Perbedaan Toyota New Avanza 2019 dengan Generasi Sebelumnya

15 January 2019

Setelah ditunggu-tunggu masyarakat Indonesia, akhirnya PT Toyota-Astra Motor (TAM) hari ini,  Selasa (15/01) meluncurkan mobil baru setelah Toyota All New Camry, yakni Toyota New Avanza dan Toyota New Veloz dengan penampilan semakin mewah dan stylish.

 

Terhitung sejak diperkenalkan pada akhir 2003 dan resmi dipasarkan pada awal 2004, Toyota Avanza menjadi mobil MPV dengan penjualan terbanyak dengan membukukan total penjualan lebih dari 1,7 juta unit di 15 tahun kehadirannya di Indonesia. Hal ini menjadikan Toyota Avanza sebagai mobil paling laris sepanjang masa di Indonesia.

 

Hal tersebut dapat tercapai karena Toyota Avanza adalah mobil yang customer oriented, dikembangkan dan diproduksi untuk memenuhi kebutuhan pasar Indonesia.

 

Serangkaian survei dilakukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia terhadap sebuah kendaraan untuk keluarga. Demi memastikan hal itu tercapai, tim Toyota secara langsung turun ke lapangan hingga pelosok daerah, dengan tujuan mendapatkan informasi paling akurat.

 

Di 15 tahun kehadirannya, Toyota New Avanza dan Toyota New Veloz kini memang tampil lebih modern, lebih lengkap, dan juga lebih nyaman, tanpa meninggalkan DNA utamanya yang memang sudah diterima dengan baik oleh pengguna dan menjadi salah satu faktor keberhasilan produk kendaraan terlaris di Indonesia.

 

Lalu, apa saja yang berbeda dari Toyota New Avanza dan Toyota New Veloz dengan generasi sebelumnya? Berikut di antaranya.

 

Interior

Kenyamanan menampung 7 orang tetap dipertahankan dari generasi ke generasi Toyota Avanza dan Toyota Veloz. Perbedaannya dengan generasi lalu pun mencolok. Di sisi interior Toyota New Avanza dan Toyota New Veloz menggunakan desain dashboard serta jok yang baru.

 

Dashboard Toyota New Avanza dan Toyota New Veloz kini lebih mewah. Untuk pengemudi, tampilan panel instrumen pun hadir lebih modern dan mudah dibaca informasinya.

 

Desain pengaturan AC misalnya, bila dulu menggunakan analog putar, kini sudah digital dan mudah dioperasikan. Sementara untuk hiburan Toyota New Avanza varian G dan Toyota New Veloz dibekali audio head unit 2 DIN berlayar sentuh dengan steering switch.

 

Semua varian juga sudah terpasang 6 buah speaker, console box yang dilengkapi illumination lamp, power slot (row 1 dan 2), dan USB port (row 3) untuk mengisi daya smartphone atau gadget.

Pada Toyota New Veloz bahan stitching-nya berwarna merah menegaskan nuansa yang sporty di kabin.

 

Fitur yang tidak ada di generasi lalu adalah fitur teknologi lampu follow me home light yang memberikan pencahayaan saat malam hari untuk pemilik kendaraan pada saat memasuki hunian.

 

Oh iya, untuk masuk ke Toyota New Veloz kini mudah dan praktis. Dalam keadaan mobil terkunci, kami cukup kantongi kunci, tekan tombol yang ada di handle pintu, lalu tarik, pintu pun terbuka. Untuk menyalakan mesin mobil pun cukup tekan start/stop button. Mewah!

 

Smart key dengan akses keyless yang canggih ini pun digunakan pada mobil keluaran Toyota lain, semisal Toyota All New C-HR.

 

Eksterior

Perubahan mendasar pada penampilan Toyota New Avanza dan Toyota New Veloz terlihat pada bagian depan yang tampak semakin kokoh, stylish, dan modern.

 

Desain tampak depan kedua mobil baru ini terinpirasi dari MPV kelas atas Toyota, seperti Toyota Alphard, Toyota Vellfire, dan Toyota Voxy.

 

Semua varian, untuk lampu utamanya, kini menggunakan teknologi LED dan ditunjang dengan desain garnish yang menarik mampu mengekspresikan sorotan yang tajam dan ramping.

 

Bumper depan tampil kian berkarakter dipadu dengan desain rumah lampu kabut yang tajam menonjolkan desain yang kuat dan modern.

