Search Cars

Tips & Rekomendasi

Kelebihan Mesin Diesel Masa Kini yang Makin Canggih

Apa sih kelebihan mesin diesel yang mulai banyak disematkan pada mobil-mobil masa kini? Simak ulasannya berikut ini.

kelebihan mesin diesel

Kelebihan mesin diesel kini makin terlihat berkat adanya pengembangan teknologi yang disematkan pada mesin tersebut.

Dulu, mesin diesel lebih umum digunakan untuk truk, bus, atau kendaraan komersial besar. Mesin ini juga dikenal dengan lebih banyak mengeluarkan asap hitam dari knalpot dan mesin yang bersuara kasar.

Sekarang mesin diesel juga sudah banyak digunakan di mobil SUV seperti Toyota Fortuner dengan mengadopsi teknologi yang kinerja mesin jadi lebih halus, efisien dan lebih bertenaga dibandingkan mesin mesin.

Baca juga: Mengenal Transmisi CVT Mobil dan Kelebihannya

Apa saja sih kelebihan mesin diesel yang ada pada mobil masa kini? Berikut penjelasan mengenai mesin diesel dan keunggulannya.

kelebihan mesin diesel

Cara kerja mesin diesel

Mesin diesel memiliki empat langkah cara kerja yang saling berkesinambungan menciptakan performa mesin maksimal. Berikut tahapan cara kerjanya.

Langkah isap

Pertama, udara masuk ke ruang pembakaran melalui katup isap. Hal ini terjadi karena piston atau torak bergerak dari titik mati atas (TMA) ke titik mati bawah (TMB) dan kondisi katup buang dalam keadaan tertutup.

Langkah kompresi

Setelah langkap isap, dilanjutkan dengan langkah kompresi. Di tahap ini ada proses kompresi berupa pemampatan udara ketika piston bergerak dari TMB ke TMA.

Baca juga: Keuntungan Beli Mobil Baru Varian Tertinggi

Katup udara isap dan katup buang dalam keadaan tertutup dan menyebabkan tekanan dan suhu naik secara otomatis.

kelebihan mesin diesel

Langkah kerja

Dalam langkah kerja, solar akan disemprot oleh injektor ke ruang pembakaran sebelum piston sampai di posisi TMA. Kemudian solar otomatis akan terbakar dan mendorong piston kembali ke posisi TMB.

Langkah buang

Terakhir, di langkah ini katup buang akan terbuka dan katup isap tertutup. Piston yang bergerak dari TMB ke TMA akan mendorong gas sisa pembakaran keluar melalui katup pembuangan.

kelebihan mesin diesel

Kelebihan mesin diesel

Memiliki torsi besar

Salah satu alasan kenapa mobil bermesin diesel makin diminati adalah kemampuannya dalam menghasilkan torsi yang besar di putaran mesin (rpm) yang rendah.

Baca juga: Faktor yang Mempengaruhi Harga Mobil Naik dan Turun

Kira-kira mesin diesel dengan empat silinder bisa menghasilkan torsi yang sama dengan mesin bensin enam silinder meski tenaga kudanya cenderung lebih kecil.

Lebih efisien dan hemat bahan bakar

Mesin diesel lebih hemat bahan bakar karena memiliki rasio kompresi yang tinggi. Kompresi tinggi membuat mesin menghasilkan panas lebih sedikit.

Solar yang menjadi bahan bakar mesin diesel cenderung lebih tahan panas dan tidak menghasilkan uap banyak sehingga mampu menghemat bahan bakar hingga 25-30 persen dibanding mesin bensin.

kelebihan mesin diesel

Kini lebih ramah lingkungan

Mobil keluaran saat ini diharuskan memiliki emisi gas buang yang lebih rendah. Hal ini pun juga diterapkan pada mesin diesel saat ini.

Baca juga: Biaya Detailing Mobil, Apa saja yang Dikerjakan?

Sistem kontrol emisi yang dimiliki mesin diesel misalnya oxidizing catalytic converter yang dapat menghilangkan jejak hidrokarbon pada gas buang sehingga gas buang lebih rendah dan ramah lingkungan.

Perawatan lebih mudah

Mesin diesel memiliki cara kerja yang lebih sederhana karena tak butuh komponen pengapian seperti busi yang ada pada mesin bensin.

Makanya, perawatannya jadi lebih mudah. Biasanya pada saat pengecekan berkala, mobil bermesin diesel hanya perlu dicek oli, filter bahan bakar, serta radiator.

kelebihan mesin diesel

Beberapa kelebihan mesin diesel tersebut menjadi daya tarik orang untuk beli mobil bermesin diesel. Khususnya bagi yang mencari mobil dengan performa tinggi dan mesin lebih bertenaga.

Baca juga: Kategori Mobil Mewah dan Alasan Pajaknya Tinggi

Nah, kalau kamu tertarik tidak untuk memiliki mobil bermesin diesel? Kamu bisa cek mobil dengan mesin diesel seperti Toyota New Fortuner dan Toyota New Kijang Innova di Seva.id!

Enaknya beli mobil secara kredit di Seva.id, kamu bisa menggunakan fitur Instant Approval untuk peluang pengajuan kredit mobil disetujui dan menyesuaikannya dengan kemampuan finansial.
Yuk, beli mobil di Seva.id aja!

Butuh Bantuan?

Untuk tahu lebih lanjut, yuk ngobrol dengan Agen SEVA. Kami akan menghubungi kamu dalam 1x24 jam.

Nama Lengkap

Nomor Handphone

+62

Nomor yang kamu masukkan tidak valid.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.