Jangan Asal Bawa Sepeda Lipat di Mobil Sebelum Baca Ini

Tidak hanya menjaga kebugaran, bersepeda pun sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Sepeda juga mudah dibawa untuk yang suka bepergian. Lalu bagaimana caranya agar sepeda muat di mobil?

Bersepeda bisa jadi alternatif berolahraga selain lari. Pilihannya beragam, salah satunya sepeda lipat. Sesuai namanya, sepeda jenis ini berbeda dengan sepeda lainnya, karena bisa dilipat dan berbentuk kecil serta bisa dibawa kemana saja, misalnya saja dimasukkan ke dalam mobil.

 

Karena bentuknya yang ringkas, ada juga pencinta sepeda lipat yang selalu membawanya di dalam mobil. Jadi sewaktu-waktu dibutuh, sepeda tersebut dapat langsung dipakai.

 

Sepeda lipat pun bisa diandalkan kala terjebak kemacetan dan ada keperluan mendadak. Saat terjebak di kemacetan, pemiliknya dapat memarkiran mobil di tempat aman, lalu menuju lokasi dengan menggunakan sepeda tersebut. Mudah dan cepat!

 

Ya, sepeda jenis ini memiliki ciri utama rangka yang dapat dilipat. Rangka pada sepeda lipat biasanya terdapat satu batang yang menghubungkan batang tempat duduk dengan batang kepala atau garpu depan.

 

Ukuran bannya pun tidak sebesar sepeda batang. Ukuran ban sepeda lipat memiliki ukuran 16 inci hingga 20 inci. Sementara harganya berkisar antara Rp 1.000.000 hingga Rp 5.000.000.

 

Sistem pengunci panel pada sepeda lipat dengan harga yang lebih murah biasanya sedikit agak goyang, mungkin ini dikarenakan dari bahannya. Sedangkan pada sepeda lipat yang lebih mahal sistem penguncinya akan terasa rigid atau kaku.

 

Lalu, rupa sepeda lipat yang muat di mobil? Ini dia tips memilih sepeda lipat yang muat di mobil.

Tentukan ukuran

Sepeda lipat biasa diukur dari ukuran diameter bannya. Seperti sudah tertulis di atas, ukuran ban sepeda lipat memiliki ukuran 16 inci hingga 20 inci.

 

Meski ukuran ban tersebut terbilang kecil, Anda tidak perlu khawatir. Untuk daya tahannya tidak kalah dengan sepeda batang yang ukuran bannya lebih besar.

 

Selama penggunaannya sesuai ketentuan. Sepeda lipat umumnya memang digunakan di jalan perkotaan. Meski ada juga sepeda lipat gunung.

 

Untuk mobil hatchback atau sedan, Anda bisa memilih ukuran sepeda lipat dengan ban 16 inci. Sementara pengguna mobil multi purpose vehicle (MPV) dan sport utility vehicle (SUV) ukuran sepeda lipat ban 20 inci bisa jadi pilihan.

 

Ukuran ban ini ada hubungannnya dengan kenyamanan. Apabila menggunakan ukuran ban yang kecil maka akan lebih nyaman untuk digunakan pada area yang sempit dan memaksimalkan ukuran apabila sepeda dilipat. Sedangkan dengan ukuran ban yang lebih besar maka akan sangat nyaman kalau digunakan untuk jarak jauh.

Pertimbangkan berat

Sepeda lipat yang terlalu berat akan mengurangi efisiensi dan kepraktisannya karena sepeda lipat umumnya dikenal memiliki efisiensi dan lebih praktis dibandingkan dengan sepeda batang.

 

Biasanya rangka besi akan lebih murah dibanding rangka aluminium, tetapi tentu besi juga lebih berat. Sepeda lipat berbahan serat karbon memiliki bobot lebih ringan dibanding alloy, namun harganya juga lebih mahal.

 

Untuk yang sering membawa sepeda lipat di mobil, pertimbangkan untuk membeli sepeda lipat yang tidak terlalu berat. Bahan rangka sepeda akan berpengaruh terhadap berat, rasa ketika berkendara, dan juga harga

 

Semakin ringan, semakin nyaman bagi Anda. Dengan demikian, membawa sepeda lipat di mobil akan terasa lebih mudah dan praktis, kan?

Cara melipat

Sepeda lipat memiliki cara melipat yang berbeda-beda. Sepeda lipat yang sulit dilipat akan menyusahkan diri sendiri. Semakin mudah dilipat, sepeda lipat akan lebih mudah dibawa.

 

Sebuah sepeda lipat yang bagus adalah saat melipatnya tidak rumit dan juga efisien serta ringkas, sehingga mampu menghemat ruang dan tidak menghabiskan banyak tempat. Apalagi untuk dibawa-bawa di dalam mobil.

Nah, itulah tips memilih sepeda lipat yang muat di mobil.

 

Tentu untuk pengguna sepeda lipat ada pertimbangan lain dalam memilihnya sebagai kebutuhan, seperti spesifikasi teknis, merek, dan harga. Selamat memilih!