Exclusive Review Toyota New Veloz 2019, Pertama di Indonesia!

By Arris Riehady - January 15, 2019

Toyota New Avanza 2019Setelah Toyota All New Camry, akhinya PT Toyota Astra Motor (TAM) mengenalkan mobil yang sudah banyak ditunggu masyarakat Indonesia, Toyota New Avanza 2019 dan Toyota New Veloz 2019.

 

Kami, Seva.id, diberikan kesempatan untuk melihat sekaligus memberikan first impression multi purpose vehicle ini sebelum resmi di-launching hari ini (15/01).

 

Unit yang ada adalah Toyota New Veloz 2019 sebagai varian tertinggi. Dalam area terbatas kami pun sempat mengemudikan mobil dengan transmisi otomatis berkapasitas mesin 1.500cc ini.

 

Berikut first impression Toyota New Veloz 2019 dari Seva.id.

 

Eksterior

Toyota New Avanza 2019

Bentuk lampu utamanya yang sudah LED mirip dengan yang ada pada Toyota Voxy. Di bagian tengahnya terdapat grille yang menghubungkan kedua lampu utama dengan sentuhan dark chrome, manis! Sentuhan tersebut menghadirkan kesan mewah.

 

Sementara di bawah lampu utama terdapat lampu kecil dan sein yang masih menggunakan bohlam.

 

Melongok ke bumper, kesan agresif diperlihatkan dengan desain yang berbeda dengan generasi yang sebelumnya. Di sini bahasa desain keen look dibenamkan. Keen Look adalah bahasa desain global Toyota yang diperkenalkan pertama kali pada 2012 dengan banyak mengandalkan garis dan sudut tajam yang membuat wajah yang terlihat agresif.

 

Keagresifan tersebut makin jelas terlihat dengan salah satu elemen desain yang dipakai, yakni air scoop di sisi kanan dan kiri bumper depan. Untuk Toyota New Veloz 2019, air scoop ini jadi rumah untuk peletakan fog lamp.

 

Air scoop ini banyak digunakan di mobil tipe sport. Umumnya berguna untuk mengalirkan udara, ke area mesin atau mendinginkan rem depan.

Toyota New Avanza 2019

Beralih ke bagian samping, yang terlihat jelas adalah kini Toyota New Veloz 2019 menggunakan desain spion yang mirip dengan yang digunakan pada Toyota All New Rush. Desainnya lebih meruncing pada ujungnya dengan lampu sein, tidak lagi membulat seperti generasi sebelumnya. Untuk visibilitas dari bangku pengemudi pun jauh lebih luas.

 

Selain dapat diatur otomatis, spion ini juga kini memiliki fitur auto retract atau melipat otomatis hanya dengan menekan tombol atau ketika mobil dikunci saat ditinggalkan. Fitur yang tidak ada di Toyota Avanza dan Toyota Veloz terdahulu.

 

Saat melakukan first impression ini kami belum mendapatkan data teknis dan spesifikasi resmi, jadi belum bisa memberitahukan apakah ada perubahan di sisi ground clearance. Tapi Toyota New Veloz 2019 masih ditopang dengan velg dual tone 15 inci dengan desain baru.

 

Di belakang, atap Toyota New Veloz 2019 tidak lagi polos sebab sudah bercokol antena radio bergaya shark fin yang kekinian. Antena ini menggantikan antena radio konvensional model tarik di pilar yang ada di generasi sebelumnya.

Toyota New Avanza 2019

Lampu belakang juga desainnya baru namun semuanya masih menggunakan bohlam, baik lampu rem, sein, dan mundur. Reflektor yang ada di pintu bagasi juga didesain baru dengan model terpisah, ornamen chrome di generasi lalu pun banyak digantikan dengan dark chrome di Toyota New Veloz 2019.

 

Di pintu bagasi, tepatnya di atas tempat peletakan plat nomor pun kini terlihat adanya kamera mundur yang fungsinya jelas membantu pengemudi ketika memarkirkan mobil ini. Kami suka!

 

Interior

Toyota New Avanza 2019

Masuk ke jok pengemudi kami langsung dihadapkan dengan lingkar kemudi berbalut kulit, sintetis sepertinya, tapi nyaman sekali digenggam, di sebelah kiri ada audio switch. Lingkar kemudi ini dapat diatur naik-turun (tilt) sesuai kenyamanan pengemudi.

 

Bahan yang sama juga ada di tuas transmisi. Indikator transmisi juga sudah dilengkapi dengan back light sehingga terlihat jelas saat malam.

