Jangan Panik! Ini Dia 5 Cara Memperbaiki Mobil Tidak Mau Distarter

27 May 2019

Pernah mengalami mobil tidak mau distarter atau mogok? Jangan khawatir sebab hal ini memang merupakan salah satu masalah yang kerap kali terjadi pada sebuah kendaraan roda empat. Ketika situasi ini terjadi, maka Anda tidak perlu panik.

 

Cari tahu penyebabnya terlebih dahulu dan lakukanlah perbaikan. Mengatasi mobil yang tidak bisa distarter memang sering membingungkan karena tidak semua orang mengerti otomotif. Bengkel pun menjadi solusi akan masalah ini.

 

Padahal sebenarnya ada beragam cara yang bisa Anda lakukan sendiri. Apa saja? Yuk, simak ulasannya berikut.

 

Penyebab Mobil Tidak Bisa Distarter

Hal pertama yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah mencari tahu akar masalahnya. Ada beberapa penyebab mobil tidak mau distarter. Hal ini penting untuk Anda ketahui sebagai pemilik kendaraan untuk berjaga-jaga. Apa saja penyebab tersebut? Berikut beberapa di antaranya:

 

  1. Aki yang mulai lemah
  2. Dinamo starter yang bermasalah
  3. Busi, kabel busi, dan koil mobil yang rusak
  4. Kompresi silinder rendah dan choke bermasalah
  5. Injektor yang kotor dan tersumbat oleh debu

 

Solusi Mobil Tidak Bisa Distarter

Lantas, bagaimana cara memperbaiki mobil yang tidak bisa distarter? Cek 5 langkah yang bisa Anda lakukan sendiri:

 

  1. Cek Kondisi Aki

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan yakni mengecek kondisi aki mobil. Pasalnya, komponen ini merupakan bagian penting dari sistem kelistrikan sebuah kendaraan. Jadi tanpa aki, mobil tidak akan bisa berfungsi. Pemeriksaan dilakukan dengan mengecek kondisi level air aki serta memeriksa tegangan listrik.

 

  1. Periksa Kondisi Fuel Pump

Salah satu cara paling mudah untuk mengatasi kendaraan roda empat yang bermasalah adalah dengan memeriksa kondisi Fuel Pump di layar Multi Information Display (MID) yang berada di dasbor. Hal ini bisa dilihat dari indikator Check Engine di Speedometer yang ada di MID.

 

Jika komponen ini kotor, maka akan mempengaruhi mobil saat distarter. Namun, untuk memeriksanya secara detail, ada baiknya jika menggunakan jasa montir agar bisa dibersihkan dan dikalibrasi ulang sehingga mobil bisa kembali bekerja secara efektif.

 

  1. Kontrol Keadaan Karburator

Bukan hanya itu, tips memperbaiki mobil tidak mau distarter lainnya yaitu mengontrol keadaan karburator. Komponen ini sama pentingnya dengan aki di mana berfungsi untuk mengatur sirkulasi udara serta bahan bakar ke dalam saluran isap mesin mobil. Jika karburator kotor, maka kondisi ini akan menghambat proses starting mesin mobil.

 

  1. Periksa Kondisi Sekring

Ketika kendaraan roda empat Anda mengalami masalah di mana mesin tidak bisa menyala, ada baiknya jika memeriksa kondisi sekring. Cara ini dilakukan apabila Anda telah mengecek komponen aki dan karburator. Sekring sendiri terbagi dua, kutub positif dan kutub negatif.

 

Periksalah kedua kutub ini apakah ada kabel yang putus atau tidak. Jika bingung, tidak ada salahnya untuk menghubungi montir di bengkel terdekat.

 

  1. Cek Dinamo Starter

Terakhir, tips memperbaiki mobil tidak mau distarter yang bisa dilakukan sendiri adalah dengan mengecek dinamo start. Bagian ini berguna untuk menggerakkan roda gila pada dapur pacu kendaraan sehingga mesin dapat tetap berfungsi normal.

 

Nah, itu tadi beberapa informasi yang bisa menyebabkan mobil tidak bisa menyala dan apa saja cara untuk memperbaikinya. Yang jelas, jangan lupa untuk selalu melakukan servis ringan di bengkel secara rutin setiap bulannya. Langkah ini menjadi solusi untuk menghindari risiko mobil bermasalah. Semoga informasi ini bermanfaat!

 

SHARE