Search Cars

Review Otomotif

Intip Fitur Toyota Supra Terbaru, Makin Sporty

Santer diprediksi bakal masuk ke Indonesia, Toyota Supra terbaru sudah resmi dikenalkan pada dunia. Yuk sekilas lebih dekat mengenal Toyota Supra terbaru dari sudut pandang Seva.id!

Toyota Supra terbaru

Toyota akhirnya memperkenalkan secara resmi Toyota Supra terbaru. Mobil sport ini dikenalkan oleh Toyota di ajang North American International Auto Show 2019, Amerika Serikat pada Januari 2019.

 

Tidak hanya itu, yang membuatnya semakin santer bakal hadir di Indonesia, Toyota Supra terbaru juga dipajang pada ajang Bangkok International Motorshow lalu.

 

Dalam sejarahnya, Toyota Supra adalah mobil sport berkemampuan tinggi yang diproduksi oleh Toyota Motor Corporation, Jepang, dari tahun 1978 sampai 2002. Mobil ini merupakan versi mewah bermesin enam silinder dari Toyota Celica. Mulai tahun 1986, Toyota Supra menjadi mobil sport tersendiri yang tidak ada hubungannya dengan Toyota Celica.

 

Nah, Toyota Supra terbaru ini hadir sebagai generasi kelima dalam jajaran adalah mobil sport berkemampuan tinggi tersebut. Seperti apa? Yuk mengenal Toyota Supra terbaru lebih dekat dari sudut pandang Seva.id.

Toyota Supra terbaru

Pilihan tenaga mesin

Jika melihat “kembaran” dari BMW, Toyota Supra terbaru pun sama-sama dibekali mesin berkapasitas 3.000 cc berkonfigurasi empat silinder segaris dengan dengan twin turbocharger.

 

Mesin tersebut menyalurkan tenaga ke roda belakang melalui Sports Automatic Transmission 8 percepatan. Secara global Toyota menawarkan pilihan tenaga 197 daya kuda dengan torsi maksimal 320 Nm, atau ledakan 258 daya kuda dengan torsi maksimal yang mencapai 400 Nm.

 

Di Jepang, Toyota Supra terbaru ditawarkan dalam tiga varian yakni RZ (enam silinder), SZ-R dan SZ (empat silinder).

 

Untuk, varian RZ, kehadirannya pun penuh dengan hal baru seperti mesin hasil kerja sama dengan BMW yakni mesin enam silinder segaris dengan twin turbocharger yang menghasilkan tenaga 335 daya dengan torsi maksimal 500 Nm.

 

Kedua varian mesin tersebut hadir dengan mode berkendara yakni Normal dan Sport serta mode launch control dan khusus di sirkuit.

Toyota Supra terbaru

Aerodinamis sporty

Sebagai mobil sport, Toyota Supra terbaru hadir dengan distribusi bobot ideal 50:50 yang berkontribusi terhadap kedinamisan.

 

Dari segi dimensi, Toyota memendekkan ukuran sumbu roda Toyota Supra terbaru menjadi 2.470 milimeter. Ukuran ini lebih pendek 100 milimeter dari Toyota 86 untuk mencari titik gravitasi yang berpengaruh pada pengendalian.

 

Desain eksterior Toyota Supra terbaru ini banyak terpengaruh dari mobil klasik Toyota 2000GT. Bagian atapnya misalnya yang disebut double-bubble, dibuat untuk mereduksi hambatan angin dan membuat desain bodi eksteriornya lebih kompak namun masih tampak kekar.

Toyota Supra terbaru

Selain itu, Toyota Supra terbaru memiliki siluet yang khas dengan atap rendah, dua pintu, serta, bonet yang panjang untuk menampung mesinnya.

 

Tampak depan fascianya makin garang dengan bumper serta vender yang khas. Lampu utama juga sudah menggunakan LED untuk menerangi pengemudi. Sementara bagian belakang hadir dengan ducktail menyatu, serta fender dan bumper yang aerodinamis. Tetap sama dengan lampu LED dengan dua lubang knalpot yang menjadikannya makin sporty.

