Search Cars

Otomotif

Palang Pelek Mobil Berpengaruh ke Performa, Benarkah Begitu?

Selain ukuran, benarkah jumlah palang pelek mobil bisa mempengaruhi performa?

Bukan hanya sebagai penunjang tampilan dan menambah nilai estetika pada mobil, pelek juga memiliki peran dalam menunjang performa dan stabilitas kendaraan. 

Sebagai salah satu komponen yang berperan menopang seluruh bobot kendaraan, memilih pelek harus sesuai standar.

Pastikan pelek yang akan disematkan pada mobil kamu ukurannya sudah disesuaikan dengan dimensi, bobot, hingga tenaga mobil.

Baca juga: Bikin Kabin Mobil Jadi Lebih Senyap agar Nyaman di Bulan Ramadan

Selain ukuran, jika diperhatikan tiap mobil memiliki jumlah baut pelek yang berbeda, begitupun jumlah palangnya. Sebab, biasanya jumlah palang mengikuti jumlah baut pada pelek tersebut. 

Lantas, apa yang membuat palang pelek mobil memiliki jumlah yang berbeda-beda? 

“Berapapun jumlah palangnya, secara fungsi sebenarnya sama, yaitu sebagai penopang, hanya saja semakin besar dimensi mobil, biasanya jumlah palangnya akan semakin banyak” ucap Rocky Yonathan, Kepala Bengkel Auto2000, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, saat dihubungi Seva, Jakarta, Rabu (31/3/2021).

Lebih lanjut, menurutnya, semakin sedikit palang pelek maka biasanya akan semakin ringan bannya.

Sebagai contoh, biasanya mobil balap memiliki palang yang sedikit karena membutuhkan laju yang lebih kencang dari mobil harian. 

Baca juga: Jalan Basah di Awal Hujan Lebih Berbahaya, Mitos atau Fakta?

Namun perlu dicatat, jika hanya untuk keperluan aktivitas sehari-hari, sebaiknya tetap ikuti standar yang direkomendasikan oleh pabrikan agar berkendara tetap terasa aman dan nyaman.

Sebab, jika menggunakan pelek yang tidak sesuai, mobil akan menjadi tidak stabil bahkan menimbulkan bunyi yang dapat mengganggu, sehingga berkendara jadi terasa tidak aman dan nyaman. 

Dengan kata lain, perbedaan jumlah palang  pelek tidak terlalu mempengaruhi performa, melainkan cenderung lebih mempengaruhi faktor keamanan dan kenyamanan saat berkendara.

Buat kamu yang hobi modifikasi, selain ukuran dan jumlah palang, berikut jenis-jenis pelek mobil beserta ulasannya. 

Alloy wheel 

Jenis yang satu ini merupakan salah satu yang paling umum disematkan pada kendaraan. Hal ini karena bobotnya yang ringan dan juga tampilannya sporty.

Baca juga: Velg Mobil Penyok, Mending Reparasi atau Beli Velg Baru?

Selain itu, alloy wheel juga memiliki kemampuan menahan bobot yang sangat baik. Kelebihan lainnya terlihat dari tampilan fisiknya yang mengkilap dan mampu memberikan kesan mewah.

Berkat spesifikasinya tersebut, velg yang satu ini pun kerap digunakan oleh mobil sedan atau mobil MPV. 

Iron cast wheel

Sesuai dengan pemberian namanya, Iron Cast Wheel dibuat dari besi yang dicairkan lalu dicetak. 

Soal material, besi yang digunakan tentunya memiliki kualitas baik, sehingga pelek satu ini kuat menopang tubuh kendaraan tanpa ditemukan bengkok. 

Desain yang dihadirkan tampak stylish dan banyak varian, sehingga tidak mengherankan jika pelek satu ini banyak diincar di pasaran.

Baca juga: Hal yang Menyebabkan Setir Mobil Berbunyi Saat Belok

Pelek jenis ini cukup populer di kalangan penggiat otomotif dan juga kerap disebut pelek racing.

Press kaleng

Jenis pelek mobil berikutnya biasanya banyak ditemukan pada mobil niaga, seperti truk atau mobil pick up. Hal ini karena pelek press kaleng memiliki bentuk yang rata dan hanya dihiasi dengan beberapa lubang kecil yang berfungsi sebagai ventilasi bak di sebuah bangunan.

Sedangkan kekuatannya tergantung dengan bahan pembuatnya. Rata-rata, moda transportasi seperti bus menggunakan besi lebih tebal, sedangkan kendaraan sekelas LCGC dibuat dari aluminium dan baja. 

Baca juga: Ini Penyebab Mobil Susah Distarter Saat Pagi Hari

Spoke wheel

Pelek yang satu ini terlihat unik dibandingkan dengan para saudaranya, karena bentuknya yang dihiasi dengan rangkaian rangka baja dan disusun sedemikian rupa pada beberapa sudutnya. 

Dibandingkan dengan jenis lain, spoke wheel bisa dibilang lebih unik karena bentuknya yang dihiasi dengan rangkaian rangka baja dan disusun sedemikian rupa pada beberapa sudutnya. 

Selain tampilannya, spoke wheel juga diklaim kuat menopang tubuh kendaraan beserta dengan beban penumpangnya. 

Nah itu dia jenis-jenis pelek mobil. Agar perjalanan terasa aman dan nyaman, jangan sampai salah pilih pelek mobil, ya.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.