Deteksi Bunyi Kerusakan Kaki-kaki Mobil dan Cara Mengatasinya

By Rismawati Idris - Juni 25, 2019

Kerusakan pada mobil sebenarnya bisa dideteksi sedini mungkin dari bunyinya. Lalu bagaimana cara mendeteksi kerusakan kaki-kaki mobil dari bunyi yang dikeluarkan itu?

Selain mesin, kaki-kaki mobil juga bagian yang harus mendapatkan perawatan secara rutin. Pasalnya, komponen kaki-kaki atau suspensi ini menjadi bagian yang pertama kali berhubungan langsung dengan permukaan jalan.

Jika komponen tersebut bermasalah, maka kenyamanan berkendara pun akan terganggu. Bahkan, tak jarang juga kerusakan yang terjadi itu bisa menimbulkan bunyi-bunyi aneh yang mengganggu saat mobil sedang dikendarai.

Namun, untuk menghindari hal itu, Anda dapat deteksi kerusakan kaki-kaki mobil dengan mengenali bunyi aneh dari kendaraan.

Bunyi kletek-kletek di ball joint

Apabila bunyi kletek-kletek terdengar saat Anda sedang berbelok, Anda bisa segera periksa area ball joint atau as roda. Hal itu umumnya disebabkan oleh tidak sehatnya bagian ball joint mobil.

Baca juga: Pernah Merasakan Setir Mobil Bergetar? Mungkin Ini Penyebabnya

Bahkan, tak jarang bunyi kletek-kletek yang keluar juga disertai dengan adanya getaran secara otomatis terasa hingga ke bagian setir, terlebih saat Anda melakukan berbelok atau melewati jalur yang tidak rata.

Meskipun begitu, untuk mengatasi masalah bunyi kletek-kletek yang terjadi di area ball joint dapat dilakukan dengan mendongkrak mobil hingga ban tergantung dan berputar bebas.

Lalu, agar bisa merasakan kualitas ban, Anda perlu meletakkan kedua telapak tangan Anda di bagian bawah atas dan bawah ban.

Kemudian dorong dan tarik roda.  Jika ban terasa oblak, berarti ball joint bermasalah dan perlu diganti dengan yang baru.

Berita Terkait

Author

Perempuan Canggih. Pemuja keharmonisan, puisi, dan filologi.