Pengaruh Diameter Knalpot ke Performa Mobil, Signifikan?

By Reka Harnis - Juni 17, 2021

Banyak yang beranggapan kalau semakin besar diameter knalpot makan performa mobil akan semakin baik. Benarkah begitu?

diameter knalpot

Salah satu cara untuk memberikan karakter yang berbeda pada mobil adalah dengan melakukan modifikasi. Salah satu yang dianggap paling mudah adalah dengan memodifikasi knalpot.

Adanya modifikasi knalpot memang membuat mobil dapat menghasilkan suara yang lebih gagah, tampilan tambah keren, dan tarikan mesin bisa jadi lebih enteng.

Lalu, bagaimana jika modifikasi yang dilakukan adalah dengan mengubah diameter knalpot?

Tidak sedikit yang beranggapan, kalau semakin besar diameter knalpot, maka akan memberikan pengaruh lebih baik terhadap performa. Padahal, anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar.

Diameter knalpot seharusnya disesuaikan dengan kapasitas mesin mobil yang diusung. Jangan sampai dimensi exhaust melebihi kapasitas mesin.

Toyota Raize

Misalnya, mobil berkapasitas 1.000 sampai 1.500 cc, masih bisa menggunakan pipa exhaust dengan diameter 2 inci. Kalau 1.500 hingga 2.000 cc, pakai 2,5 inci dan seterusnya.

Baca juga: Ini Arti Nomor Rangka Mobil yang Jarang Diketahui

Dengan begitu, tenaga yang dihasilkan stabil atau bahkan lebih baik dari sebelumnya, sedangkan menggunakan saluran pembuangan dengan ukuran pengaturan yang lebih besar dari kapasitas mesin, justru akan melemahkan semburan tenaga.

Oleh karena itu, pemilik disarankan untuk tetap menggunakan knalpot asli bawaan mobil.

Atau, jika ingin melakukan modifikasi, pastikan ukuran knalpot sesuai dengan kapasitas mesin demi menjaga performa mobil, mesin awet, dan mobil berumur panjang.

Selain menyesuaikan diameter knalpot dengan kapasitas mesin, agar tidak salah pilih, berikut ini beberapa tips memilih knalpot yang tepat.

Berita Terkait

Author