Deteksi Bunyi Kerusakan Kaki-kaki Mobil dan Cara Mengatasinya

25 June 2019

Kerusakan pada mobil sebenarnya bisa dideteksi sedini mungkin dari bunyinya. Lalu bagaimana cara mendeteksi kerusakan kaki-kaki mobil dari bunyi yang dikeluarkan itu?

Selain mesin, kaki-kaki mobil juga bagian yang harus mendapatkan perawatan secara rutin. Pasalnya, komponen kaki-kaki atau suspensi ini menjadi bagian yang pertama kali berhubungan langsung dengan permukaan jalan.

 

Jika komponen tersebut bermasalah, maka kenyamanan berkendara pun akan terganggu. Bahkan, tak jarang juga kerusakan yang terjadi itu bisa menimbulkan bunyi-bunyi aneh yang mengganggu saat mobil sedang dikendarai.

 

Namun, untuk menghindari hal itu, Anda dapat deteksi kerusakan kaki-kaki mobil dengan mengenali bunyi aneh dari kendaraan.

Bunyi kletek-kletek di ball joint

Apabila bunyi kletek-kletek terdengar saat Anda sedang berbelok, Anda bisa segera periksa area ball joint atau as roda. Hal itu umumnya disebabkan oleh tidak sehatnya bagian ball joint mobil.

 

Bahkan, tak jarang bunyi kletek-kletek yang keluar juga disertai dengan adanya getaran secara otomatis terasa hingga ke bagian setir, terlebih saat Anda melakukan berbelok atau melewati jalur yang tidak rata.

 

Baca juga: Kenali Istilah dan Tanda Mesin Harus Melakukan Overhaul

 

Meskipun begitu, untuk mengatasi masalah bunyi kletek-kletek yang terjadi di area ball joint dapat dilakukan dengan mendongkrak mobil hingga ban tergantung dan berputar bebas. Lalu, agar bisa merasakan kualitas ban, Anda perlu meletakkan kedua telapak tangan Anda di bagian bawah atas dan bawah ban. Kemudian dorong dan tarik roda.  Jika ban terasa oblak, berarti ball joint bermasalah dan perlu diganti dengan yang baru.

 

Bunyi Klotok-Klotok di tie rod

Tie rod adalah komponen yang meneruskan pergerakan setir ke ban. Area ini bertugas sebagai pengikat roda dan penerus gaya belok dari kemudi sehingga mobil dapat berjalan dengan baik.

 

Kerusakan pada komponen ini bisa membuat setir mobil terasa kosong dan gerak kemudi di ruang setir sulit dikendalikan. Selain itu, kerusakan di area tersebut juga bisa menimbulkan bunyi klutuk-klutuk pada setir mobil.

 

Anda bisa atasi masalah kerusakan itu dengan mendongkrak ban mobil dan menggoyang-goyangkan ban tersebut secara teratur: dari depan ke belakang agar dapat mengetahui kondisi ban. Bila ban dalam keadaan tidak baik, sedapat mungkin ganti ban Anda dengan ban cadangan atau membawa kendaraan Anda ke bengkel.

Bunyi gemuruh di bearing

Kerusakan kaki-kaki mobil selanjutnya yang bisa Anda deteksi sedini mungkin ialah di bagian bearing. Jika bearing rusak, maka dapat menyebabkan ban depan mengeluarkan bunyi dengungan yang sangat mengganggu, terutama ketika dikendarai pada kecepatan rendah, bunyi yang dikeluarkan pun bisa seperti suara logam yang tergerus.

 

Guna mengatasi masalah kaki-kaki mobil berbunyi, seperti bunyi dengungan itu, Anda bisa mendongkrak mobil hingga roda tergantung. Setelah itu, putar roda sekencang mungkin. Namun, untuk memastikan kerusakan yang terjadi, jika suara gemuruh masih terdengar, artinya bearing mobil Anda harus segera diganti.

Tindak-lanjuti di bengkel

Sebenarnya, penanganan terhadap kerusakan kaki-kaki mobil di atas merupakan langkah dasar yang bisa Anda lakukan sendiri. Namun, jika ternyata komponen tersebut mengalami masalah yang cukup sulit diatasi sendiri, sedapat mungkin bawalah kendaraan Anda ke bengkel.

 

Baca juga: Cara Mudah Booking Service Kendaraan di Seva.id

 

Anda bisa melakukan booking servis di Seva.id, yang melayani konsumen dengan layanan digital dan profesional. Cukup registrasi booking service di Seva.id, maka mobil Anda pun bisa langsung  diperiksa oleh pihak bengkel tanpa menunggu lama.

 

Sebab, ada beberapa bagian dari kerusakan di atas yang perlu ditangani oleh profesional sehingga mobil pun berjalan dengan lancar dan aman.

Author

Perempuan Canggih. Pemuja keharmonisan, puisi, dan filologi.

SHARE