 

Oh iya, untuk masuk ke Toyota New Veloz 2019 kini mudah dan praktis. Dalam keadaan mobil terkunci, kami cukup kantongi kunci, tekan tombol yang ada di handle pintu, lalu tarik, pintu pun terbuka. Untuk menyalakan mesin mobil pun cukup tekan start/stop button.

 

Smart key dengan akses keyless yang canggih ini pun digunakan pada mobil keluaran Toyota lain, semisal Toyota All New C-HR.

Toyota New Avanza 2019

Mata kami pun tertuju dengan desain dashboard Toyota New Veloz 2019. Tampat berbeda di bagian tengahnya. AC sudah full digital, meski tetap, belum ada pengaturan arah semburan. Penumpang jok baris kedua dan ketiga juga kebagian nuansa dingin dari AC double blower yang pengaturan dan bentuknya masih sama dengan generasi sebelumnya.

 

Di sisi hiburan, terpampang audio head unit layar sentuh di console tengah tepat di atas pengaturan AC, kami belum tahu berapa inci. Yang jelas lengkap, bisa memutar CD/DVD, radio, USB, AUX, terhubung dengan Bluetooth serta T-Link dari smartphone, dan enam buah speaker. Penumpang belakang pun mendapat hiburan dari roof monitor. Monitor ini terhubung dengan head unit di depan.

 

Sebagai mobil keluarga kekinian, Toyota New Veloz 2019 pun dibenamkan tiga soket 12V/120W di tiap baris jok. Jadi ketika melakukan perjalanan jauh bersama, tidak perlu lagi rebutan jika ingin mengisi baterai smartphone atau gadget lainnya.

 

Kenyaman pengemudi dan penumpang masih dipertahankan pada Toyota New Veloz 2019 ini. Untuk postur 168 centimeter nyaman duduk di mana saja, bahkan di jok baris ketiga yang sudah ada head rest-nya.

 

Jok baris kedua dilengkapi fitur ISOFIX untuk mengaitkan kursi bayi atau balita, pengaturannya pun bisa sliding dan reclining.

Toyota New Avanza 2019

Bagi yang gemar bepergian, bagasi Toyota New Veloz 2019 tetap luas. Bila masih membutuhkan ruang ekstra, jok baris kedua dan ketiga pun bisa dilipat 50:50. Mekanisme pelipatannya sama dengan generasi yang lalu.

 

Kaca belakang kini ada defogger yang membantu membersihkannya dari embun ketika mengemudi di saat hujan atau suhu dingin.

 

Ada lagi! Toyota New Veloz 2019 memiliki banyak sekali ruang penyimpanan. Di tiap pintu ada laci terbuka yang bisa dijadikan cup holder, lalu di saku jok depan yang dapat diakses penumpang jok kedua, laci depan dan console boks tengah, satu cup holder di bawah console boks tengah, dan cup holder di jok baris ketiga.

 

Fitur keamanan dan mesin

Toyota New Avanza 2019

Untuk fitur keamanan, yang kami lihat, Toyota New Veloz 2019 sudah dilengkapi dengan dua airbag di depan, sabuk pengaman tiga titik untuk pengemudi dan seluruh penumpang, ISOFIX, serta rem ABS.

 

Sementara di bagian dapur pacu, mobil ini menggendong mesin berkapasitas 1.500cc bertransmisi otomatis dengan penggerak roda belakang. Karena belum launching, kami belum mendapat kepastian ada varian mesin lain. Pastinya akan ada transmisi manual.

 

Saat kami coba untuk keliling, mesin ini responsif. Injak pedal gas sedikit langsung meluncur. Belum optimal memang untuk sesi test drive, tapi kami merasa baik posisi mengemudi dan feelingnya tidak berubah dari generasi sebelumnya.

 

Di panel instrumen ada ECO indikator, menandakan kalau mobil ini akan ekonomis dan efisien terkait penggunaan bahan bakar minyak.

Toyota New Avanza 2019

Dengan desain, teknologi, performa mesin, dan fitur keselamatan yang ada di dalam Toyota New Veloz 2019, menurut kami mobil ini cocok untuk menyusuri jalan perkotaan hingga diajak roadtrip keluar kota. Kami yakin kalau MPV ini akan dengan mudah merajai jalanan.

 

Harga? Nantikan artikel selanjutnya saat Toyota New Avanza 2019 dan Toyota New Veloz 2019 sudah resmi di-launching!

 

Tonton juga video review-nya di bawah ini:

Berita Terkait

Author

What (apa), Who (siapa), When (kapan), Where (dimana), Why (kenapa), dan How (bagaimana). Suka kecepatan dan ketinggian. I am @arristoocrazy!