Cara Mengendarai Mobil Matic Bagi Pemula, Tetap Hati-hati!

By Arris Riehady - Juni 29, 2021

Banyak dipilih karena praktis dan nyaman digunakan, begini cara mengendarai mobil matic bagi pemula.

mengendarai mobil matic

Saat ini, dengan berkembangnya zaman sebagian orang memilih hal-hal yang nyaman dan praktis. Nah, salah satunya adalah dengan memilih mobil matic atau matik.

Cara mengendarai mobil matic tentu berbeda dengan mobil bertransmisi manual karena keduanya hadir dengan sistem yang berbeda.

Perbedaan yang paling mencolok adalah pada mobil matic tidak didapati pedal kopling yang dibutuhkan untuk pergantian gigi pada mobil manual.

Pada mobil matic, kamu hanya akan menemukan dua pedal, yakni gas dan rem.

Baca juga: Belajar Setir Mobil, Sebaiknya Manual Dulu atau Matic?

Meski sebelumnya sudah fasih mengemudi mobil manual, tidak jarang didapati kaget saat harus mengendarai mobil matic.

Tetapi kamu tidak perlu khawatir, karena mobil matic lebih mudah dipelajari. Jika tertarik untuk mengendarai mobil matic, ada baiknya kamu mempelajari cara menggunakannya dengan baik.

Berikut cara mengendarai mobil matic bagi pemula.

mengendarai mobil matic

Memahami posisi dan urutan transmisi

Cara mengendarai mobil matic yang pertama adalah kamu harus memahami posisi dan urutan transmisi.

Kenali betul pemindahan transmisi untuk parkir, mundur, netral, maju, dan transmisi rendah. Hal ini penting seperlu menghindari kesalahan fatal saat mengendarai mobil matic.

Baca juga: Arti Kode Transmisi Otomatis Mobil dan Kegunaannya

Seperti yang sudah diketahui, cara kerja dasar mengendarai mobil matic adalah P untuk parkir, N untuk netral, R untuk mundur, dan D untuk maju.

Selain itu, pada transmisi mobil matic biasanya terdapat susunan P-R-N-D-D3-2-L. Sebagian orang mungkin bingung dengan kode transmisi otomatis, apalagi bagi pemula.

mengendarai mobil matic

Membiasakan diri dengan dua pedal

Cara mengendarai mobil matic selanjutnya adalah kamu harus mulai membiasakan diri dengan dua pedal. Setelah itu, kamu perlu membiasakan kaki untuk menginjak pedal gas dan rem.

Baca juga: 5 Kesalahan yang Berpotensi Merusak Transmisi Otomatis

Lakukan latihan untuk melaju dengan kecepatan yang sesuai dan mengendalikan rem. Jangan injak gas terlalu dalam, kamu harus menginjak gas pelan-pelan.

Menginjak pedal gas dan rem harus dilakukan dengan satu kaki, yaitu kaki kanan. Menginjak pedal rem dengan kaki kiri dapat menyebabkan rem mendadak.

Perlu diingat, mengendarai mobil matic tidak sekedar gas dan rem. Kamu juga harus punya skill dan feeling mengemudi yang perlu diasah sesering mungkin.

Berita Terkait

Author

What (apa), Who (siapa), When (kapan), Where (dimana), Why (kenapa), dan How (bagaimana). Suka kecepatan dan ketinggian. I am @arristoocrazy!