Palang Pelek Mobil Berpengaruh ke Performa, Benarkah Begitu?

By Reka Harnis - April 5, 2021

Selain ukuran, benarkah jumlah palang pelek mobil bisa mempengaruhi performa?

Bukan hanya sebagai penunjang tampilan dan menambah nilai estetika pada mobil, pelek juga memiliki peran dalam menunjang performa dan stabilitas kendaraan. 

Sebagai salah satu komponen yang berperan menopang seluruh bobot kendaraan, memilih pelek harus sesuai standar.

Pastikan pelek yang akan disematkan pada mobil kamu ukurannya sudah disesuaikan dengan dimensi, bobot, hingga tenaga mobil.

Baca juga: Bikin Kabin Mobil Jadi Lebih Senyap agar Nyaman di Bulan Ramadan

Selain ukuran, jika diperhatikan tiap mobil memiliki jumlah baut pelek yang berbeda, begitupun jumlah palangnya. Sebab, biasanya jumlah palang mengikuti jumlah baut pada pelek tersebut. 

Lantas, apa yang membuat palang pelek mobil memiliki jumlah yang berbeda-beda? 

“Berapapun jumlah palangnya, secara fungsi sebenarnya sama, yaitu sebagai penopang, hanya saja semakin besar dimensi mobil, biasanya jumlah palangnya akan semakin banyak” ucap Rocky Yonathan, Kepala Bengkel Auto2000, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, saat dihubungi Seva, Jakarta, Rabu (31/3/2021).

Lebih lanjut, menurutnya, semakin sedikit palang pelek maka biasanya akan semakin ringan bannya.

Sebagai contoh, biasanya mobil balap memiliki palang yang sedikit karena membutuhkan laju yang lebih kencang dari mobil harian. 

Baca juga: Jalan Basah di Awal Hujan Lebih Berbahaya, Mitos atau Fakta?

Namun perlu dicatat, jika hanya untuk keperluan aktivitas sehari-hari, sebaiknya tetap ikuti standar yang direkomendasikan oleh pabrikan agar berkendara tetap terasa aman dan nyaman.

Sebab, jika menggunakan pelek yang tidak sesuai, mobil akan menjadi tidak stabil bahkan menimbulkan bunyi yang dapat mengganggu, sehingga berkendara jadi terasa tidak aman dan nyaman. 

Dengan kata lain, perbedaan jumlah palang  pelek tidak terlalu mempengaruhi performa, melainkan cenderung lebih mempengaruhi faktor keamanan dan kenyamanan saat berkendara.

Buat kamu yang hobi modifikasi, selain ukuran dan jumlah palang, berikut jenis-jenis pelek mobil beserta ulasannya. 

Berita Terkait

Author