jangan Dipakai Travelling!

Kenapa Kampas Rem Penting untuk Diperiksa?

Kampas rem merupakan salah satu komponen krusial dalam sistem pengereman mobil. Mereka bekerja dengan cara menciptakan gesekan terhadap rotor atau drum untuk memperlambat atau menghentikan kendaraan. Tanpa kampas rem yang berfungsi dengan baik, kemampuan mobil untuk berhenti dengan aman akan berkurang drastis.

1. Keamanan Berkendara

Kampas rem yang aus bisa mengurangi daya cengkeram rem, sehingga mobil membutuhkan jarak lebih jauh untuk berhenti. Hal ini bisa sangat berbahaya, terutama dalam situasi darurat atau di jalan yang ramai.

2. Kenyamanan Berkendara

Kampas rem yang baik tidak hanya membuat mobil lebih aman, tetapi juga memberikan kenyamanan saat berkendara. Kamu tidak perlu khawatir akan adanya suara berdecit atau getaran saat menginjak rem.

3. Mencegah Kerusakan Lebih Lanjut

Kampas rem yang aus dan tidak diganti bisa menyebabkan kerusakan pada rotor atau drum rem. Jika dibiarkan terlalu lama, kamu mungkin harus mengganti komponen yang lebih mahal dan kompleks.

Baca Juga : Siap-siap Mudik Lebaran dengan Terios New

Tanda-tanda Kampas Rem Perlu Diperiksa atau Diganti

Untuk memastikan kampas rem Terios New kamu tetap dalam kondisi prima, ada beberapa tanda yang perlu diperhatikan

1. Suara Berdecit atau Berderit

Jika kamu mendengar suara berdecit saat menginjak rem, ini bisa menjadi tanda kampas rem mulai aus dan harus segera diperiksa.

2. Getaran saat Menginjak Rem

Getaran pada pedal rem bisa menjadi indikasi bahwa kampas rem sudah tidak rata atau ada kotoran yang menempel. Hal ini bisa mengurangi efektivitas pengereman dan harus segera ditangani.

3. Pedal Rem yang Terasa Keras atau Lunak

Perubahan pada pedal rem, baik itu terasa lebih keras atau lebih lunak dari biasanya, bisa menunjukkan adanya masalah pada kampas rem atau sistem pengereman secara keseluruhan.

4. Mobil Menarik ke Satu Sisi saat Menginjak Rem

Jika mobil cenderung menarik ke satu sisi saat kamu menginjak rem, ini bisa menjadi tanda bahwa kampas rem di salah satu sisi lebih aus daripada yang lain.

Kapan Sebaiknya Mengganti Kampas Rem?

Sebaiknya kampas rem diganti setiap 20.000 hingga 30.000 kilometer, tergantung pada gaya berkendara dan kondisi jalan yang sering dilalui. Jika kamu sering berkendara di daerah perkotaan dengan banyak berhenti-mulai, kampas rem mungkin perlu diganti lebih sering. Selain jarak tempuh, perhatikan juga tanda-tanda yang sudah disebutkan di atas untuk menentukan apakah kampas rem perlu diganti lebih cepat.

Tips untuk Merawat Kampas Rem agar Tahan Lama

Merawat kampas rem tidak hanya memastikan keamanan, tetapi juga bisa menghemat biaya perawatan jangka panjang. Berikut beberapa tips untuk menjaga kampas rem agar tetap awet

1. Hindari Pengereman Mendadak

Pengereman mendadak tidak hanya membahayakan, tetapi juga bisa menyebabkan kampas rem cepat aus. Cobalah untuk berkendara dengan lebih halus dan perhatikan jarak dengan kendaraan di depan.

2. Gunakan Rem Secara Bertahap

Saat mengurangi kecepatan, gunakan rem secara bertahap untuk menghindari panas berlebih pada kampas rem yang bisa mempercepat keausan.

3. Jaga Kebersihan Kampas Rem

Kotoran atau debu yang menempel pada kampas rem bisa menyebabkan pengereman tidak efektif dan mempercepat keausan. Pastikan kampas rem selalu bersih dengan memeriksa dan membersihkannya secara berkala.

4. Periksa Sistem Rem Secara Berkala

Selain kampas rem, pastikan sistem rem lainnya seperti kaliper dan selang rem dalam kondisi baik. Periksa juga cairan rem secara rutin dan ganti jika sudah kotor atau kadaluarsa.

Itulah Alasan Rutin Cek Kampas Rem Terios New untuk Keamanan Maksimal. Merawat kampas rem Terios New adalah salah satu langkah penting untuk menjaga keamanan dan kenyamanan berkendara. Dengan rutin memeriksa dan mengganti kampas rem sesuai kebutuhan, kamu tidak hanya memastikan mobil tetap dalam kondisi prima, tetapi juga melindungi diri dan keluarga saat di jalan. Jadi, jangan lupa untuk rutin cek kampas rem dan pastikan semua komponen mobil berfungsi dengan baik agar perjalananmu selalu aman dan nyaman.

Tertarik Beli Mobil di SEVA??

Yuk isi informasi kamu dan langsung ngobrol dengan agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.
Agen kami akan segera menghubungi kamu dalam 1x24 jam.
Mohon maaf, terjadi kendala jaringan. Silakan coba kembali.
Kamu sudah meminta OTP. Mohon tunggu beberapa saat sebelum meminta OTP baru.
Verifikasi Nomor Kamu
Terlalu banyak percobaan OTP. Silahkan ulangi beberapa saat lagi.
Mohon tunggu 2:00 detik untuk kirim ulang.
Belum menerima kode verifikasi?
Kirim ulang

Jelajahi Layanan SEVA

Mobil Baru

Pilih mobil impian kamu dari berbagai merek dengan jaminan kualitas Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Mobil Bekas

Beli mobil bekas berkualitas dengan pembiayaan dari Astra

Pelajari Lebih Lanjut

Fasilitas Dana

Solusi untuk kebutuhan dana langsung cair dengan jaminan BPKB mobil

Pelajari Lebih Lanjut

Layanan Surat Kendaraan

Urus surat kendaraanmu dengan mudah dan nyaman

Pelajari Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.