Hal Sepele yang Menyebabkan Kerusakan Kompresor AC Mobil

Berfungsi untuk menjaga suhu di kabin tetap dingin, tapi hal berikut bisa bikin kerusakan kompresor AC Mobil. Yuk hindari!

kerusakan kompresor AC

Pendingin kabin atau Air Conditioner (AC) mobil menjadi salah satu komponen penting yang fungsinya menambah kenyamanan ketika berkendara.

Menyalakan dan mengatur AC mobil memang sangatlah mudah, kamu hanya tinggal menekan atau menggeser knob dan AC mobil langsung menyala.

Sayangnya, karena terlalu seringnya digunakan setiap saat membuat kinerja AC menjadi tidak maksimal.

Baca juga: Jangan Panik, Ini 6 Kerusakan Mobil yang Ditanggung Asuransi

Alasan paling mudah ketika AC di mobil kurang dingin adalah freonnya yang habis atau kurang, tinggal bawa ke bengkel dan minta tambah.

Padahal, freon AC mobil tidak akan habis untuk jangka waktu yang lama.

Freon AC mobil tidak akan habis jika tidak ada kebocoran, kecuali sudah digunakan selama 2-3 tahun, pasti ada penyusutan, tapi tidak akan banyak.

Ada komponen lain yang juga penting, yakni kompresor AC. Saat terjadi kerusakan,  AC tak lagi dapat menghasilkan udara sejuk, berkendara ikut terasa tidak nyaman.

Sebaiknya, kamu memahami tentang penyebab kerusakan kompresor AC mobil, sehingga bisa mengambil tindakan saat menghadapi permasalahan ini.

Baca juga: Etika dan Aturan Lampu Jauh, Jangan Bikin Orang Lain Silau

Nah berikut hal sepele yang ternyata dapat menyebabkan kerusakan kompresor AC Mobil.

Hal Sepele yang Menyebabkan Kerusakan Kompresor AC Mobil

Hal Sepele yang Menyebabkan Kerusakan Kompresor AC Mobil kerusakan kompresor AC

Umumnya, AC mobil menjadi perangkat yang berumur panjang. Hanya, diperlukan perawatan secara berkala. Tujuannya, agar suhu udara di dalam kabin tetap terjaga kesejukannya.

Namun, seiring penggunaan dan umur, kerusakan kompresor AC mungkin saja terjadi.

Untuk menghindari atau mencegah kerusakan kompresor AC mobil, kamu bisa melakukan perawatan kompresor AC mobil secara berkala.

Baca juga: Cara Merawat AC Mobil Seperti Ini Tidak Perlu ke Bengkel Loh

Yap, kerusakan kompresor AC dapat dicegah dengan melakukan perawatan kompresor AC mobil, seperti mengganti oli kompresor secara berkala, membersihkan kompresor saat penggantian oli, perhatikan spesifikasi oli kompresor, dan perhatikan suara yang ditimbulkan oleh kompresor.

Urusan servis berkala, kamu bisa menggunakan layanan Booking Service dan Home Service Seva.id. Tidak hanya servis berkala, kamu juga bisa melakukan ganti suku cadang mobilmu.

Booking Service