Mobil BMW M3 E36 Muncul di Dalam Video Klip Khalid ‘Better’

Yuk, kenalan dulu sama mobil BMW klasik yang muncul dalam video klip Khalid 'Better'.

bmw m3 e36

Siapa yang tak mengenal nama BMW M3 E36? Sport coupe yang dihidupkan dari dasar BMW 3-Series oleh divisi performa BMW Motorsport Division untuk diikutsertakan pada ajang balap DTM di kala itu.

Walaupun BMW M3 generasi pertama pernah dipamerkan pada Frankfurt Motor Show tahun 1985, produksi pertama BMW M3 dimulai pada tahun 1986 dan baru pada tahun 1987 model E30 M3 memulai debutnya di sirkuit balap.

Baca juga: Rayakan Kemerdekaan, BMW Indonesia Luncurkan BMW 520i M Sport Edition 75

Meskipun BMW M3 pertama kali diproduksi pada tahun 80an, mobil ini masih menjadi favorit anak muda. Bahkan, salah satu serinya sempat mendapat spotlight dalam video klip Khalid bertajuk “Better”.

Video klip tersebut menampilkan Khalid yang tengah asyik nge-dance seorang diri di sebuah lokasi di area parkir, berlatar mobil BMW berwarna kuning yang sedang drifting.

Diketahui mobil BMW berwarna kuning tersebut adalah BMW dengan tipe M3 E36.

Bukan tanpa alasan BMW M3 E36 hadir dalam video klip tersebut. Dalam sebuah interview dengan bmw.com, Khalid diketahui adalah penggemar BMW.

“BMW selalu menjadi mobil favorit saya saat tumbuh dewasa,” ujarnya.

Tak heran jika Khalid memilih untuk menampilkan BMW M3 E36 dalam video klipnya. Sedan yang satu ini memang punya desain yang cukup menggoda bagi pecinta BMW. Pipih, kotak, dan sporty menjadi tema dari eksterior BMW M3 E36.

Baca juga: Mengenal Sejarah BMW Seri 5 dari Masa ke Masa

Selain itu, mobil yang diproduksi tahun 90-an ini juga membawa kesan retro dan classic. Tak hanya desainnya saja, mesin BMW M3 E36 juga tak kalah menggoda.

BMW M3 E36 menggunakan mesin 4-silinder dan dengan kapasitas yang lebih besar dari pendahulunya, yakni mesin 3.0-liter 6-silinder segaris dengan tenaga 240 hp dan torsi 305 Nm, dengan kapasitas mesin sebesar 3200 cc.

Selain itu, mobil ini juga pernah dinobatkan menjadi salah satu mobil sport dengan handling terbaik di masanya. Lincah untuk bermanuver, dan mudah untuk berbelok.

Pada sisi interiornya, kabin BMW M3 E36 memiliki tingkat kesenyapan yang tergolong cukup baik.

Tidak seperti pendahulunya, yakni E30 yang difokuskan pada balapan sehingga bobotnya terbilang ringan, E36 memiliki bobot lebih berat, sekitar 1.560 kg, serta dengan penampilan yang lebih elegan untuk digunakan di jalan.

Kemudian, di tahun kedua produksinya, E36 hadir dengan versi jantung mekanis 3.2 liter 6 silinder segaris yang diiringi dengan peningkatan torsi menjadi 325 Nm.

Pada model ini juga pertama kali transmisi sequential manual gearbox (SMG) diperkenalkan.

Baca juga: Melirik Sejarah BMW X1, SAV BMW Paling Digemari di Indonesia

Selain dari model coupe, E36 juga ditawarkan dalam model sedan empat pintu dan convertible, dengan produksi total 46.525 unit dan diakhiri produksinya di tahun 1999 dengan total produksi gabungan ketiga model di angka 71.242 unit.

 

Usianya yang sudah cukup tua memang membuat tampilannya tak seperti mobil-mobil baru pada umumnya yang punya desain lebih sporty dan luxury.

Namun, bagi yang menyukai desain boxy dari sebuah sedan retro, E36 menjadi salah satu pilihan yang cukup kece. Bagian depan dan belakang mobil ini punya karakter khas dan orang awam pun dapat dengan mudah menebaknya.

Baca juga: Berapa Harga BMW X3 M Competition dan BMW X4 M Competition?

Kini, mobil yang sudah berusia lebih dari 25 tahun ini terbilang langka. Namun meskipun begitu, BMW E36 M3 ini ada beberapa yang punya loh di Indonesia.

Untuk harganya sendiri, BMW Seri 3 ini kini dijual di pasar mobil bekas dengan kisaran harga beragam, tergantung kondisi, yaitu sekitar Rp 30-100 jutaan.

Bagaimana? Tertarik untuk membeli BMW M3 E36?