Beli mobil di kotamu Pilih lokasi
Pilih kotamu (Pilih sesuai KTP)

Hidangan Penambah Nutrisi Tubuh Setelah Olahraga di Bulan Puasa

Rekomendasi menu berikut ini bisa kamu santap setelah olahraga di bulan puasa untuk menambah nutrisi tubuh.

olahraga di bulan puasaWaktu berbuka adalah momen yang paling dinanti saat menjalani ibadah puasa. Biasanya, sebagian orang menghabiskan waktu di sore hari untuk berjalan-jalan sesaat sebelum adzan Magrib berkumandang, atau biasa disebut dengan ngabuburit. 

Selain berjalan-jalan, kamu juga bisa melakukan olahraga di bulan puasa, seperti yoga, bersepeda, jogging, atau meniru home workout tutorial di Youtube.

Berolahraga ringan saat puasa memiliki berbagai manfaat, salah satunya adalah meningkatkan sistem imun tubuh sehingga tidak mudah sakit atau merasa lemas.

Selepas olahraga, tubuh akan berfungsi maksimal menyerap karbohidrat dan protein. Sehingga, untuk mendapatkan tubuh yang sehat kamu juga perlu memperhatikan asupan makanan pasca olahraga.

Ada beberapa makanan yang bisa menambah nutrisi tubuh setelah melakukan olahraga di bulan puasa, tentunya saat waktu berbuka. Apa saja? Simak selengkapnya di bawah ini.

Yoghurt greek

Yoghurt greek memiliki kandungan protein dan karbohidrat yang cukup tinggi dibanding dengan yoghurt biasa, yaitu dua kali lipat lebih banyak.

Selain mudah ditemukan dan dapat langsung dikonsumsi, kamu juga bisa memodifikasi penyajiannya dengan menambah sereal, biskuit, atau buah-buahan.

Buah

Buah juga termasuk salah satu makanan yang mengandung karbohidrat dan mudah dicerna oleh tubuh. Salah satunya adalah nanas, yang dapat membantu pemulihan otot setelah berolahraga. 

Selain itu, nanas mengandung enzim yang mirip dengan enzim di dalam tubuh. Artinya, nanas berfungsi untuk mengurai protein dan makanan lain supaya lebih mudah diserap oleh tubuh. Kamu juga bisa mengkonsumsi kiwi yang dipercaya mampu membantu pencernaan.

Baca juga: Rekomendasi Makanan Sehat Khas Indonesia yang Baik Untuk Daya Tahan Tubuh

Bila ingin variasi lain, kamu bisa mencoba buah pisang, yang mampu mengisi kadar glikogen tubuh pasca olahraga di bulan puasa. 

Telur

Telur adalah makanan yang baik dikonsumsi selepas olahraga. Selain mengandung protein, telur juga merupakan sumber nutrisi, seperti zat besi, vitamin, asam folat, dan lemak omega 3. 

Kandungan ini dapat membantu tubuh kamu memperbaiki diri setelah melepas banyak energi saat berolahraga. Menghilangkan kuning telur juga bisa dilakukan untuk menghindari lemak dan kolesterol. 

Susu coklat

Usai melakukan olahraga di bulan puasa, susu cokelat mungkin bisa jadi pilihanmu untuk mengembalikan energi yang hilang. Minuman ini mengandung protein, karbohidrat, dan nutrisi penting lainnya yang baik untuk tubuh.

Lalu, susu coklat mampu membangkitkan energi dan menstabilkan denyut jantung lebih cepat sehabis berolahraga. Setelah minum susu cokelat, tubuh akan merasa ringan dan rasa lelah berkurang. 

Baca juga: 7 Camilan Sehat yang Siap Menemanimu Saat Bekerja

Kentang

Kemudian, makanan lain yang dapat memenuhi kebutuhan karbohidrat tubuh setelah berolaharaga adalah kentang. Selain itu, kentang juga mengandung serat yang dapat membuatmu kenyang lebih lama, sehingga nafsu makan lebih terkontrol.

Ada berbagai macam olahan kentang yang bisa kamu coba, salah satunya adalah mashed potato. Lalu, tambahkan sedikit keju agar lebih nikmat.

Keju mengandung 6 gram protein berkualitas tinggi, sehingga sangat cocok dikonsumsi setelah olahraga dan dijadikan pelengkap.

Baca Juga: Jenis Olahraga Kekinian Agar Tubuh Selalu Sehat dan Fit

Itulah rekomendasi menu yang bisa kamu siapkan untuk berbuka puasa setelah ngabuburit dengan berolahraga. Namun, jangan lupa untuk minum air yang cukup terlebih dahulu sebelum menyantap hidangan buka puasa. Ini dapat membantu kamu mengontrol nafsu makan berlebih.

Untuk membeli bahan makanan di atas, Sejalan siap bantu kamu. Sekarang, Sejalan melayani #NitipBelanja untuk mempermudah kamu mendapatkan bahan baku dapur walau harus #DiRumahAja.

1000 penitip belanja kebutuhan dapur pertama akan mendapatkan diskon Rp20 Ribu, lho! Jadi, jangan lupa download Sejalan, ya!

BERITA TERKAIT