Mengenal Buraq, Kendaraan Super Cepat Nabi Muhammad SAW Saat Isra Miraj

04 April 2019

Saat Isra Miraj, Nabi Muhammad SAW menaiki kendaraan yang disebut Buraq untuk menembus langit ke tujuh. Lalu, seperti apa kendaraan tersebut?

Perjalanan Nabi Muhammad SAW saat Isra Miraj merupakan peristiwa penting bagi umat Islam. Peristiwa itu menghasilkan suatu kewajiban umat muslim untuk melaksanakan salat lima waktu, yang sudah dikurangi dari perintah salat 50 waktu sebelumnya.

 

Dalam perjalanan tersebut, umat muslim juga memaknai Isra Miraj sebagai perjalanan satu malam Nabi Muhammad SAW dan Malaikat Jibril yang sangat luar biasa. Mereka menuju langit ke tujuh: dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsha lalu ke Sidratul Muntaha menggunakan Buraq.

 

Berkat makhluk atau kendaraan yang Allah SWT sediakan itulah peristiwa perjalanan suci Nabi Muhammad SAW berlangsung cepat dan khusyuk.

Seperti apakah Buraq?

Buraq disebut sebagai kendaraan atau makhuk yang mengantarkan Nabi Muhammad SAW untuk Isra Miraj. Kendaraan tersebut mempunyai kemampuan yang sungguh luar biasa. Ia diketahui dapat melaju cepat—secepat kilat—menembus lapisan langit.

 

Berdasarkan etimologi, buraq berasal dari bahasa Arab. Barqun yang artinya kilat (lihat Al-Baqarah: 20). Turunan kata dari barqun ialah buraq. Jadi, bila kita menerjemahkan secara harfiah, Buraq dapat diartikan sebagai alat transportasi yang dipakai khusus untuk menuju Sidratul Muntaha dalam satu malam saja.

 

Jika dilihat dari jenisnya, Buraq disebut sebagai makhluk yang wujudnya lebih besar dari keledai, tetapi lebih kecil dari kuda. Kakinya, sebagai penggerak, pun dapat melangkah sejauh mata memandang.

 

Baca juga: Sejarah dan Makna Isra Miraj Nabi Muhammad

 

Mengenai hal itu, Nabi Muhammad SAW pun menerangkan, dalam hadis yang diriwayatkan oleh HR Bukhari nomor 3207, makhluk tunggangan itu juga tidak disebut sebagai bighol (hewan campuran kuda dan keledai, kuda yang paling tangguh di masa itu). Namun, lebih besar dari keledai.

 

Bila kita bicara soal kendaraan, Buraq berbeda dengan transportasi manusia. Pada zaman Nabi, kendaraan yang sering digunakan ialah berupa hewan, seperti unta dan kuda, sedangkan di zaman sekarang banyak menggunakan kendaraan seperti motor dan mobil. Namun begitu, kendaraan-kendaraan tersebut tak bisa melampaui kecepatan laju Buraq tersebut.

Kecepatan Buraq

Lalu, sebagaimana dikutip dari HR Muslim nomor 164, Buraq mempunyai kecepatan yang di luar akal sehat. Ia dapat bergerak sekelebat pandang. Artinya, bila kita melihat dia satu tempat, dia sudah bisa menjangkau tempat-tempat lain dalam hitungan detik saja.

 

Bahkan, kecepatan Buraq pun sangat jauh meninggalkan kemajuan teknologi saat ini. Dikutip dari berbagai sumber, bila Buraq dijelaskan mempunyai kemampuan laju seperti kilat atau cahaya, maka kilat dan cahaya dapat bergerak sejauh 186.000 mil atau 300 kilometer per detik.

 

Sementara, jarak antara matahari dari bumi ialah sekitar 149.668.992 km. Tentu hal itu jauh dari nalar manusia. Sebab, untuk menjelajah langit kita memerlukan waktu puluhan tahun dengan teknologi saat ini, sedangkan Buraq dapat melakukannya dalam waktu semalam saja.

 

Dengan demikian, Buraq pun mampu mengantar Nabi Muhammad pada peristiwa penting yang berdampak terhadap ketakwaan umat Islam dan memercayainya.

 

Sementara itu, meski memang tak ada kendaraan yang secanggih Buraq, tetapi Anda bisa menemukan kendaraan super canggih, yang dapat melesat cepat meski tidak secepat Buraq yang menemani Nabi Muhammad SAW saat Isra Miraj. Anda bisa menemukan kendaraan tersebut di Seva.id.

 

Baca juga: Mobil Baru Dengan Harga Murah Hanya di Stock Clearance Seva.id

 

Seva.id menyediakan layanan paripurna jual-beli mobil baru maupun mobil bekas yang Anda butuhkan. Transaksi pembelian kendaraan tersebut bisa dilakukan secara online melalui website Seva.id.

 

Jadi, Anda pun tak perlu pergi ke dealer untuk melihat-lihat mobil yang hendak dibeli. Cukup duduk manis di rumah dan cek secara seksama koleksi mobil yang Seva.id sediakan. Selain itu, ada banyak tawaran promo mobil bekas dengan harga terbaik yang bisa menjadi pilihan Anda.

 

Untuk itu, yuk, dapatkan kendaraan super cepat versi Anda sekarang!

Author

Perempuan Canggih. Pemuja keharmonisan, puisi, dan filologi.

SHARE