Review Sushi Hiro, Restoran Sushi Kekinian di Jakarta

11 May 2018

Para pecinta masakan Jepang, terutama sushi, kini dihadapkan dengan dilema dengan banyaknya restoran yang menyajikan menu tersebut.

 

Di Jakarta, ada ratusan restoran Jepang yang menyajikan sushi sebagai menu utamanya. Mulai dari restoran kaki lima hingga bintang lima.

 

Dengan banyaknya pilihan, restoran juga berlomba-lomba untuk menarik pelanggannya. Salah satu yang kekinian adalah Sushi Hiro yang kini telah memiliki cabang di Pantai Indah Kapuk, Kelapa Gading, dan Senopati.

 

Penasaran, kami pun coba menyambangi dan mencicipi Sushi Hiro cabang Senopati yang berlokasi di Jalan Suryo no. 24, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Restoran ini buka mulai pukul 11.00 hingga 21.30.

 

Jangan khawatir untuk Anda yang datang dengan membawa kendaraan, restoran ini memiliki ruang parkir yang luas. Kalau pun penuh, seperti saat kami tiba di jam makan siang, Anda tak perlu khawatir karena di sini juga disediakan layanan valet parking yang pastinya sangat memudahkan.

 

Cantik dan mewah

Bagi yang pertama kali datang, pasti akan bingung di mana letak pintu masuknya, kami pun mengalami hal yang sama. Dari luar, terpampang jendela dengan kaca yang luas sehingga dengan jelas terlihat bagian interiornya. Untuk masuk, terdapat sebuah lorong di kiri bangunan dengan pintu kayu berdesain ala rumah di Jepang.

 

Baru, setelah masuk, kami disajikan dengan deretan meja rapi yang berjejer. Kapasitas restoran ini hanya 150 orang saja, termasuk di bagian mezzanine. Tak hanyaitu, untuk pertemuan atau tamu rombongan yang membutuhkan ruang privasi, terdapat tiga ruangan dengan kapasitas masing-masing delapan orang.

 

Meski tidak terlalu luas, namun interior restoran ini terlihat lapang berkat langit-langit yang tinggi. Agar terlihat lebih dekoratif, langit-langit ini dihiasi dengan bunga-bunga berwarna putih yang terbuat dari kertas. Hal ini mengingatkan kami akan musim gugur di Jepang, saat bunga-bunga sakura yang semula berwarna putih akan berganti warna menjadi merah muda sebelum akhirnya berguguran. Cantik dan mewah!

 

Secara keseluruhan, interiornya didominasi oleh ornamen kayu yang menghadirkan nuansa restoran tradisional di Jepang pada umumnya. Hadirnya sushi bar, tempat koki meracik sushi pesanan, yang dihiasi oleh gentong penampungan sake, seakan menegaskan kesan tersebut.

 

Di sini Anda juga dapat melihat bahan-bahan untuk sushi yang sangat segar seperti daging ikan salmon, tuna, udang, unagi, bahkan wagyu. Di sisi lain terdapat bar untuk meracik minuman.

 

Penyajian Kekinian

Tanpa menunggu lama, kami pun langsung dihampiri oleh staf pelayan yang membawakan buku menu Sushi Hiro, menu makanan dan minuman. Dari sini kami tahu, meski mengedepankan nuansa restoran tradisional Jepang, menu yang ditawarkan adalah fusion, tradisional dengan inspirasi modern.

 

Dengan ramah, staf pelayan tadi membantu kami untuk memesan menu-menu andalan yang ditawarkan Sushi Hiro. Untuk pembuka kami pesan Kani Mentai Maki, berupa sushi roll yang berisi crab stick dengan saus mayones di atasnya. Dalam satu piring, menu ini berisi enam potong sushi. Sebagai teman, tersedia shoyu atau kecap asin khas Jepang, wasabi, dan cabai bubuk.

 

Selanjutnya, kami juga memesan Salmon Volcano Roll, Crispy Rice Volcano Roll, dan Beef Volcano Roll, yang semuanya tergolong fusion sushi. Kami pun meminta penyajian menu-menu ini untuk ditata di atas anak tangga kayu.

 

Penyajian ini yang membedakan Sushi Hiro dengan restoran sushi atau restoran Jepang lainnya, sehingga menjadi ciri khas tersendiri dan pastinya kekinian karena menarik untuk difoto.

 

Sebenarnya untuk penyajian dengan cara seperti ini ada paket menunya sendiri, namun Anda bisa mengkreasikannya sesuai selera asal jumlahnya enam potong sushi.

 

Selain penyajian dengan anak tangga kayu ada juga yang berbentuk rumah kayu. Bedanya untuk menu ini harus delapan potong sushi. Kami pun memesan Salmon Mentai Roll.

 

Untuk rasa, memang sudah tidak diragukan lagi. Tidak heran bila restoran ini selalu penuh diserbu pengunjung. Kesegaran tiap bahannya benar-benar terjaga. Begitu masuk dan gigitan pertama semuanya langsung “meleleh” dan seakan “meledak” di mulut. Menyatu! Dagingnya juga lembut, mengunyahnya tanpa perlu tenaga lebih.

 

Segar-segar

Untuk minuman, kami pesan Nutella-Chocolate Exxxtasy yang manisnya pas, tak hanya orang dewasa, anak-anak juga pasti akan menyukai minuman ini. Sebagai sensasi segar, kami juga pesan Sunset Groove, campuran sirup mangga dan kelapa dengan soda di dalamnya.

 

Sebelum meminta bill, kami putuskan untuk memesan hidangan pencuci mulut, Hiro’s Ice Cream. Di semangkuknya berisi es krim vanila, jeli, mochi,  dan racikan kacang merah khas Jepang.

 

Tentunya, selain menu-menu yang kami pesan, Sushi Hiro sederet menu lainnya seperti aneka pilihan salad, sashimi, ramen, udon, temaki, nasi kari, dan masih banyak lainnya. Sementara minumannya tersedia aneka mocktail, cocktail, sake, selain minuman bersoda dan ocha.

 

Harga Sushi Hiro pun variatif, mulai dari Rp 20.000, belum termasuk pajak pertambahan nilai dan pajak pelayanan.

 

Tertarik mencoba?

Author

Sing with me, sing for the year. Sing for the laughter and sing for the tear. Sing with me, it's just for today. Maybe tomorrow the good Lord will take you away. - Dream On, Aerosmith -

SHARE