Search Cars

Otomotif

Melihat Mobil Dinas Pemimpin Dunia dan Indonesia

Mobil dinas presiden memang dirancang khusus dengan menambahkan fitur keamanan yang terbilang canggih seperti deretan mobil kepresidenan berikut.

Mobil merupakan bagian penting yang dapat menunjang segala aktivitas, terlebih bagi seorang kepala negara, mobil tak hanya dipakai untuk mobilisasi saja, tetapi digunakan sebagai simbol keamanan formal saat sang presiden berkendara.

 

Bicara soal mobil dinas presiden, belum lama ini Kementerian Sekretariat Negara mengadakan lelang kendaraan untuk Presiden ke-8 Joko Widodo. Ada dua merek besar yang turut ikut pitching di tender tersebut, antara lain BMW dan Mercedes-Benz.

 

Keduanya menawarkan mobil terbaik mereka. BMW menawarkan seri tertingginya, yaitu BMW 7-Series khusus dan Mercedes-Benz, sebagai kompetitor yang sudah lebih dulu dipakai sebagai mobil dinas presiden RI sejak zaman SBY hingga Jokowi periode 2014-2019 lalu, menawarkan sedan paling mewah mereka, Mercedes-Benz S-Class.

 

Mobil-mobil yang menjadi kendaraan presiden diharuskan dapat melindungi mobilisasi pemerintah dalam berkendara, terutama pada fitur keamanan yang sudah menyisipkan fasilitas anti-peluru.

 

Lalu, bagaimana dengan mobil kepresidenan di negara lain?

 

Presiden Korsel Roh Moo Hyun

Meski pabrikan mobil utama yang disokong Korea Selatan (Korsel) adalah Hyundai. Namun, untuk urusan mobil dinas kepresidenannya, presiden ke-16 Korsel, Roh Moo Hyun, memilih BMW sebagai mobil dinas yang menemani kegiatan kenegaraannya.

 

Diketahui dari Tribunnews.com, mobil BMW yang dipilih sebagai kendaraan dinas Presiden Roh Moo Hyun ialah BMW 760Li High Security.

 

Mobil yang diberi label high di tengah namanya itu disebut sebagai kendaraan dengan fitur keamanan tertinggi di antara mobil BMW lainnya. Dibekali dengan fitur keamanan yang canggih, terutama bagian bodi yang terbuat dari material baja spesial dan sudah bersertifikasi Bullet Resisten Vehicles (BRV 2009), membuat BMW 760Li High Security kebal terhadap peluru.

 

Atal Bihari Vajpayee, seorang politikus India yang menjabat sebagai Perdana Menteri India periode 1998-2004 ini juga menggunakan BMW 7 Series sebagai tunggangannya.

Presiden Brasil Michel Temer

Mobil kepresidenan berikutnya yang dijadikan sebagai mobil dinas ialah Rolls-Royce Silver Wraith. Mobil ini dipakai oleh Presiden Brasil, Michel Temer, pada masa jabatan 2016-2018 lalu.

 

Mobil tersebut mempunyai desain klasik dan unik. Dilengkapi dengan mesin 6 silinder, 4.3 liter, dan transmisi manual 4 kecepatan.

 

Selain itu, material bodinya pun terbilang ringan dan kuat sehingga bisa melindungi penumpang yang ada di dalamnya, baik dari serangan maupun kecelakaan.

 

Presiden Amerika Serikat Donald Trump

Cadillac One “The Beast” merupakan tunggangan yang dipilih oleh Donald Trump sebagai mobil dinas kepresidenan. Mobil ini dilengkapi dengan sistem keamanan yang super canggih, mulai dari fitur anti-tembakan gas air mata yang disematkan di bagian bemper depan dan belakang serta anti-peluru.

 

Mobil ini juga dilengkapi dengan tabung oksigen dan kantor darah yang dipersiapkan bila terjadi serangan tak terduga kepada presiden. Canggihnya lagi, The Beast juga sudah dilengkapi dengan fitur anti-bom yang bisa menangkal serangan bom.

Perdana Menteri Inggris Theresa May

Theresa May atau yang disapa May merupakan Perdana Menteri Inggris yang menjabat pada Juli 2016 silam.

 

Sebagai perdana menteri, mobil dinas yang digunakannya ialah Jaguar XJ Sentinel. Mobil ini sudah mengalami penyempurnaan di segi keamanan dan keselamatannya, di antaranya pada bagian bodi yang terbuat dari baja tebal 5 inci.

 

Selanjutnya, bagian interior mobil ini juga sudah dibekali oksigen, kursi pijat, dan sound system bowers dan Wilkins sebagai bentuk perlindungan dari serangan kimia-bilogi dan sarana hiburan.

Presiden Rusia Vladimir Putin

Vladimir Putin adalah Presiden Rusia yang sudah menjabat selama 18 tahun. Selama masa jabatannya, Putin dikenal sebagai pehobi otomotif.

 

Dilansir dari detik.com, Putin sering menujukkan hobi otomotifnya dengan mengoleksi berbagai mobil sebagai alat transportasinya. Aneka mobil sempat dikendarainya, terutama mobil mewah Mercedes-Benz.

 

Mercedes-Benz yang dipilih oleh Presiden Rusia ini adalah tipe Mercedes-Benz S-Class Limo sebagai mobil dinas kepresidenan. Mobil tersebut dikenal sebagai mobil elit yang diperuntukkan bagi jajaran orang-orang penting.

 

Dari segi keamanan, Mercedes-Benz S-Class Limo sudah dibekali dengan fitur keamanan yang tak jauh berbeda dengan mobil kepresidenan lainnya. Namun, bagian yang paling beda dari mobil ini terdapat di bagian setir. Setir mobil menggunakan koin emas sehingga mampuh menunjukkan kesan interior yang premium.

 

Nah, itulah berbagai mobil dinas presiden di dunia. Lalu, bagaimana pendapat Anda? Kira-kira mobil mana yang akan dipilih Presiden Joko Widodo, ya?

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.