Efek Bila Mobil Menggunakan Ban Balap untuk Rutinitas

By Reka Harnis - Juli 8, 2021

Ganti ban mobil adalah sesuatu yang wajar terjadi. Namun, bagaimana jika mobil menggunakan ban balap untuk rutinitas?

ban balap

Ban merupakan salah satu elemen penting dalam menunjang performa kendaraan. Pasalnya, ban adalah satu-satunya komponen yang bersentuhan dengan jalan.

Oleh karena itu, untuk mendapatkan performa mobil yang maksimal, beberapa pemilik mobil memodifikasi bagian tersebut, salah satunya dengan mengganti ban bawaan dengan ban balap.

Lantas, bagaimana dampaknya bila mobil menggunakan ban balap untuk rutinitas?

Sebenarnya, menggunakan ban balap untuk penggunaan harian tidak dianjurkan. Hal ini terkait dengan keamanan dan kenyaman berkendara.

Baca juga: 5 Faktor yang Menyebabkan Ban Pecah Secara Tiba-tiba

Jika diperhatikan, mobil balap biasanya menggunakan jenis ban slick dengan pattern yang sudah disesuaikan dengan trek.

Namun, saat hujan turun, mobil balap biasanya akan masuk ke pit stop untuk mengganti ban kering dengan ban berjenis wet tire atau ban basah.

Maka dari itu, ban balap tidak disarankan dan kurang cocok untuk penggunaan harian. Sebab, akan menyulitkan pengemudi jika harus mengganti ban apabila cuaca berubah.

Penggunaan ban slick memang sangat membantu performa mobil agar mendapatkan traksi maksimal. Tetapi, itu hanya di dalam sirkuit.

Baca juga: Berapa Jarak Aman Ideal Saat Berkendara di Musim Hujan?

Untuk itu, pahami kebutuhan mobil agar penggunaan ban yang tidak sesuai bisa dihindari. 

Secara umum, pola telapak ban mobil penumpang terbagi menjadi 4 tipe. Berikut penjelasannya.

cara memilih ban mobil

Pola telapak standar

Pola telapak ban standar memiliki pola yang sama antara sisi kiri dan sisi kanannya. Benefit dari pola telapak ini ialah rotasi ban yang lebih mudah.

Baca juga: Ukuran Ban Bisa Mempengaruhi Kecepatan, Mitos atau Fakta?

Pasalnya, tidak ada arah rotasi dan bagian mana yang seharusnya berada di bagian dalam (inside) dan bagian mana yang seharusnya menghadap ke luar (outside).

Meski desainnya tampak tidak agresif, namun untuk performa keseluruhan sangat baik.

Pola telapak directional atau searah

Sesuai dengan namanya, tipe ban yang satu ini hanya memiliki satu arah berputar. Dengan desain ini, ban mampu untuk meningkatkan akselerasi di jalan lurus dan jarak pengereman yang lebih pendek.

Baca juga: Ingat! Ini Informasi Penting yang Ada di Ban Mobil Anda

Dibandingkan dengan pola standar, pola telapak searah ini secara visual lebih agresif, serta memiliki cengkraman kuat di jalan basah karena dirancang untuk mengalirkan air secara efektif. 

Pola telapak asymmetric

Secara desain, pola telapak asimetrik dapat diidentifikasi dengan melihat sisi kiri dan kanan ban yang terlihat berbeda.

Selain itu, desain pola telapak asimetrik biasanya memiliki blok tapak yang lebih besar di bagian luar berguna untuk meningkatkan stabilitas saat menikung, dengan blok dan alur bagian dalam yang lebih kecil.

Dengan desain tersebut, jenis ban ini mampu mendukung performa ban secara keseluruhan karena dapat memenuhi kebutuhan ban yang berbeda baik saat melaju di jalan yang lurus atau saat berbelok.

Secara visual pun, pola telapak ini terlihat agresif dan modern.

Baca juga: Palang Pelek Mobil Berpengaruh ke Performa, Benarkah Begitu?

Pola telapak unidirectional asymmetrical

Ban unidirectional asimetrik dirancang untuk berputar hanya dalam satu arah dan pola telapak sisi kiri dan kanan berbeda.

Desain tersebut ditujukan untuk meningkatkan akselerasi kendaraan di jalan lurus dengan mengurangi hambatan gulir (rolling resistance), dan memberikan jarak pengereman yang lebih pendek di jalan basah, serta stabil saat melahap tikungan.

Baca juga: Apa Alasan Lubang Baut Pelek Mobil Jumlahnya Berbeda-beda?

Selain performanya yang baik, desain pola telapak ini juga terlihat lebih agresif, sehingga cocok digunakan untuk kompetisi.

Jika kamu memilih pola telapak ini, selain memperhatikan arah rotasi ban, harus memperhatikan pula mana bagian sisi dalam dan mana bagian sisi luar.

Jika kamu bingung ban mana yang sesuai dengan mobil kamu, ada baiknya membawanya ke bengkel resmi yang terpercaya.

Atau, kamu juga bisa menggunakan layanan Home Service dan Booking Service di Seva.id untuk menghemat waktu.

Booking Service

 

Berita Terkait

Author