Kelebihan dan Kekurangan Lampu LED serta Regulasinya

By Arris Riehady - July 27, 2020

Lampu utama LED menjadi tren mobil masa kini. Lantas apa kelebihan dan kekurangan lampu LED berwarna putih tersebut serta bagaimana regulasinya?

Toyota New Calya

Lampu sangat membantu visualisasi pengemudi untuk melihat keadaan jalan dengan jelas, serta sebagai penanda bagi pengemudi lainnya.

Seiring perkembangan teknologi, piranti lampu utama mobil pun mulai bergeser, dari bohlam ke LED (Light Emitting Diode). Mobil baru pun banyak mengadaptasi teknologi ini.

LED sudah mulai dikembangkan pada tahun 2004. Teknologi LED kini mulai digunakan di hampir mayoritas mobil-mobil terkini.

Jenis lampu ini diklaim lebih efisien dari segi kebutuhan listrik, serta memiliki usia pakai lebih panjang hingga dengan respon lebih cepat dan warna sinar lebih baik.

Cahaya dari LED setara warna sinar matahari siang hari. LED menghasilkan cahaya 5.500-6.000 Kelvin atau mendekati cahaya siang hari. Saat digunakan pada malam hari, warna putih yang biasa digunakan sebagai lampu utama jadi lebih terang, sehingga menambah visibilitas dan jarak pandang pengemudi.

Baca juga: Cara Mengubah Mika Lampu Mobil yang Kusam Menjadi Baru

Karena penggunaan LED tergolong canggih, beberapa pabrikan otomotif bisa menciptakan teknologi lampu adaptif, di mana kekuatan sinar cahaya bisa dikontrol secara otomatis agar mampu mendukung visibilitas pengemudi dalam kondisi sulit tanpa mengganggu pengendara lain dari arah berlawanan.

Hal-hal tersebut pun menjadi kelebihan lampu LED pada mobil. Lantas apa kekurangan lampu LED berwarna putih tersebut dan bagaimana regulasinya?

Berita Terkait

Author

What (apa), Who (siapa), When (kapan), Where (dimana), Why (kenapa), dan How (bagaimana). Suka kecepatan dan ketinggian. I am @arristoocrazy!