Cara Mudah Merawat Pelek Mobil agar Tetap Kinclong

Pelek menjadi salah satu komponen yang paling cepat kotor. Santai, begini cara mudah merawat pelek mobil agar tetap kinclong.

modifikasi MPV

Melakukan perawatan pada mobil akan membuatnya lebih awet dan memiliki harga jual yang tinggi. Oleh karena itu, perawatan tiap komponennya wajib dilakukan secara berkala, termasuk pelek.

Komponen ini menjadi yang paling banyak dimodifikasi oleh pemilik mobil. Pasalnya, dengan hanya mengganti pelek OEM (Original Equipment Manufacturer) bawaan pabrik ke merek aftermarket, tampilan ekterior mobil bisa berbeda.

Baca juga: Palang Pelek Mobil Berpengaruh ke Performa, Benarkah Begitu?

Namun begitu, pelek termasuk salah satu komponen yang cepat kotor, mengingat fungsinya yang menjadi satu kesatuan dengan ban dan dekat dengan permukaan jalan.

Otomatis, pelek akan lebih cepat kotor oleh debu, cipratan air, aspal, lumpur, dan kotoran lainnya. Jika kotoran tersebut tidak segera dibersihkan, maka akan meninggalkan bekas yang sulit dihilangkan.

Baca juga: Baca juga: Hati-hati Velg Replika, Ini Cara Mudah Membedakannya

Nah, supaya tidak terlambat dan mengganggu penampilan, berikut cara mudah merawat pelek mobil agar tetap kinclong.

cara merawat pelek

Baca juga: Cara Kerja Rack Steer Mobil dan Mendeteksi Kerusakannya

cara merawat pelek

Toyota Corolla Cross

Pilih ban yang tepat
Selain merawat pelek mobil, kamu juga mesti memilih ban yang tepat untuk melindungi pelek.

Salah satu tipe ban yang banyak dipilih adalah Highway Terrain (HT). Tipe ban tipe ini didesain untuk berjalan di permukaan jalan aspal sehingga cocok digunakan di perkotaan.

Permukaan ban yang lebih halus dibandingkan dengan tipe All Terain (AT) dan Mud Terrain (MT), membuat ban HT memiliki cengkraman yang kuat terhadap aspal.

Baca juga: Benarkah Cairan Anti Bocor Bisa Merusak Pelek Mobil?

Ban tipe ini biasanya tersemat di jenis mobil MPV, city car, hatchback, dan sedan. Lalu, digunakan untuk mobil balap bertanding di jalanan aspal.

Asalkan jenis ban dan ukuran pelek sesuai dengan rekomendasi, mobil kamu akan tetap aman dan nyaman dikendarai.