Search Cars

Otomotif

Kenali Aturan Membawa Barang Bawaan Pada Mobil

Bagaimana aturan membawa barang bawaan di mobil yang aman dan sesuai dengan regulasi?

aturan membawa barang

Mobil merupakan salah satu transportasi favorit untuk bepergian jarak jauh, terlebih jika harus memboyong keluarga dan juga barang bawaan. Selain nyaman, tentunya akan jauh lebih aman ketimbang transportasi umum lainnya.

Namun, sebelum membawa barang bawaan, mobil memiliki aturan membawa barang bawaan. Aturan tersebut biasanya terdapat di buku panduan.

Meski begitu, beberapa pengendara mungkin tidak sempat membaca buku panduan. Untuk itu, berikut aturan membawa barang bawaan pada mobil yang mungkin bisa jadi acuan saat kamu ingin berpergian. 

Berapa berat barang bawaan mobil yang sesuai dengan regulasi?

Setiap mobil memiliki batasan yang berbeda-beda. Cara mengukurnya bisa melihat dari berat kosong dan maksimum mobil yang sudah tertera di buku manual tiap mobil.

Misalnya, untuk Toyota Kijang Innova yang memiliki berat maksimum 2.130 kg dan berat kosong 1.525 kg, dari kedua jumlah tersebut tinggal dikurangi.

Hasilnya ada selisih 650 kg merupakan daya angkut atau daya muat yang boleh ditambah atau dimasukkan ke dalam mobil. Tetapi, jumlah itu sudah termasuk hitungan bobot jumlah penumpang yang dibawa.

Baca juga: Penyebab Kerusakan dan Cara Merawat Hidrolik Pintu Bagasi Mobil

Untuk mobil yang sudah dilengkapi roof rail seperti jajaran SUV Toyota, bisa memanfaatkan bagian atap untuk meletakkan barang bawaan. Namun, tetap ada aturan mainnya.

Pada umumnya, beban yang dianjurkan pada atap mobil tidak lebih dari 70-73 kg. Apabila lebih maka bisa membuat atap mengalami deformasi.

Selain itu, dampak lain bisa ikut timbul akibat membawa beban yang berlebih.

menguras tangki BBM

Boros bahan bakar

Membawa barang bawaan berlebih pada mobil ternyata kendaraan boros bahan bakar. Hal ini disebabkan karena mesin mobil dipaksakan untuk mengangkut beban yang terlalu berat tersebut.

Oleh karenanya, sebaiknya hindari membawa barang berlebih agar tak bahan bakar.

razia psbb

Resiko ditilang polisi

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, setiap kendaraan baik kendaraan umum maupun kendaran pribadi, tentunya memiliki batas maksimal beban angkut yang sesuai dengan standarnya.

Baca juga: Melirik Kapasitas Bagasi Toyota Corolla Cross yang Lapang

Artinya, jika melewati batas maksimal tersebut, maka sama dengan menyalahi regulasi yang telah dibuat, sehingga pihak berwajib bisa saja memberi tindakan yang sesuai dengan pelanggaran. 

aturan bawa barang di mobil penumpang

Mengurangi kenyaman di dalam kabin kendaraan

Mobil yang membawa beban berlebih juga berpotensi mengurangi kenyamanan di dalam kabin kendaraan.

Pasalnya, tempat yang seharusnya tidak dikhususkan untuk barang, seperti di lantai mobil, akan terpakai untuk menyimpan barang-barang tersebut, sehingga akan membuat penumpang akan merasa sempit dan tidak nyaman. 

Kerusakan pada beberapa komponen

Membawa barang bawaan berlebih pada mobil juga bisa memberikan dampak jangka panjang pada mobil.

  1. Merusak ban dan pelek  Kendaraan yang sering membawa beban yang overload akan membuat ban kendaraan cepat habis. Selain itu, menggunakan ban yang aus atau tipis akan berpotensi membuat pelek mobil akan peyang. 
  2. Merusak komponen kaki kaki mobil atau onderstel mobil  Daya tahan understeel pada mobil rawan patah, karena tidak kuat menahan beban yang ditanggungnya. kerusakan kaki kaki mobil seperti ini umumnya terjadi pada shock absorber dan per atau spring mobil kamu.

Baca juga: Kelebihan Platform TNGA di Mobil-Mobil Toyota Masa Kini

Manuver mobil berkurang

Dampak membawa barang bawaan berlebih pada mobil yang terakhir ialah membuat manuver mobil berkurang dan jarak tempuh yang lama.

Apabila beban mobil terlalu berat, saat ada tikungan mobil akan kesulitan mencari titik keseimbangan, sehingga jarak tempuh menjadi semakin lama.

Nah itulah dampak yang timbul apabila membawa barang bawaan berlebih pada mobil. Oleh karena itu, yuk pahami regulasinya bila tidak ingin alami dampak-dampak tersebut.

Selain harus memperhatikan aturan membawa barang bawaan, penting untuk mengecek kondisi mobil secara berkala.

Bila sudah tidak memungkinkan, segera kunjungi Pilihan Expert Seva.id untuk mendapatkan mobil bekas berkualitas.

Berniat untuk ganti mobil? Kunjungi Pilihan Expert Seva.id sekarang yuk.

Pilihan Expert Seva.id

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.