 

Sebagai mobil sport di sirkuit, Toyota memberikan perhatian pada suspensi. Toyota memasang suspensi McPherson strut double-joint di depan dan five link system di belakang. Velg 19 inci dengan balutan ban Michelin Pilot Super Sport bertapak lebar dipadankan dengan empat kaliper rem Brembo di masing-masing ban.

Toyota Supra terbaru

Interior sporty

Masuk ke kabin Toyota Supra terbaru, terlihat unsur minimalis yang sporty namun tetap mewah, baik pada lingkar kemudi, jok, hingga dashboard.

 

Di versi global, Toyota memberikan dua pilihan trim interior yakni Active dan Premium yang lebih mahal.

 

Namun secara keseluruhan, bagian interior Toyota Supra terbaru ini didominasi bahan Alcantara leather perpaduan warna merah dan hitam yang sporty mulai dari lingkar kemudi sampai jok.

 

Joknya menggunakan desain semi-bucket dengan headrest menyatu. Jelas ini menambah kesan sporty di dalam kabin. Apalagi ditambah dengan tuas paddle shift di balik lingkar kemudinya.

Toyoya Supra terbaru

Sementara informasi berkendara seperti kecepatan, putaran mesin, suhu, jarak tempuh, bahan bakar, dan lain-lain terpampang pada panel instrumen digital seluas 8,8 inci.

 

Terdapat layar yang belum bisa dikonfirmasi berapa lebarnya di bagian dashbord menampilkan beberapa menu seperti pengaturan mobil, navigasi, dan hiburan yang bisa dioperasikan dengan touch screen atau rotary touch controller mirip punya BMW yang letaknya berada di console tengah dekat transmisi. Layar ini juga sudah dapat dikoneksikan dengan AppleCar Play.

 

Di sektor hiburan, mobil ini sudah dilengkapi sistem audio JBL dengan 12 speaker premium yang menghasilkan kualitas suara mengagumkan.

Toyoya Supra terbaru

Diprediksi masuk Indonesia

Dikutip dari oto.detik.com, Toyota Supra terbaru ini sudah tercantum dalam laman resmi Samsat Pajak Kendaraan Bermotor DKI Jakarta, nilai jual kendaraan bermotor (NJKB).

 

Di situs itu, tercantum harga Toyota Supra terbaru Rp 1.492.000.000. Tapi harga yang tercantum dalam NJKB tidak bisa menjadi patokan.

 

Sekadar informasi, ketika masuk ke Indonesia Toyota Supra terbaru pastinya bakal dikenakan pajak sehingga harganya lebih mahal. Melonjaknya harga jual Toyota Supra terbaru sepertinya tidak lepas dari tarif Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) dan biaya bea masuk barang impor.

 

Angin segar kian berhembus untuk pecinta mobil sport ini. Pasalnya, saat Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 “kembaran” Toyota Supra terbaru, All New BMW Z4, sudah lebih dulu mengaspal.

 

Baca juga: Ini Impresi Pertama All New BMW Z4, Bintangnya Jalanan

Toyoya Supra terbaru

Ya, Toyota Supra terbaru adalah hasil pengembangan bersama antara Toyota dengan BMW. Baik Toyota Supra dan All New BMW Z4 sama-sama diproduksi di Magna Steyr, Austria.

 

Semoga saja dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS 2019) di ICE, BSD City pada 18-28 Juli 2019, PT Toyota Astra Motor mulai memamerkan Toyota Supra terbaru ini untuk menjawab rasa penasaran pecinta otomotif di Indonesia.

Rekomendasi Mobil Untukmu

Baca juga dari SEVA blog

Muat lebih banyak lagi

Join Yuk, Agar Tetap Update!

Dapatkan tips, berita, review, dan penawaran terbaru dari SEVA!

Email

Dengan mengirimkan email Anda, Anda menyetujui Ketentuan dan Pemberitahuan Privasi kami. Anda dapat memilih keluar kapan saja. Situs ini dilindungi oleh reCAPTCHA dan Kebijakan Privasi serta Ketentuan Layanan berlaku.