Mobil BMW M3 E36 Muncul di Dalam Video Klip Khalid ‘Better’

By Reka Harnis - September 1, 2020

Yuk, kenalan dulu sama mobil BMW klasik yang muncul dalam video klip Khalid 'Better'.

Selain itu, mobil ini juga pernah dinobatkan menjadi salah satu mobil sport dengan handling terbaik di masanya. Lincah untuk bermanuver, dan mudah untuk berbelok.

Pada sisi interiornya, kabin BMW M3 E36 memiliki tingkat kesenyapan yang tergolong cukup baik.

Tidak seperti pendahulunya, yakni E30 yang difokuskan pada balapan sehingga bobotnya terbilang ringan, E36 memiliki bobot lebih berat, sekitar 1.560 kg, serta dengan penampilan yang lebih elegan untuk digunakan di jalan.

Kemudian, di tahun kedua produksinya, E36 hadir dengan versi jantung mekanis 3.2 liter 6 silinder segaris yang diiringi dengan peningkatan torsi menjadi 325 Nm.

Pada model ini juga pertama kali transmisi sequential manual gearbox (SMG) diperkenalkan.

Baca juga: Melirik Sejarah BMW X1, SAV BMW Paling Digemari di Indonesia

Selain dari model coupe, E36 juga ditawarkan dalam model sedan empat pintu dan convertible, dengan produksi total 46.525 unit dan diakhiri produksinya di tahun 1999 dengan total produksi gabungan ketiga model di angka 71.242 unit.

 

Usianya yang sudah cukup tua memang membuat tampilannya tak seperti mobil-mobil baru pada umumnya yang punya desain lebih sporty dan luxury.

Namun, bagi yang menyukai desain boxy dari sebuah sedan retro, E36 menjadi salah satu pilihan yang cukup kece. Bagian depan dan belakang mobil ini punya karakter khas dan orang awam pun dapat dengan mudah menebaknya.

Baca juga: Berapa Harga BMW X3 M Competition dan BMW X4 M Competition?

Kini, mobil yang sudah berusia lebih dari 25 tahun ini terbilang langka. Namun meskipun begitu, BMW E36 M3 ini ada beberapa yang punya loh di Indonesia.

Untuk harganya sendiri, BMW Seri 3 ini kini dijual di pasar mobil bekas dengan kisaran harga beragam, tergantung kondisi, yaitu sekitar Rp 30-100 jutaan.

Bagaimana? Tertarik untuk membeli BMW M3 E36?

Berita Terkait

Author