Kelebihan dan Kekurangan Lampu LED serta Regulasinya

Lampu utama LED menjadi tren mobil masa kini. Lantas apa kelebihan dan kekurangan lampu LED berwarna putih tersebut serta bagaimana regulasinya?

Toyota New Calya

Lampu sangat membantu visualisasi pengemudi untuk melihat keadaan jalan dengan jelas, serta sebagai penanda bagi pengemudi lainnya.

Seiring perkembangan teknologi, piranti lampu utama mobil pun mulai bergeser, dari bohlam ke LED (Light Emitting Diode). Mobil baru pun banyak mengadaptasi teknologi ini.

LED sudah mulai dikembangkan pada tahun 2004. Teknologi LED kini mulai digunakan di hampir mayoritas mobil-mobil terkini.

Jenis lampu ini diklaim lebih efisien dari segi kebutuhan listrik, serta memiliki usia pakai lebih panjang hingga dengan respon lebih cepat dan warna sinar lebih baik.

Cahaya dari LED setara warna sinar matahari siang hari. LED menghasilkan cahaya 5.500-6.000 Kelvin atau mendekati cahaya siang hari. Saat digunakan pada malam hari, warna putih yang biasa digunakan sebagai lampu utama jadi lebih terang, sehingga menambah visibilitas dan jarak pandang pengemudi.

Baca juga: Cara Mengubah Mika Lampu Mobil yang Kusam Menjadi Baru

Karena penggunaan LED tergolong canggih, beberapa pabrikan otomotif bisa menciptakan teknologi lampu adaptif, di mana kekuatan sinar cahaya bisa dikontrol secara otomatis agar mampu mendukung visibilitas pengemudi dalam kondisi sulit tanpa mengganggu pengendara lain dari arah berlawanan.

Hal-hal tersebut pun menjadi kelebihan lampu LED pada mobil. Lantas apa kekurangan lampu LED berwarna putih tersebut dan bagaimana regulasinya?

Kekurangan lampu LED

Dengan segala kelebihan lampu LED, tetap saja ada kekurangannya. Kekurangan lampu LED yang paling utama adalah harga. Harga lampu LED sendiri bisa dibilang dua kali harga bohlam standar.

Sementara, untuk mobil yang menggunakan LED bawaan pabrik, bila terjadi kerusakan, maka pemiliknya harus mengganti satu paket atau satu modul, beserta dengan reflektornya. Semakin banyak teknologi yang disematkan, tentu semakin mahal pula harganya.

Kekurangan lampu LED lainnya adalah pendar cahaya yang sedikit lemah saat hujan dan berkabut. Namun dibalik itu, LED seakan menjadi lampu yang sangat diminati sekarang ini.

Regulasi lampu LED

Penggunaan lampu LED berwarna putih sebagai lampu utama pada mobil dan kendaraan lain sebenarnya sah-sah saja.

Baca juga: Regulasi Warna Lampu Kendaraan yang Berlaku di Indonesia

Hal ini merujuk pada regulasi warna lampu kendaraan tertuang dalam Pasal 23 PP Nomor 55 Tahun 2012 tentang Kendaraan.

  1. Lampu utama dekat berwarna putih atau kuning muda;
  2. Lampu utama jauh berwarna putih atau kuning muda;
  3. Lampu penunjuk arah berwarna kuning tua dengan sinar kelap-kelip;
  4. Lampu rem berwarna merah;
  5. Lampu posisi depan berwarna putih atau kuning muda;
  6. Lampu posisi belakang berwarna merah;
  7. Lampu mundur dengan warna putih atau kuning muda kecuali untuk sepeda motor;
  8. Lampu penerangan tanda nomor kendaraan bermotor di bagian belakang kendaraan berwarna putih;
  9. Lampu isyarat peringatan bahaya berwarna kuning tua dengan sinar kelap-kelip;
  10. Lampu tanda batas dimensi kendaraan bermotor berwarna putih atau kuning muda untuk kendaraan bermotor yang lebarnya lebih dari 2.100 milimeter untuk bagian depan dan berwarna merah untuk bagian belakang;
  11. Alat pemantul cahaya berwarna merah yang ditempatkan pada sisi kiri dan kanan bagian belakang kendaraan bermotor.

Baca juga: Ganti Lampu Utama dari Bohlam ke LED, Apa Saja Dampaknya?

new peugeot 3008 terbaru

Sementara, aturan terkait lampu utama pada mobil sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2012 Pasal 24 ayat 1. Disebutkan, bahwa pencahayaan baik lampu dekat dan utama jauh harus memenuhi persyaratan seperti:

  1. Berjumlah 2 (dua) buah atau kelipatannya;
  2. Dipasang pada bagian depan Kendaraan Bermotor;
  3. Dipasang pada ketinggian tidak melebihi 1.500 (seribu lima ratus) milimeter dari permukaan jalan dan tidak melebihi 400 (empat ratus) milimeter dari sisi bagian terluar Kendaraan; dan
  4. Dapat memancarkan cahaya paling sedikit 40 (empat puluh) meter ke arah depan

Lampu menjadi bagian yang cukup penting, khususnya saat berkendara di malam hari maupun dalam cuaca hujan dan berkabut. Jadi, apa pun warna lampu utama mobil, tetap hati-hati dan waspada saat berkendara ya.