 

Sementara, tampilan yang lebih kuat terlihat pada Toyota New Veloz. Desain trapesium pada grille-nya, menjadikan Toyota New Veloz terlihat lebih gagah dan semakin stylish.

 

Beralih ke bagian samping, yang terlihat jelas adalah kini Toyota New Avanza dan Toyota New Veloz menggunakan desain spion yang mirip dengan yang digunakan pada Toyota All New Rush. Desainnya lebih meruncing pada ujungnya dengan lampu sein, tidak lagi membulat seperti generasi sebelumnya. Untuk visibilitas dari bangku pengemudi pun jauh lebih luas.

Selain dapat diatur otomatis, spion ini juga kini memiliki fitur auto retract atau melipat otomatis (Toyota New Avanza G dan Toyota New Veloz) hanya dengan menekan tombol atau ketika mobil dikunci saat ditinggalkan. Fitur yang tidak ada di Toyota Avanza dan Toyota Veloz terdahulu.

 

Garis bodi yang melewati lampu depan terus ke samping memberikan kesan penampilannya menjadi lebih panjang dibandingkan pendahulunya. Penyegaran pada velg makin memperkuat penampilan Toyota New Avanza dan Toyota New Veloz yang semakin berkelas.

 

Di belakang, atap Toyota New Avanza dan Toyota New Veloz tidak lagi polos sebab sudah bercokol antena radio bergaya shark fin yang kekinian. Antena ini menggantikan antena radio konvensional model tarik di pilar yang ada di generasi sebelumnya.

 

Lampu belakang juga desainnya baru namun semuanya masih menggunakan bohlam, baik lampu rem, sein, dan mundur. Reflektor yang ada di pintu bagasi juga didesain baru dengan model terpisah, ornamen chrome di generasi lalu pun banyak digantikan dengan dark chrome di Toyota New Avanza dan Toyota New Veloz.

 

Kenyamanan

Pihak PT TAM juga melakukan penyegaran pada bagian rangka dan kaki-kaki. Desain suspensi Toyota New Avanza dan Toyota New Veloz lebih disempurnakan sehingga kendaraan lebih stabil dan nyaman.

 

Penyempurnaan dilakukan pada lateral rod yang lebih tebal serta stabilizer yang juga semakin tebal, memberikan pengalaman berkendara yang lebih stabil namun tetap nyaman, terutama saat melewati speed trap atau jalan yang tidak rata.

 

Keduanya juga mengalami ubahan program pada Electric Power Steering sehingga lebih enak dikendarai baik dalam kecepatan rendah maupun kecepatan tinggi.

 

Kabin keduanya pun lebih senyap dibandingkan pendahulunya karena improvement pada insulator yang diletakkan di sasis bagian belakang, floor serta dash panel bagian depan, sehingga suara kian kedap memberikan kenyamanan ekstra  untuk seluruh penumpang.

 

Mesin

Toyota New Avanza tetap hadir dengan varian E dan G dengan mesin 1.300cc bertransmisi otomatis dan manual. Khusus varian G kini juga hadir dengan mesin 1.500cc kapasitas 1.500cc transmisi manual.

 

Warna yang ditawarkan untuk Toyota New Avanza adalah dark blue, bronze, dark red mica metallic, grey metallic, black metallic, silver metallic, dan white.

 

Sementara Toyota New Veloz hanya hadir dengan kapasitas mesin 1.500cc bertransmisi otomatis dan manual. Warnanya terdiri dari dark red mica metallic, silver mica, black metallic, dan white

 

Mesin yang digunakan berteknologi Dual VVT-i, pada Toyota New Avanza dan Toyota New Veloz tetap 1NR-VE untuk 1.300cc dan 2NR-VE berkapasitas 1.500cc. Keduanya juga tetap menggunakan penggerak roda belakang. perpaduan ini sudah terbukti tangguh.

 

Harga

Meski dijejali dengan berbagai ubahan dan fitur baru, desain mewah serta modern, dan lebih nyaman, PT TAM memastikan tidak ada kenaikan harga untuk Toyota New Avanza dan Toyota New Veloz.

 

Baca: Harga Toyota New Avanza 2019 Tidak Naik!

 

Bagaimana, tertarik memiliki Toyota New Avanza dan Toyota New Veloz?

SHARE