Cara Mendapatkan Sertifikat SIM A dari Sekolah Mengemudi

By Arris Riehady - Juni 22, 2021

Jadi salah satu syarat untuk bisa mengemudikan mobil di jalan raya, begini cara mendapatkan sertifikasi SIM A dan biayanya.

SIM online

Sebagai bukti atas kemampuan dan legalitas, setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor wajib memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM).

Seperti yang tertulis pada Pasal 1 Nomor 8 Peraturan Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2021 Tentang Penerbitan Dan Penandaan Surat Izin Mengemudi Pasal, pengemudi adalah orang yang mengemudikan atau mengendarai kendaraan bermotor (ranmor) di jalan yang telah memiliki SIM.

Untuk mendapatkan SIM, perlu serangkaian proses. Misalnya pembuatan SIM A, kini harus menyertakan sertifikasi dari sekolah mengemudi.

Baca juga: Aplikasi SIM Online Korlantas Polri Sudah Bisa Digunakan

Dalam Pasal 9 Ayat Huruf a3 dalam peraturan yang sama disebutkan melampirkan fotokopi sertifikat pendidikan dan pelatihan mengemudi yang asli yang dikeluarkan oleh sekolah mengemudi yang terakreditasi, paling lama 6 (enam) bulan sejak tanggal diterbitkan.

Sertifikat SIM A biasanya dikeluarkan oleh sekolah mengemudi. Yap, sertifikat SIM A ini jadi syarat baru bagi pemohon dan masyarakat yang ingin memiliki atau membuat SIM A.

Selain itu, persyaratan administrasi untuk penerbitan SIM A yang harus dipenuhi oleh pemohon adalah sudah berumur minimal 17 tahun, membawa KTP berserta fotokopinya, serta lulus tes tertulis dan praktek.

Baca juga: Biaya dan Cara Upgrade SIM C Menjadi SIM CI atau CII

Sebelumnya, Polisi Republik Indonesia (Polri) pun sudah mengeluarkan aturan pembuatan SIM C yang dibagi menjadi tiga golongan, yakni SIM C, SIM CI, dan SIM CII.

Lalu bagaimana agar bisa mendapatkan sertifikat SIM A dari sekolah mengemudi dan berapa biayanya?

Berita Terkait

Author

What (apa), Who (siapa), When (kapan), Where (dimana), Why (kenapa), dan How (bagaimana). Suka kecepatan dan ketinggian. I am @arristoocrazy!