Mengenal Isuzu MU-X Indonesia Sejak Peluncuran Pertama

17 July 2019

Isuzu MU-X sudah menemani perjalanan penggemar SUV di Indonesia sejak 2014. Bagaimana perjalanan Isuzu MU-X di Indonesia beserta keunggulannya?

Masih ingat dengan slogan Rajanya Diesel? Yap, itu merupakan milik salah satu perusahaan otomotif di Indonesia, Isuzu. Pabrikan asal Jepang ini resmi masuk ke Indonesia pada tahun 1974. Setelah itu, tepatnya 17 tahun kemudian,  75 persen saham Isuzu dibeli oleh PT Astra International Tbk di tahun 1991.

 

Sejak bergabung dengan Astra International, berbagai macam produk sudah dicetak oleh Astra Isuzu. Mulai dari kendaraan komersial, sampai dengan Sport Utility Vehicle (SUV) tangguh. SUV besutan Astra Isuzu yang terkini adalah Isuzu MU–X.

 

Eksistensi mobil berbadan bongsor ini sudah dimulai sejak tahun 2014, dengan menggunakan basis dari Isuzu D-Max yang sudah lebih dulu hadir di tanah air tahun 2003. Bedanya, D-Max bertipe double cabin, sedangkan MU-X mengusung konsep SUV.

 

Saat itu, MU-X menjadi sebuah pilihan menarik bagi pecinta SUV. Pasalnya, mobil ini dibangun dengan tampang yang gagah dan modern, ditambah lagi dengan fitur yang tidak dimiliki oleh mobil lain yang berada di kelasnya.

 

Isuzu MU-X juga masih menyandang predikat “mobil baru” dibanding SUV lainnya kala itu, seperti Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero. Harganya juga sangat bersaing. Ini membuat para pecinta SUV di tanah air semakin memiliki pilihan dalam memilih besutannya.

 

Facelift di 2017

timing gear isuzu mu-x

Pada tahun 2015, beberapa kompetitor MU-X mulai mengeluarkan bentuk terbarunya. Tidak mau ketinggalan, di tahun ketiganya mengaspal di Indonesia, Isuzu melakukan facelift pada MU-X, sekaligus menyodorkan dua pilihan, yaitu 4X4 dan 4X2.

 

Dari segi eksterior, Isuzu tidak melakukan perubahan jauh pada MU-X facelift. Namun, perbedaannya terlihat jauh di sisi fitur dan interior.

 

Mulai dari dimensinya, mobil berbahan bakar diesel dengan kapasitas tangki 65 liter ini memiliki panjang 4860 mm, lebar 1860 mm, tinggi 1810 mm dan wheel base 1845 mm.

 

Lalu, pada bagian suspensi, MU-X sudah dilengkapi dengan stabilizer di bagian suspensi depan dan belakang. Independent coil spring menopang bagian depan sedangkan S-Link spring di bagian belakang.

 

Baca: Ternyata “Timing Gear” Membuat Mesin Isuzu MU-X Jadi Lebih Awet dan Irit BBM

Pada sisi keamanan, mobil ini terasa sangat lengkap. Sistem pengereman rem sudah dilengkapi dengan empat cakram serta teknologi ABS, ABD, BA, TCS, HDC, dan HSA. Setelah itu, pada bagian depan juga sudah terdapat corner sensor yang meminimalisirkan seggolan ketika parkir atau berkendara.

 

Masuk ke bagian interior Isuzu MU-X, terdapat warna dual tone yang dipadukan dengan jok kulit dan warna piano black di sisi pintu bagian dalam. Pada bagian dashboard juga sudah dibalut dengan leather black, ditambah panel kayu yang menambah kesan mewah dan elegan.

 

Sedangkan di bagian fitur, MU-X sudah dilengkapi dengan keyless entry, tombol start engine, tranction control, hill start assist, MID full color, head unit 8 inchi dengan slot DVD dan HDMI serta dilengkapi dengan kamera 360 derajat.

 

Baca: Teknologi yang Bikin Mesin Isuzu MU-X Hemat BBM dan Ramah Lingkungan

Tidak berhenti disitu, teknologi pada bagian mesin juga sudah sangat kekinian. MU-X menggunakan mesin common rail direct fuel injection dengan intercooled variable geometry system turbocharger otomatis 5 percepatan berpenggerak roda belakang dengan kapasitas 2499 cc.

 

Spesifikasi Isuzu MU-X tersebut dapat menyemburkan tenaga maksimum sebesar 134 hp di 3400 rpm dan torsi maksimum 320 Nm di 1800 – 2800 rpm.

 

Permintaan SUV di Indonesia lumayan tinggi

Diluncurkannya Isuzu MU-X facelift tersebut tidak lepas dari permintaan terhadap SUV di Indonesia yang lumayan tinggi. Dari data market, setiap bulannya ada sekitar 5.000 unit mobil berjenis SUV yang terjual di Indonesia.

 

Hal tersebut diungkapkan oleh Alvin Weber, Bussiness Consultant/Fleet Account Officer PT Astra International Tbk – Isuzu Sales Operation beberapa waktu lalu. Jadi, Isuzu optimistis penjualan mereka akan positif. Minimal, mereka memiliki 10 persen dari jumlah pasar yang ada.

 

Baca juga: Menjajal 8 Keindahan Bandung dengan Isuzu MU-X Terbaru

Di balik kelebihan dan kekurangan Isuzu MU-X, mobil ini adalah SUV tangguh yang sangat cocok digunakan di tanah air. Oleh karena itu, di tahun 2019 ini, mungkin MU-X harus meluncurkan versi terbarunya agar konsumen kembali mendapatkan pilihan baru.

 

Atau, pihak Isuzu mungkin sudah memikirkan hal ini dan memang berencana untuk meluncurkan versi terbaru? Kita tunggu saja ya.

 

SHARE