Jangan Takut, Ini Cara Aman Membersihkan Ruang Mesin Mobil

By Arris Riehady - Agustus 14, 2019

Ada yang bilang mudah, ada yang bilang susah, tapi membersihkan ruang mesin mobil itu wajib dilakukan. Begini caranya yang benar!

membersihkan ruang mesin mobil

Meski selalu tertutup, ternyata ruang mesin pada mobil juga bisa terpapar oleh debu dan kotoran. Karena itu membersihkan ruang mesin perlu dilakukan oleh pemilik mobil.

Sayangnya, kebanyakan pemilik mobil lebih memperhatikan kebersihan eksterior dan interior saja. Sementara ruang mesin acap kali luput atau terlupakan untuk dibersihkan.

Padahal debu dan kotoran pada mesin dapat terhisap ke filter udara dan  masuk ke dalam sistem injeksi.

Suplai udara yang terhambat masuk ke ruang bakar dapat menyebabkan konsumsi bahan bakar pun jadi lebih boros.

Baca juga: DIY, Cara Mudah Mengganti Filter Udara di Mobil

Akibatnya, pemilik mobil jadi rajin menginjak pedal gas lebih dalam untuk berakselerasi. Mesin juga harus mengeluarkan tenaga lebih besar sehingga bahan bakar pasti lebih boros dibanding keadaan normal.

membersihkan ruang mesin mobil

Dari penjelasan tersebut, selain enak dilihat, ruang mesin yang bersih tentu membuat kinerja mesin sebagai dapur pacu penggerak mobil lebih optimal.

Tapi memang, membersihkan ruang mesin mobil itu gampang-gampang susah, karena beberapa komponen vital mobil ada di sini. Selain filter udara ada juga komponen elektronik yang bisa berakibat fatal bila terkena air.

Membersihkan ruang mesin mobil harus diserahkan pada tangan profesional, jangan asal ke tempat cuci mobil dan semprot dengan air bertekanan tinggi. Namun bukan berarti tidak bisa dikerjakan sendiri.

Begini cara membersihkan ruang mesin mobil sendiri yang aman dengan jaminan kinclong.

Berita Terkait

Author

What (apa), Who (siapa), When (kapan), Where (dimana), Why (kenapa), dan How (bagaimana). Suka kecepatan dan ketinggian. I am @arristoocrazy!