Perbedaan Jenis Dongkrak Hidrolik, Dongkrak Mekanik, Jack Stand, dan Car Lift

Apa perbedaan dongkrak hidrolik, mekanik, jack stand, dan car lift? Ini jawabannya.

Alat penjungkit merupakan perkakas wajib yang harus ada di mobil kamu. Misalnya adalah dongkrak, yang memiliki fungsi untuk membantu kamu mengganti ban atau memperbaiki komponen di kolong mobil.

 

Jenis dongkrak pun bermacam-macam dengan fungsi yang berbeda. Seperti yang diketahui, apa beberapa jenis dongkrak yang bisa kamu gunakan untuk memperbaiki mobilmu.

 

Ada dongkrak mekanik, hidrolik, jack stand, dan car lift. Namun, apa beda dari semua jenis alat penjungkit tersebut?

 

Untuk lebih jelasnya, dapat kamu simak berikut ini.

 

Dongkrak hidrolik

Dongkrak hidrolik merupakan jenis yang bentuknya menyerupai sebuah botol. Maka dari itu, alat ini sering disebut dengan dongkrak botol. Ini merupakan dongkrak yang paling sering dipilih para pengendara sebagai peralatan darurat yang harus ada di mobil.

 

Secara umum, dongkrak hidrolik merupakan jenis dongkrak bawaan untuk tipe SUV atau MPV.

 

Baca juga: Toolkit Mobil Wajib Saat Berkendara Dekat dan Jauh

 

Sesuai namanya, dongkrak hidrolik memakai sistem hidrolis untuk mengangkat beban yang berat. Artinya, jika ingin menggunakan dongkrak hidrolik untuk mengangkat mobil, kamu cukup memompanya menggunakan tuas.

 

Sedangkan saat ingin menurunkannya kembali, cukup mengendorkan katupnya saja. Dengan sistem hidrolis, kamu tidak perlu memutar poros apapun sehingga mengangkat mobil akan terasa lebih ringan dan mudah.

 

Selain penggunaannya yang terbilang mudah, dongkrak hidrolik memiliki kekuatan maksimal yang bervariasi, mulai dari 2 ton, sampai 1000 ton. Meski harganya terbilang lebih mahal, dalam penggunaannya dongkrak ini dikenal lebih awet dan kuat.

Dongkrak Mekanik

Dongkrak mekanik atau dongkrak manual adalah alat yang punya cara kerja memakai sistem mekanikal. Sistem kerja dari dongkrak mekanik mengandalkan roda gigi dan batang yang diputar sehingga menghasilkan gaya angkat.

 

Jenis dongkrak mekanik digunakan untuk kendaraan-kendaraan berbobot ringan.

 

Baca juga: Beberapa Faktor yang Menyebabkan Ban Mengalami Bocor Halus

 

Dongkrak mekanik juga terbilang cukup mudah penggunaannya. Kamu hanya perlu memutar porosnya searah jarum jam untuk menaikkan dan sebaliknya untuk menurunkan.

 

Jika dibandingkan dengan dongkrak hidrolis, dongkrak mekanik cenderung lebih berat. Namun,  dongkrak ini lebih praktis untuk dibawa-bawa dan mudah disimpan di dalam bagasi mobil.

Jack stand

Jack stand atau di bengkel kerap disebut dengan rigid rack merupakan alat pengganjal mobil untuk menjaga mobil agar tetap aman dan stabil hingga tidak terjatuh akibat dari penggunaan dongkrak.

 

Baca juga: Menambal Ban Dapat Dilakukan Sendiri, Ini Cara dan Alatnya

 

Berbeda dengan dongkrak, jack stand sering digunakan setelah pemakaian dongkrak. Ketika bagian mobil sudah terangkat, maka jack stand digunakan sebagai bantuan atau pengganti dongkrak.

Car lift

Berbeda dari fungsi dongkrak yang hanya mengangkat bagian tertentu dari mobil saja. Car lift merupakan alat pengangkat mobil secara keseluruhan.

 

Car lift pada umumnya hanya dimiliki oleh bengkel-bengkel besar, mengingat harganya yang cukup mahal dan membutuhkan area luas untuk menempatkannya.

 

Alat ini akan membuat kamu lebih leluasa mengecek kerusakan di bawah kendaraan, karena dengan car lift kamu dapat melihat seluruh bagian bawah kendaraan.

 

Baca juga: DIY, 5 Langkah Mengganti Aki Mobil Sendiri di Rumah

 

Nah, itulah beberapa perbedaan jenis dongkrak yang bisa Anda temukan. Dengan mengetahui jenis serta fungsi alat penjungkit di atas, bakal #BikinKamuSiap merawat mobilmu sendiri di rumah atau di bengkel resmi.