Perbedaan Jenis Dongkrak Hidrolik, Dongkrak Mekanik, Jack Stand, dan Car Lift

28 February 2020

Apa perbedaan dongkrak hidrolik, mekanik, jack stand, dan car lift? Ini jawabannya.

Alat penjungkit merupakan perkakas wajib yang harus ada di mobil kamu. Misalnya adalah dongkrak, yang memiliki fungsi untuk membantu kamu mengganti ban atau memperbaiki komponen di kolong mobil.

 

Jenis dongkrak pun bermacam-macam dengan fungsi yang berbeda. Seperti yang diketahui, apa beberapa jenis dongkrak yang bisa kamu gunakan untuk memperbaiki mobilmu.

 

Ada dongkrak mekanik, hidrolik, jack stand, dan car lift. Namun, apa beda dari semua jenis alat penjungkit tersebut?

 

Untuk lebih jelasnya, dapat kamu simak berikut ini.

 

Dongkrak hidrolik

Dongkrak hidrolik merupakan jenis yang bentuknya menyerupai sebuah botol. Maka dari itu, alat ini sering disebut dengan dongkrak botol. Ini merupakan dongkrak yang paling sering dipilih para pengendara sebagai peralatan darurat yang harus ada di mobil.

 

Secara umum, dongkrak hidrolik merupakan jenis dongkrak bawaan untuk tipe SUV atau MPV.

 

Baca juga: Toolkit Mobil Wajib Saat Berkendara Dekat dan Jauh

 

Sesuai namanya, dongkrak hidrolik memakai sistem hidrolis untuk mengangkat beban yang berat. Artinya, jika ingin menggunakan dongkrak hidrolik untuk mengangkat mobil, kamu cukup memompanya menggunakan tuas.

 

Sedangkan saat ingin menurunkannya kembali, cukup mengendorkan katupnya saja. Dengan sistem hidrolis, kamu tidak perlu memutar poros apapun sehingga mengangkat mobil akan terasa lebih ringan dan mudah.

 

Selain penggunaannya yang terbilang mudah, dongkrak hidrolik memiliki kekuatan maksimal yang bervariasi, mulai dari 2 ton, sampai 1000 ton. Meski harganya terbilang lebih mahal, dalam penggunaannya dongkrak ini dikenal lebih awet dan kuat.

SHARE